Angin dan Autorotation

Diskusi Heli RC secara umum

Moderators: e12ry, Yudha

User avatar
DIMAS
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 515
Joined: 28 Dec 2008, 19:50
Location: Ciputat

Re: Angin dan Autorotation

Post by DIMAS »

Image
Nah, pake ditambahin garis-garis ini mungkin lebih jelas ya...
Salam...
User avatar
Budiman
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1271
Joined: 17 Jan 2007, 15:27
Location: bekasi-surabaya
Contact:

Re: Angin dan Autorotation

Post by Budiman »

Semakin lama semakin menarik, Om Dimas... :ok ...

Saya memang perna membaca jika delta ratio dari heli 3D adalah 1 :1...sedangkan heli F3C tidak demikian...
Jadi kalo bole saya bertanya lagi , apakah sudut delta ini pada akhirnya mempengaruhi rasio perbandingan pitch mainblade dengan pitch dr paddle (swash-degree)..?... :tlt
Apakah tujuan akhir dengan setting sudut delta ini adalah untuk menentukan seberapa besar prosentase dari authority paddle atas cyclic respon dari heli?...karena pemahaman secara basic bahwa paddle dan flybar merupakan penentu dari respon heli sendiri, baik saat menerima input kontrol dari Tx serta saat heli diterpa oleh angin...benarkah pemahaman saya ini menurut Om Dimas?...mohon pencerahan ...terimakasih sebelumnya... :thx
User avatar
DIMAS
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 515
Joined: 28 Dec 2008, 19:50
Location: Ciputat

Re: Angin dan Autorotation

Post by DIMAS »

Beda dikit om,
Jelasnya bisa dibaca disini . . .
www.helituning.com/.../setup/.../483-flybar-ra... -

Salam...
User avatar
dino
Major
Major
Posts: 1793
Joined: 07 Jun 2008, 18:23
Location: jatim park
Contact:

Re: Angin dan Autorotation

Post by dino »

:tlt ijin baca2 memperdalam ilimu ya bOz....
User avatar
agusfirmansyah
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 335
Joined: 14 Jun 2012, 16:31
Location: Cipondoh-Tangerang
Contact:

Re: Angin dan Autorotation

Post by agusfirmansyah »

Budiman wrote:
panji76 wrote:betul om...saya sering terbang(pesawat elektrik) dengan angin agak kenceng dengan airfoil wing agak datar....untuk melatih jempol dan menambah jam terbang.

Jadi sering men-simulasi-kan situasi 'death stick' ya,Om?..maklum, saya buta dgn fixed wing neh..:tlt


Waduh Om saya pernah tuh waktu angin bertiup agak kencang , saya coba menerbangkan RC Heli saya eh taunya Crash.......yh maklum jempol saya belum bersahabat dg TX............tapi untuk mencoba adrenalin kita OKE juga tuh OM.............. :pis :pis
User avatar
Budiman
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1271
Joined: 17 Jan 2007, 15:27
Location: bekasi-surabaya
Contact:

Re: Angin dan Autorotation

Post by Budiman »

Kebetulan heli2 saya sudah tidak bisa di ubah sudut delta nya...dan apa yang diterangkan oleh helituning.com saya ga ngerti sama sekali... :flu

Jadi saya menggunakan cara lain untuk lebih membuat heli agak sedikit "bandel" terhadap angin, yaitu merubah authority paddle beserta flybar serta menggunakan soft-dumpener...
"Bandel" bukan berarti heli mampu untuk mengkoreksi sendiri sih...setidaknya heli lebih tidak begitu terpengaruh oleh angin, sehingga memudahkan saya utk mengkoreksi.. :shy
User avatar
DIMAS
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 515
Joined: 28 Dec 2008, 19:50
Location: Ciputat

Re: Angin dan Autorotation

Post by DIMAS »

Kalo ga salah :
Pengaruh flybar ratio adalah terhadap gaya dari sisi heli.
Pengaruh sudut delta adalah terhadap gaya dari atas atau bawah.

Dan pengalaman saya di lapangan, yang sangat berpengaruh pada heli saya dan saya yaitu pengaturan sudut delta.

Salam...
User avatar
Budiman
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1271
Joined: 17 Jan 2007, 15:27
Location: bekasi-surabaya
Contact:

Re: Angin dan Autorotation

Post by Budiman »

Untuk sudut delta yg perna dibahas Om Dimas masih jadi misteri buat saya..
Back to topic soal autorotation,..
Tempo hari saya coba melakukan autorotation secara forward, ternyata lumayan mendebarkan..
Saya coba dari ketinggian kurang lebih 7m, saat engine saya matikan, heli mulai 'descent'. Agar sisa putaran tetap eksis, pitch saya tahan sekitar -2 s/d -3 deg, sedangkan untuk meng-kontrol laju heli utk 'descent', sesekali saya gunakan AFT cyclic( swashplate UP)..ternyata dgn menggunakan fungsi cyclic secukupnya, ternyata sangat membantu untuk memperlambat laju descent dari heli, sebelum akhirnya heli touchdown, agak hard landing..namun cukup memberi banyak pelajaran buat saya..
User avatar
DIMAS
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 515
Joined: 28 Dec 2008, 19:50
Location: Ciputat

Re: Angin dan Autorotation

Post by DIMAS »

betul om....
Dengan memposisikan heli, apalagi posisi piringan putaran blade tegak lurus dengan arah angin+ arah gaya turunnya heli, maka gaya turun heli akan lambat. Tapi kalau pitch negativ, tetep aja heli semakin cepat.

Mungkin perasaan pitch negativ< tapi mungkin itu 0 atau positiv (tapi kecil sekali).

Salam...
User avatar
Budiman
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1271
Joined: 17 Jan 2007, 15:27
Location: bekasi-surabaya
Contact:

Re: Angin dan Autorotation

Post by Budiman »

DIMAS wrote:betul om....
Dengan memposisikan heli, apalagi posisi piringan putaran blade tegak lurus dengan arah angin+ arah gaya turunnya heli, maka gaya turun heli akan lambat. Tapi kalau pitch negativ, tetep aja heli semakin cepat.

Mungkin perasaan pitch negativ< tapi mungkin itu 0 atau positiv (tapi kecil sekali).

Salam...

Memang, pitch negatif akan membuat heli tambah deras jatuhnya, apalagi jatuh vertikal, kali ini saya melakukan autorotation secara forward. Heli awalnya meluncur deras karena pitch negatif yg saya aplikasikan, tapi karena heli saya posisikan 'flaring' maka yg nampak kecepatan 'descent' heli juga sedikit melambat..
Post Reply