Safety dalam aeromodelling : untuk beginner, dari beginner
Moderators: AgoesAurelz, JetFlyer
- MrDoms
- Second Lieutenant
- Posts: 1083
- Joined: 18 Jan 2007, 13:50
- Location: Pekanbaru
dulu saya pernah ngeliat flight chek list termasuk record2 safety di internet, bahkan juga merecord lama terbang, status parts, sampai status batre dan cycling timenya, tapi dah lupa alamatnya apa.....
Waktu itu saya berpikiran kok hobi jadi malah repot amat!!?? tapi setelah banyak musibah, hal ini dipandang sangat perlu apalagi untuk pemula seperti saya agar jadi suatu kebiasaan...
saya coba untuk telusuri lagi (kok dulu bisa nyasar ke alamat itu?)...
Waktu itu saya berpikiran kok hobi jadi malah repot amat!!?? tapi setelah banyak musibah, hal ini dipandang sangat perlu apalagi untuk pemula seperti saya agar jadi suatu kebiasaan...
saya coba untuk telusuri lagi (kok dulu bisa nyasar ke alamat itu?)...
- bayukaze
- Senior Airman
- Posts: 181
- Joined: 03 Jul 2007, 16:43
- Location: semarang for a moment
- Contact:
iya pak MD, saya dulu langsung bikin versi hardcopy-nya tp lupa gak nyatet source-nya. ada checklistnya sagala.
bgmn kl ini ginian: www.carcmc.org/CapeAnnStudentManual.pdf
bgmn kl ini ginian: www.carcmc.org/CapeAnnStudentManual.pdf
- JetFlyer
- Penasehat Senior
- Posts: 8
- Joined: 21 Jan 2007, 21:21
- Location: Jakarta Selatan
Betul pak,
KEBIASAAN !!! itu kata kuncinya !!
banyak orang2 yg berpikiran, "ah ini kan cuma kapal electric, ngapain range check"
"ah nanti aja deh saya melakukan PREFLIGHT CHECK LISTnya, kalo udah punya kapal gede"
KEBIASAAN itu yg harus di mulai dari sejak awal. sejak seorang flyer itu mulai di expose ke hobby ini.
Buat yg baru maen & yg udah lama,
jangan anggap remeh mengenai ukuran pesawat.
walupun itu "CUMA" ukuran heli honey bee / Trex 450 atau Wing Dragon/CAP 232 33%.
semua itu ada bahayanya.
KEBIASAAN itu dimulai dari awal. dimulai dari sejak kita mulai belajar terbang, mungkin waktu menerbangkan WD.
nah kalo ada habit yg jelek itu kebawa sampai menerbangkan pesawat besar, itu bisa fatal.
saya sering mendengar komentar "Ah, itu cuma WD koq, biarin aja deh" atau "Helinya hovernya deket bener yach ? tapi cuma heli kecil koq"
nah,, kata2 "CUMA" itu yg akan sangat penting dikemudian hari.
Habit2 jelek itu harus di hilangkan sejak awal, dan harus mulai ditanamkan sejak awal kebiasaan2 yg baik.
Saya berpendapat, apa dia terbang 1/3 scale atau WD, itu sama,... engga harus dibedakan. tetap harus terbang dengan memperhatikan norma2 KESELAMATAN SEJAK AWAL.
jadi buat temen2 yg newbee, jangan malah malu hati kalo mau go thru "PREFLIGHT CHECK LIST" soalnya itu yg akan menjadi kan fondasi yg kuat di kemudian hari.
good Luck,
Brg,
NT
KEBIASAAN !!! itu kata kuncinya !!
banyak orang2 yg berpikiran, "ah ini kan cuma kapal electric, ngapain range check"
"ah nanti aja deh saya melakukan PREFLIGHT CHECK LISTnya, kalo udah punya kapal gede"
KEBIASAAN itu yg harus di mulai dari sejak awal. sejak seorang flyer itu mulai di expose ke hobby ini.
Buat yg baru maen & yg udah lama,
jangan anggap remeh mengenai ukuran pesawat.
walupun itu "CUMA" ukuran heli honey bee / Trex 450 atau Wing Dragon/CAP 232 33%.
semua itu ada bahayanya.
KEBIASAAN itu dimulai dari awal. dimulai dari sejak kita mulai belajar terbang, mungkin waktu menerbangkan WD.
nah kalo ada habit yg jelek itu kebawa sampai menerbangkan pesawat besar, itu bisa fatal.
saya sering mendengar komentar "Ah, itu cuma WD koq, biarin aja deh" atau "Helinya hovernya deket bener yach ? tapi cuma heli kecil koq"
nah,, kata2 "CUMA" itu yg akan sangat penting dikemudian hari.
Habit2 jelek itu harus di hilangkan sejak awal, dan harus mulai ditanamkan sejak awal kebiasaan2 yg baik.
Saya berpendapat, apa dia terbang 1/3 scale atau WD, itu sama,... engga harus dibedakan. tetap harus terbang dengan memperhatikan norma2 KESELAMATAN SEJAK AWAL.
jadi buat temen2 yg newbee, jangan malah malu hati kalo mau go thru "PREFLIGHT CHECK LIST" soalnya itu yg akan menjadi kan fondasi yg kuat di kemudian hari.
good Luck,
Brg,
NT
- NF
- Administrator
- Posts: 4082
- Joined: 18 Jan 2007, 14:10
- Location: semarang, jateng
- Contact:
- Syafik
- Major General
- Posts: 4026
- Joined: 22 Jan 2007, 13:24
- Location: Gresik - Surabaya
- Contact:
- NVY
- trainee
- Posts: 12
- Joined: 12 Oct 2007, 21:03
- Location: Bandung
- Contact:
- Ravenchan
- Gaero Public Relation
- Posts: 740
- Joined: 31 May 2007, 11:07
- Location: M-E-D-A-N
- Contact:
- NF
- Administrator
- Posts: 4082
- Joined: 18 Jan 2007, 14:10
- Location: semarang, jateng
- Contact:
- NVY
- trainee
- Posts: 12
- Joined: 12 Oct 2007, 21:03
- Location: Bandung
- Contact:
Sharing pengalaman aja.
Main V4 lama di garasi...
Waktu nyambungin connector batt di heli, TX yg sudah on saya letakkan di lantai, di samping saya.
Tiba-tiba ada kucing yang menabrak TX sehingga throttlenya maksimal...
Refleks saya jauhkan V4 yang masih kepegang...
Gak ada yang cedera atau hancur...tapi pengalaman berharga buat saya.
Main V4 lama di garasi...
Waktu nyambungin connector batt di heli, TX yg sudah on saya letakkan di lantai, di samping saya.
Tiba-tiba ada kucing yang menabrak TX sehingga throttlenya maksimal...
Refleks saya jauhkan V4 yang masih kepegang...
Gak ada yang cedera atau hancur...tapi pengalaman berharga buat saya.