tail servo 9254 kok gampang hangat2 kuku ya?...hehehehe

Diskusi tentang heli elektrik

Moderators: Budiman, irsansaputra

User avatar
Roy_95
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 151
Joined: 24 Sep 2007, 15:18
Location: Manado
Contact:

Post by Roy_95 »

tadi saya coba pasang step down buat 9254 saya di 450... secara performa tidak ada perubahan yang signifikan yang terpantau.. servonya memang agak lebih dingin setelah terbang tapi tetap hangat juga.... Bingung kan? 8-[ 8-[
User avatar
Budiman
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1271
Joined: 17 Jan 2007, 15:27
Location: bekasi-surabaya
Contact:

Post by Budiman »

Syafik wrote:Pengalaman boleh berbicara bahwa banyak heli 450 menggunakan servo 9254 tanpa stepdown dan aman2 saja, tapi secara spesifikasi dan rekomendasi yang dituliskan oleh pabrikan dimana ini merupakan rujukan hendaknya juga tidak diabaikan, mungkin belm ada kejadian servo terbakar atau lainnya tapi mungkin suatu saat bisa terjadi jika terus menerus servo tersebut diberi arus yang melebihi kapasitas yang dimiliki, kecuali seperti yang dipaparkan om Roy di trex500 bisa dipilih voltase yang diinginkan dari output ESCnya... pasti lebih safe


Saya sependapat dgn Mas Syafik..bahwa referensi dan rekomendasi dr pihak manufacturer hendaknya tidak diabaikan...kita semua tentunya sudah mengetahui, bahwa R/C helicopter adalah model yg didukung dgn piranti high technology engineered
seperti servo,ESC,Gyro dsb..
Hanya ada satu yg perlu kita ingat...R/C helicopter model adalah the most dangerous one...itulah kenapa rekomendasi dr pihak manufacturer perlu kita jadikan pertimbangan juga selama kita masih menggunakan model tersebut...salah satu tujuan dr rekomendasi ini adalah juga merujuk pada safety matters..
Buat saya pribadi..data2 spec dan anjuran dr manufactur sudah jelas..
Jika kita semua masi mengabaikan, krn belum ada kejadian..well...itu adalah pilihan masing2... :bow:
Salah seorang teman saya..sudah mengalami tail servo S 9254 terbakar pada motornya..kali ini helinya memang crashed..dan untungnya tidak mencelakai orang lain..
Bayangkan jika seandainya kita semua..sedang asyik2nya bermanuver ria...mulai normal flight, mild 3D sampe dengan hard core 3D...tiba2 tail servo diam...tidak bereaksi seperti yg kita harapkan...melayang gak karuan...lalu mengenai penonton,teman ato salah satu anggota keluarga kita...well ...:bow:
Kalo heli crashed,itu bisa diperbaiki..tapi kalo sampe mencelakai orang lain,apalagi sebabnya adalah sepele sekali,tail servo....urusannya akan panjang..dan dampak selanjutnya juga akan berpengaruh pada semua kegiatan aeromodelling...utamanya R/C helicopter..
Faktor safety bukan hanya ditujukan kepada kita,para pilot....safety terhadap orang2 disekitar kita saat terbang,merupakan tanggung jawab kita juga..jangan lupa itu..

Mari kita berpikir sejenak dan merenungkan akan hal ini...silahkan memilih..mencegah ato tunggu sampe ada kejadian...

salam,

Budi
User avatar
Budiman
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1271
Joined: 17 Jan 2007, 15:27
Location: bekasi-surabaya
Contact:

Post by Budiman »

Roy_95 wrote:tadi saya coba pasang step down buat 9254 saya di 450... secara performa tidak ada perubahan yang signifikan yang terpantau.. servonya memang agak lebih dingin setelah terbang tapi tetap hangat juga.... Bingung kan? 8-[ 8-[


Om..namanya juga motor listrik...berisi kumparan kawat tembaga...dialiri arus listrik...tetap hangat..ngapain jg bingung
Arus listrik melalui kawat(conductor) selalu menghasilkan dissipasi daya...artinya arus yg mengaliri kawat tersebut tidak tersalurkan dgn sempurna,krn ada hambatan pada material kawat(conductor) tsb..ini masi dianggap wajar..karena tembaga sbg conductor(penghantar) merupakan material yg tidak sempurna...ada si yg lebi baik dr tembaga..yaitu emas..masa kumparan motor pake kawat emas...tambah mahal aja dong harga hobby kita ini... #-o

Tapi kalo sampe panasnya di motor sampe menyengat...berarti kan memang ada yg ga beres..ntah pada motornya sendiri.. beban yg digerakkan motor, supply daya yg ke motor,connector servo ke gyro yg tidak sempurna sehingga menimbulkan beda potensial dan lompatan spark(bunga api) sehingga menimbulkan arus berlebih ke motor,dsb..
Silahkan merujuk kepada data spec dan rekomendasi yg telah dipaparkan oleh manufacturer...lalu compare dgn aplikasi yg sudah Anda lakukan...telah sesuai ato tidak...itu aja...
Saya rasa progress yg telah Anda lakukan sudah benar...memasang step down regulator ...
Sekali lagi...ini adalah pilihan masing2..
User avatar
Syafik
Major General
Major General
Posts: 4026
Joined: 22 Jan 2007, 13:24
Location: Gresik - Surabaya
Contact:

Post by Syafik »

saat memutuskan untuk terjun serius di hobby ini terutama heli, kita harus juga melakukannya secara profesioanal dalam banyak hal, perlakuan peralatan yang boleh dibilang high tech, pemilihan komponen yang bener dan perlakuan safety juga... jadi selayaknya tidak mengabaikannya. Mungkin selama ini armada yang kita pake overall its well dg peggunaan yang blm dianjurkan bukan berarti itu akan aman selamanya. Jadi harus hati2 aja... lha wong memilih kabel atau konektor seperti dean buat lipo aja harus yang sesuai masa kita mengabaikan yang lain...

Sekedar perenungan diri sendiri aja...
User avatar
andre77
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 388
Joined: 17 Jan 2007, 14:38
Location: BANJARMASIN
Contact:

Post by andre77 »

Ada yang pernah ukur tegangan dari batery NICD 4 cel setelah di cas penuh dgn charger digital??
Post Reply