Batas Kondisi Bateray Lipo Layak Pakai?

Moderators: unding, ajo.naim

User avatar
HUTOMO123
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 159
Joined: 07 Mar 2012, 06:34
Location: Tegal ; pekanbaru (langgam, ukui, cerenti) ; S.Dareh ; Padanglawas..... skrg di Samarinda

Re: Batas Kondisi Bateray Lipo Layak Pakai?

Post by HUTOMO123 »

denysafari wrote:sharing cara ane ngecass batere om, biasanya ane cas dengan nilai ampere nya 1/2 kapasitas batere. jadi kalo kapasitasnya 1300 mA . ane seting 0,65 A. dicass maksimal 2 jam. batere om di cass dengan 1,2 A selama 1,5 jam ya?? menurut ane itu over jadinya baterenya ndut hehe. kalo mau ngecass nya selama 1 jam disetnya 1,3 A. tapi di forum2 luar banyak yang nyaranin dicharge dengan nilai Ampere setengah kapasitas batere. alhamdulillah batere punya ane gak ada masalah ampe sekarang. :cling



Iya om.... selama ini saya ngecash senilai Kapasitas baterainya kalau 1300 mAya ya setting pakai 1,3 A... kalau yg 2200mA ya pakai 2,2A.
Berarti hamil bisa karena ngecash "over" dan karena di "geber full trottle " ya?
:hmm ....padahal saya maks akhir pemakaian selalu rata-rata 3,7 Volt/cell (saya selalu cek akhir Voltnya dg Watt meter jika ganti motor/motor baru lilit ulang setelah pemakaian 5 menit...

Salam
User avatar
Firman87
trainee
trainee
Posts: 21
Joined: 31 Jul 2013, 14:14
Location: Kalteng

Re: Batas Kondisi Bateray Lipo Layak Pakai?

Post by Firman87 »

denysafari wrote:
sharing cara ane ngecass batere om, biasanya ane cas dengan nilai ampere nya 1/2 kapasitas batere. jadi kalo kapasitasnya 1300 mA . ane seting 0,65 A. dicass maksimal 2 jam. batere om di cass dengan 1,2 A selama 1,5 jam ya?? menurut ane itu over jadinya baterenya ndut hehe. kalo mau ngecass nya selama 1 jam disetnya 1,3 A. tapi di forum2 luar banyak yang nyaranin dicharge dengan nilai Ampere setengah kapasitas batere. alhamdulillah batere punya ane gak ada masalah ampe sekarang. :cling



waduh kalo kayak gini bakalan semalaman dunk ngecessnya pas kena batrei ada 4 buah yg 2200mah lg. :tdr
satu batrei sudah 2 jam :hmm ampe pagi dunk jaganya ntu batrei
User avatar
Faridfadlan
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 125
Joined: 23 Apr 2012, 00:55
Location: Sidoarjo

Re: Batas Kondisi Bateray Lipo Layak Pakai?

Post by Faridfadlan »

Kalau manurut saya sampai kapan lipo layak pakai sebetulnya kembali pada kita sendiri, kalau saya amati teman-teman yang main plane masih pakai liponya mesti kapasitas nya tinggal 1/3 kapasitas aslinya, selama yang saya amati kebanyakan baterai meleduk adalah saat dipakai. Jarang terjadinya saat di charge. kalau batterai bunting sebetulnya bisa dikempesin pakai jarum pentul kemudian lubangnya ditutup lagi pakai lem CA, sekali lagi itu menurut pengamatan saya selebihnya saya kurang tahu.
:hmm :hmm
User avatar
andreas13
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 816
Joined: 12 Oct 2010, 01:22
Location: ((..(ungaran)..))

Re: Batas Kondisi Bateray Lipo Layak Pakai?

Post by andreas13 »

Faridfadlan wrote:Kalau manurut saya sampai kapan lipo layak pakai sebetulnya kembali pada kita sendiri, kalau saya amati teman-teman yang main plane masih pakai liponya mesti kapasitas nya tinggal 1/3 kapasitas aslinya, selama yang saya amati kebanyakan baterai meleduk adalah saat dipakai. Jarang terjadinya saat di charge. kalau batterai bunting sebetulnya bisa dikempesin pakai jarum pentul kemudian lubangnya ditutup lagi pakai lem CA, sekali lagi itu menurut pengamatan saya selebihnya saya kurang tahu.
:hmm :hmm


yup saya sependapat dengan mas faridfadlan ... kebanyakan batere lipo kembung karena pemakaian yang over discharge atau diatas kemampuan ampere lipo (mAh X C) karena saat lipo saat dipakai dan sudah mulai habis kita geber throtelnya terus ini akan timbul panas dibatre yang akhirnya reaksi didalam batre timbul gas.. dan gas ini akan mengurangi performa batre, dan saat charge lipo usahakan jangan dalam keadaan hangat / panas langsung charge, biarkan dingin dulu... .. charge batre dengan ampere yang rendah akan memakan waktu lebih lama tapi kapasitas yang disimpan lipo akan lebih besar dibandingkan kita charge dengan ampere besar...

dari pengalaman memang gas di keluarkan seperti mas faridfadlan , kalau saya setelah saya "sudet" gas nya, bekas lubang jarum saya tutup pakai solasi alumuniun (biasa buat tembel panci) setelah itu baru saya ikat solasi kuat ..performa lipo nya akan lebih baik daripada saat kembung ada gas nya , walaupun memang pada akhirnya akan tetap berkurang umurnya....

yang jelas tidak ada istilah batre yang sudah dipakai bisa dikembalikan seperti baru... semua pasti akan turun kemampuannya kapasitas nya

menurut saya begitu maaf kalau ada yang kurang tepat bisa dikoreksi :doa
User avatar
panjitohaga
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 265
Joined: 14 Aug 2011, 06:23
Location: Melbourne, AUS

Re: Batas Kondisi Bateray Lipo Layak Pakai?

Post by panjitohaga »

Faridfadlan wrote:Kalau manurut saya sampai kapan lipo layak pakai sebetulnya kembali pada kita sendiri, kalau saya amati teman-teman yang main plane masih pakai liponya mesti kapasitas nya tinggal 1/3 kapasitas aslinya, selama yang saya amati kebanyakan baterai meleduk adalah saat dipakai. Jarang terjadinya saat di charge. kalau batterai bunting sebetulnya bisa dikempesin pakai jarum pentul kemudian lubangnya ditutup lagi pakai lem CA, sekali lagi itu menurut pengamatan saya selebihnya saya kurang tahu.
:hmm :hmm


Kalo saya malah jarang sekali melihat kejadian battery meledak ketika dipakai terbang, kecuali pesawat/heli nya crash dan kemudian battery nya tertusuk sesuatu yang membuat lithium nya terekspos udara dan kelembaban jadi menyebabkan timbulnya api. Yang sering saya dengar dan pernah liat sendiri malah karena overcharge dan juga tertusuk sesuatu.

Biasanya yg hal2 yg bikin batere terbakar karena tertusuk sesuatu, korslet (short circuit) dan overcharge (biasanya karena qualitas charger yg kurang bagus). Batere bunting selalu dikatakan berbahaya karena kemungkinan untuk tertusuk sesuatu lebih besar, oleh karena itu saya tidak bisa melihat cara mengempesin batere dengan cara ditusuk sesuatu yg untuk dianjurkan.
User avatar
HUTOMO123
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 159
Joined: 07 Mar 2012, 06:34
Location: Tegal ; pekanbaru (langgam, ukui, cerenti) ; S.Dareh ; Padanglawas..... skrg di Samarinda

Re: Batas Kondisi Bateray Lipo Layak Pakai?

Post by HUTOMO123 »

Firman87 wrote:denysafari wrote:
sharing cara ane ngecass batere om, biasanya ane cas dengan nilai ampere nya 1/2 kapasitas batere. jadi kalo kapasitasnya 1300 mA . ane seting 0,65 A. dicass maksimal 2 jam. batere om di cass dengan 1,2 A selama 1,5 jam ya?? menurut ane itu over jadinya baterenya ndut hehe. kalo mau ngecass nya selama 1 jam disetnya 1,3 A. tapi di forum2 luar banyak yang nyaranin dicharge dengan nilai Ampere setengah kapasitas batere. alhamdulillah batere punya ane gak ada masalah ampe sekarang. :cling



waduh kalo kayak gini bakalan semalaman dunk ngecessnya pas kena batrei ada 4 buah yg 2200mah lg. :tdr
satu batrei sudah 2 jam :hmm ampe pagi dunk jaganya ntu batrei



Pakai tambahan "Paralel charging" om.... sekali jalan....

setingan cash biasanya Jumlah Ampere Baterai...misal 5 bateray x1300mA .... 6,5A...(karena charger saya maks 5 A.. ya setting diturunini di 4,5A)
tapi sesuai saran Om Denny saya turunin jadi 0,5 x jumlah Ampere baterai.... misal mau cash 5 baterai 1300mA...maka di setting 3,2A..


Salam
User avatar
christoffel
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1292
Joined: 04 Jan 2008, 13:42
Location: Pondok Chandra Surabaya

Re: Batas Kondisi Bateray Lipo Layak Pakai?

Post by christoffel »

HUTOMO123 wrote:Pakai tambahan "Paralel charging" om.... sekali jalan....

setingan cash biasanya Jumlah Ampere Baterai...misal 5 bateray x1300mA .... 6,5A...(karena charger saya maks 5 A.. ya setting diturunini di 4,5A)
tapi sesuai saran Om Denny saya turunin jadi 0,5 x jumlah Ampere baterai.... misal mau cash 5 baterai 1300mA...maka di setting 3,2A..

Salam

ini sangat tidak dianjurkan, kecuali kalau batt yg akan diparalel sudah dipastikan dalam kondisi yg sama (tiap cell paralel harus sama/hampir sama) dan itu hampir nggak mungkin terjadi kalau batt2 tersebut dipakai sendiri2 ...

yg terjadi kalau kondisi nya nggak sama, batt yg lebih tinggi tegangan nya akan men-charging batt yg lebih rendah tegangan nya dengan arus yg tidak dapat di kontrol oleh charger. jadi mekipun charger nya hanya di set 1 ampere, bisa jadi arus charge pada batt yg lebih rendah tegangan nya mencapai 5 ampere atau malah lebih.
User avatar
Maria Nindhya
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 630
Joined: 04 Jul 2012, 14:45
Location: Bunderan HI Jakarta

Re: Batas Kondisi Bateray Lipo Layak Pakai?

Post by Maria Nindhya »

Mumpung bahas masalah battery.. :gg
Newbee mau tanya.. "katanya" battery nggak boleh kurang dari 3,7 Volt per cel.. lalu saya beli battery alarm, maksudnya biar nggak sampe keabisan.. ternyata alarm baru bunyi di 3,2 Volt.. Nah, gimana tuh..
untuk Charge, biasanya saya pake 75% dari kapasitas.. misalnya battery 1000 mAh, saya charge di 0,7 A.. apakah ini aman ?
mohon pendapat suhu-suhu.. :thx
User avatar
christoffel
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1292
Joined: 04 Jan 2008, 13:42
Location: Pondok Chandra Surabaya

Re: Batas Kondisi Bateray Lipo Layak Pakai?

Post by christoffel »

Maria Nindhya wrote:Mumpung bahas masalah battery.. :gg
Newbee mau tanya.. "katanya" battery nggak boleh kurang dari 3,7 Volt per cel..
Salah. sebenarnya batasnya di 2.7Volt per cell, secara umum untuk aman nya (toleransi dalam fabrikasi) digunakan batas 2.9V sampai 3V percell.
cuman, perlu di ingat bahwa kalau sedang di geber di pesawat, tegangan batt juga berfluktuasi naik turun sesuai dengan beban dan throtle. jadi yg terukur oleh alarm nya adalah tegangan rata2 sesaat. jadi supaya aman, batas tegangan tegangan nya di naikkan sedikit. Kalau fluktuasi beban normal, 3.2V sudah cukup.
ESC yg bagus sudah ada LVA (low voltage alarm) yg bisa disetel antara 2.9V sampai 3.3V per cell.

Maria Nindhya wrote:lalu saya beli battery alarm, maksudnya biar nggak sampe keabisan.. ternyata alarm baru bunyi di 3,2 Volt.. Nah, gimana tuh..
ini lebih manusiawi. kalau 3.7volt itu sih berarti beban nya benar2 sudah terlalu besar untuk si batt sehingga fluktuasi tegangan nya juga besar.

Maria Nindhya wrote:untuk Charge, biasanya saya pake 75% dari kapasitas.. misalnya battery 1000 mAh, saya charge di 0,7 A.. apakah ini aman ?
ini justru yg paling benar. arus charge max 1C, yg dianjuran adalah 0.7C
tapi ini aturan jaman dulu waktu teknologi lipo belum mengenal fast charging.
sekarang, batt lipo sudah ada yg boleh di charge sampai 5C (bisa di lihat di spec batt nya masing2).
jadi kalau batas arus charging max nya 5C, yg dianjurkan sih jadi 0.7x5C = 3.5C
kalau batt nya 1000mAH dengan 5C charging, arus charging yg dianjurkan adalah 3500mA
User avatar
rachmatjeny
Captain
Captain
Posts: 1670
Joined: 19 Mar 2009, 21:55
Location: Depok
Contact:

Re: Batas Kondisi Bateray Lipo Layak Pakai?

Post by rachmatjeny »

kalo sy batkembung kebanyakan karena si simpan dalam keadaan full dlm waktu. lama, kalo ngecas mah gak ada istilah over time, slama masih dalam batas max C chargingnya aman2 aja. kan charger dah auyo cut, sy sering batre tercolok di charger dlm waktu lama, berhari2.

dan juga ngesas bat dlm kondisi panas abis di pake, bikin bunting juga loh

kalo paralel, sy slalu ngecas paralel,jadi kalo sy beli bat slalu 2, jenis dan tipe yg sama.
ini sudah sy lakukan slama 2 th, meski udh hmpir 6bulan ini g terbang :(

semoga tidak menyesatkan tulisan sy ini. :D
Post Reply