Page 3 of 5

Re: EDF-40 lagi ( belom tau mau buat pesawat apa lagi)

Posted: 08 May 2011, 17:29
by iwan21
yantoaa77 wrote:Mantap Om.. :plk :plk :plk
Penasaran nih, gmn jadinya jet imoet dari balsa..

oya om cara ngukur thrustnya jumlah total tekanan + berat motor ya? (maaf, baru tau cara sederhana ngukur thrust dengan timbangan).
tanya satu lagi om, power meter biasanya ada dijual di toko elektronik ataw harus beli HS??
Makasih.. :thx :thx



Posisi EDF anginnya menghadap keatas, jadi nanti kalo EDF nya di jalankan, unit akan menekan timbangan kebawah
setelah EDF unit diletakkan diata timbangan ( jangan lupa dikasih lakban kaki2nya supaya gak lari), timbangan digital dinolkan dulu, jadi kondisi saat EDF mati timbangan menunjukkan angka nol.
Nah saat di naikkan throttle, akan terbaca tekanan si EDF terhadap timbangan, itulah thrustnya.

Power meter/Wattmeter beli di Hobyshop ( saya beli dari HobbyKing)

Re: EDF-40 Viper klonengan , balsa

Posted: 09 May 2011, 19:00
by iwan21
Ahihihihihi..
Balsa 1mm udah dateng
langsung perbesar gb Viper, modif sana sini
Image

ini balsa 1mm
Image

pertama bikin EDF ducting dulu dg meroll balsa ( bahkan polyfoam 1mm masih lebih susah diroll dibanding balsa)
Image
Image
Image
Image

ini buat intake duct, dirol didalem gelas
Image

nyambung balsa utk wing, berat sebelah bawah 7 gr
Image

lem spar dan sedikit rib
Image

lapis atas wing dilem, sampe sini berat wing 19 gr
Image

ini sebagian yg udah kelar
Image

berat diatas 49 gr
tambah intake duct 5gr jadi 54 gr
tinggal bikin fuselage depan aja besok, dg target berat 10 gr ( moga2 gak kebanyakan lem)

tambah rx mikro = 4 gr
servo 3 gr x 2 = 6 gr
lipo 2s/240mah/30c = 20 gr
pushrod2 = 3 gr

perkiraan sementara total jadi 97 gr, kalo ditambah kelir kira2 10 gr lagi belom tau juga keberatan apa enggak
asumsi aja jadi 110 gr
thrust motor 74 gr, maka TWR 0.67 : 1
power motor 31 Watt, maka power loading 0.28 Watt/gr
wing area 5.17 dm2. maka wingloading 21.3 gr/dm2
utk lama terbang, kalau diasumsikan throtl 60% ekivalen dg 2,5 ampr, maka batere 240 mAH kira2 cukup utk terbang aman selama 4 menit, lumayan

Re: EDF-40 Viper klonengan , balsa

Posted: 10 May 2011, 06:49
by NF
........balsa.........kalo mo nge'roll' , basahin dikit pake air panas atau uap air panas (dari ujung teko) ,kalo dah mbentuk dan kering ,ga berubah , sifat balsa adl kayu"lunak dan ringan" yg bisa di bentuk pake air panas ...., better pake amonia , tapi baunya itu dan berbahaya.

Re: EDF-40 lagi ( belom tau mau buat pesawat apa lagi)

Posted: 10 May 2011, 08:04
by asoenhauw
iwan21 wrote:nah ini dokumentasi proses ngoprek EDF dan tes static thrusnya

kupingan mounting motor udah didremel , as motor diganti yg lebih panjang, ex motor mainan, dan siap dipasang di Casing EDF
Image

utk memastikan as motor center dg EDF, pinggiran impeller ditempelin tape kertas
Image

cek jarak impeller dg shroudnya, kudu rapet
Image
Image

yakin dah rapet dan as dah center, motor langsung dilem dg epoxy (kebetulan ada sisa epoxy utk masang kaki2 raised floor, dijamin kuat banget lemnya dan kalo dah kering keras banget)
Image
Image

ditinggalin semaleman supaya bener2 keras lemnya
Image

hari berikutnya di cek, dah bener keras nih, tape kertas dibuang
Image
Image

cek pasang impeller, pas tanpa gesekan dg jarak g sama tiap sisi
Image

berat 17 gr
Image

persiapan tes statik ( timbangan digital dan power meter dg thrust stand sederhana dari sumpit mie)
Image

pelan2 full throttle, halus tanpa getaran dan gesekan
Image

hasilnya ?,
V = 8,23 Volt
I = 3,7 Amp
P = 30,4 Watt
Thrust = 74 gram
Image

Lumayan , yg penting bisa pake batere ringan ( Lipo 2sel ,240 mAh sampe 400 mAh), motor adem, rpm gak terlalu tinggi ( dibanding yg EDF-40 satunya, pake inrunner 1220/kv 10300 dan 3 blade, suara udah melengking thrust cuman 67 gr dan motor panas, gak berani lama2 full throttle)

tinggal bikin body dg target berat 80 gr

nah utk penyegar otak supaya idenya nyangkut, pagi tadi sebelum berangkat kerja liat2 ini dulu deh..segeeerrr
Image



:ngl :ngl :ngl liat mangganya.

Re: EDF-40 Viper klonengan , balsa

Posted: 10 May 2011, 11:24
by ariebudi
iwan21 wrote:ini sebagian yg udah kelar
Image

berat diatas 49 gr
tambah intake duct 5gr jadi 54 gr
tinggal bikin fuselage depan aja besok, dg target berat 10 gr ( moga2 gak kebanyakan lem)

tambah rx mikro = 4 gr
servo 3 gr x 2 = 6 gr
lipo 2s/240mah/30c = 20 gr
pushrod2 = 3 gr

perkiraan sementara total jadi 97 gr, kalo ditambah kelir kira2 10 gr lagi belom tau juga keberatan apa enggak
asumsi aja jadi 110 gr
thrust motor 74 gr, maka TWR 0.67 : 1
power motor 31 Watt, maka power loading 0.28 Watt/gr
wing area 5.17 dm2. maka wingloading 21.3 gr/dm2
utk lama terbang, kalau diasumsikan throtl 60% ekivalen dg 2,5 ampr, maka batere 240 mAH kira2 cukup utk terbang aman selama 4 menit, lumayan



duduk manis dan terus menyimak... :tlt :tlt

Re: EDF-40 Viper klonengan , balsa

Posted: 11 May 2011, 08:09
by iwan21
nambah lagi

intake duct disambung ke thrust duct
Image

intake duct di split
Image

body sebagian dah jadi
Image

inlet berbentuk D, aslinya di Viper kotak dan kecil banget, jadi saya modif lagi supaya dapet 100 % FSA
Image

( terjadi kecelakaan disini, waktu ngelem intake duct, lemnya tumpah dan netes ke impeller..cilakak, impeler ke lem ke shroudnya, mana inkate duct udah dilem semua ke splitternya :whoaa )

Re: EDF-40 Viper klonengan , balsa

Posted: 11 May 2011, 08:12
by NF
:pyg .............., sudah teratasi suhu ?

Re: EDF-40 Viper klonengan , balsa

Posted: 11 May 2011, 08:20
by iwan21
sudah pakde, saya tetesin aceton dulu, setelah lem CA nya melunak saya dorong paksa impellernya, udah muter tapi masih nyangkut2 bekas lemnya.
nanti saya running lagi EDF nya spuaya bekas2 lem kekikis ( cuman ada resiko, impeller jadi gak balance lagi..hikss)

Re: EDF-40 Viper klonengan , balsa

Posted: 11 May 2011, 14:24
by ariebudi
iwan21 wrote:body sebagian dah jadiImageinlet berbentuk D, aslinya di Viper kotak dan kecil banget, jadi saya modif lagi supaya dapet 100 % FSA


suhu..bolehkah ditampilken gambar detail bodynya..terutama bagian dalemnya...
sekalian nanya suhu..itungan luas dan jarak inlet dan outlet duct biar dapet thurst maksimal gimana ya...

:thx :thx :thx

Re: EDF-40 Viper klonengan , balsa

Posted: 11 May 2011, 14:50
by iwan21
ariebudi wrote:
suhu..bolehkah ditampilken gambar detail bodynya..terutama bagian dalemnya...
sekalian nanya suhu..itungan luas dan jarak inlet dan outlet duct biar dapet thurst maksimal gimana ya...

:thx :thx :thx


detail body cuman lembaran kiri kanan dikasih beberapa former aja, terus tutup deh atas bawah, amplas/alusin deh setelah ketutup semua, potong kanopi utk tempat batere, simpel kok

kalo udah dipasang outlet duct justru static thrust turun om, yg didapet adalah eflux ( contoh gampangnya kalo kita nyiram pohon pake selang tanpa keran, nah kalo selang gak diapa2in kan airnya banyak tapi aliran gak jauh, itu analogi thrust, nah supaya jauh biasanya ujung selang kita pencet sekecil mungkin supaya liran air jadi kecil dan jangkauannya jauh, nah itu analogi thrust turun tapi eflux naik)

Untuk luasan , patokannya :
1. inlet duct luasnya 100 % FSA, FSA = Fan Swept area alias luas permukaan fan depan
2. utk outlet antara 80 sampe 85% FSA

sedang jarak fan ke permukaan depan (panjang inlet duct) dan kebelakang ( panjang outlet duct) saya masih cari2 ( trial n error aja) yg penting gak terlau jauh dan panjang supaya loss pressure minimal ( umumnya sih saya patokan panjangnya maksimal 2 x diameter EDF, walau kadang2 outlet bisa jadi panjang)
selain itu jangan dilupa permukaan duct, baik inlet maupun outlet harus licin gak ada hambatan, kalo ada hambatan akan menyebabkan turbulensi yg akan menurunkan static thrust
begitu om sepanjang yg saya baca dan praktekin selama ini

sebagai bahan bacaan, ini ada diskusi menarik dari RCG mengenai EDF duct, silahkan dibaca2 om :

http://www.rcgroups.com/forums/showthread.php?t=945836