Syafik wrote:Pengalaman boleh berbicara bahwa banyak heli 450 menggunakan servo 9254 tanpa stepdown dan aman2 saja, tapi secara spesifikasi dan rekomendasi yang dituliskan oleh pabrikan dimana ini merupakan rujukan hendaknya juga tidak diabaikan, mungkin belm ada kejadian servo terbakar atau lainnya tapi mungkin suatu saat bisa terjadi jika terus menerus servo tersebut diberi arus yang melebihi kapasitas yang dimiliki, kecuali seperti yang dipaparkan om Roy di trex500 bisa dipilih voltase yang diinginkan dari output ESCnya... pasti lebih safe
Saya sependapat dgn Mas Syafik..bahwa referensi dan rekomendasi dr pihak manufacturer hendaknya tidak diabaikan...kita semua tentunya sudah mengetahui, bahwa R/C helicopter adalah model yg didukung dgn piranti high technology engineered
seperti servo,ESC,Gyro dsb..
Hanya ada satu yg perlu kita ingat...R/C helicopter model adalah the most dangerous one...itulah kenapa rekomendasi dr pihak manufacturer perlu kita jadikan pertimbangan juga selama kita masih menggunakan model tersebut...salah satu tujuan dr rekomendasi ini adalah juga merujuk pada safety matters..
Buat saya pribadi..data2 spec dan anjuran dr manufactur sudah jelas..
Jika kita semua masi mengabaikan, krn belum ada kejadian..well...itu adalah pilihan masing2...
Salah seorang teman saya..sudah mengalami tail servo S 9254 terbakar pada motornya..kali ini helinya memang crashed..dan untungnya tidak mencelakai orang lain..
Bayangkan jika seandainya kita semua..sedang asyik2nya bermanuver ria...mulai normal flight, mild 3D sampe dengan hard core 3D...tiba2 tail servo diam...tidak bereaksi seperti yg kita harapkan...melayang gak karuan...lalu mengenai penonton,teman ato salah satu anggota keluarga kita...well ...
Kalo heli crashed,itu bisa diperbaiki..tapi kalo sampe mencelakai orang lain,apalagi sebabnya adalah sepele sekali,tail servo....urusannya akan panjang..dan dampak selanjutnya juga akan berpengaruh pada semua kegiatan aeromodelling...utamanya R/C helicopter..
Faktor safety bukan hanya ditujukan kepada kita,para pilot....safety terhadap orang2 disekitar kita saat terbang,merupakan tanggung jawab kita juga..jangan lupa itu..
Mari kita berpikir sejenak dan merenungkan akan hal ini...silahkan memilih..mencegah ato tunggu sampe ada kejadian...
salam,
Budi