Setting Belt-CP
Moderators: Budiman, irsansaputra
- sevenslidegrills
- Technical Sergeant
- Posts: 372
- Joined: 03 Jul 2007, 00:33
- Location: SBY-MDR
- Contact:
Re: Setting Belt-CP
Sekedar sharing saja mas...
Menurut saya dari segi penampilan bagus memang BCP upgrade dg frame carbon. Tapi kalo saya liat framenya kok terlalu lentur ya? Saya belum pernah pake sih, tapi dl sewaktu pake BCP saya sempet mo ganti frame itu tapi setelah di perhatikan kok frame CFnya lentur dan tidak kaku seperti heli yg lain. Terus kalo di ganti dg frame Trex CF apa gak sebaiknya ganti trex sekalian? Karena daftar belanjaanya akan sangat panjang dan tidak worthed menurut saya jika upgrade dg frame trex.
Saran jika memang masih bertahan di BCP sebaiknya konsen di masalah rotor headnya saja. Karena seperti BCP yang lain penyakit bawaannya adalah sulitnya mainblade untuk tracking dg baik.
Menurut saya dari segi penampilan bagus memang BCP upgrade dg frame carbon. Tapi kalo saya liat framenya kok terlalu lentur ya? Saya belum pernah pake sih, tapi dl sewaktu pake BCP saya sempet mo ganti frame itu tapi setelah di perhatikan kok frame CFnya lentur dan tidak kaku seperti heli yg lain. Terus kalo di ganti dg frame Trex CF apa gak sebaiknya ganti trex sekalian? Karena daftar belanjaanya akan sangat panjang dan tidak worthed menurut saya jika upgrade dg frame trex.
Saran jika memang masih bertahan di BCP sebaiknya konsen di masalah rotor headnya saja. Karena seperti BCP yang lain penyakit bawaannya adalah sulitnya mainblade untuk tracking dg baik.
- dedy_r450
- Captain
- Posts: 1628
- Joined: 28 Nov 2007, 18:56
- Location: Cibinong
- Contact:
Re: Setting Belt-CP
gigisekar wrote:karena dari harga tdk terlalu jauh, yg Trex (sudah carbon+cnc metal) & sudah direct servo to swashplate.
kira2 main frame set trex tsb bisa compatible dg dudukan motor, ukuran main shaft, tailboom, posisi swashplate belt cp tidak ya?
untuk harga main frame trex nya saja memang tidak beda jauh,.. tapi perlu diingat ganti main frame tidak hanya beli main frame saja,.. untuk bisa di rakit perlu part pelengkap lainya seperti bottom plate, bateray holder,.. dan sbg.. (lumayan byk) nah yg bgini yg bikin mahal
- Syafik
- Major General
- Posts: 4026
- Joined: 22 Jan 2007, 13:24
- Location: Gresik - Surabaya
- Contact:
Re: Setting Belt-CP
Dan rasanya konstruksi frame trex dg bcp tidak sama, sehingga akan sulit mengatur posisi dudukan motor, main gear, tail gear dan pulley... kalau setelah diganti head semua metal dan terbang lbh responsif, sebetulnya itu bagus karena sifat bcp yang standar terkenal lemot bisa berubah... setuju saran SSG untuk konsen ke head bcp, walaupun frame masih plastik tidak banyak pengaruh dg performa heli kalau head dan tail sudah metal
- gigisekar
- Airman First Class
- Posts: 87
- Joined: 16 Oct 2008, 15:33
- Location: Jakarta
- Contact:
Re: Setting Belt-CP
mengutip mas Syafik "walaupun frame masih plastik tidak banyak pengaruh dg performa heli kalau head dan tail sudah metal",
dan menurut pendapat mas Seven jg, main frame carbon BCP yg terlalu lentur... jd lebih baik tetap pakai standar plastiknya aja krn tdk bnyk pengaruh ke performa y?
kebetulan head & tail BCP sy sudah metal smua, saat ini kerasa banget bedanya dengan versi plastik, BCP jadi responsif bgt & cenderung liar menurut sy, tapi... baru td istirahat siang ini sy menikmati nerbangin BCP... tyt memang back to basic: masalah jempol yg belum terbiasa
naksir Trex/Beam, hehe.. tp blm mampu.. yah BCP tetap disayang2 & di dandani
baik makasih bangettt masukannya senior2 smuanya...
dan menurut pendapat mas Seven jg, main frame carbon BCP yg terlalu lentur... jd lebih baik tetap pakai standar plastiknya aja krn tdk bnyk pengaruh ke performa y?

kebetulan head & tail BCP sy sudah metal smua, saat ini kerasa banget bedanya dengan versi plastik, BCP jadi responsif bgt & cenderung liar menurut sy, tapi... baru td istirahat siang ini sy menikmati nerbangin BCP... tyt memang back to basic: masalah jempol yg belum terbiasa

naksir Trex/Beam, hehe.. tp blm mampu.. yah BCP tetap disayang2 & di dandani

baik makasih bangettt masukannya senior2 smuanya...

- arief
- Airman First Class
- Posts: 60
- Joined: 29 Jan 2007, 01:26
- Location: Jakarta
- Contact:
Re: Setting Belt-CP
kan ada Rex V2 

- gigisekar
- Airman First Class
- Posts: 87
- Joined: 16 Oct 2008, 15:33
- Location: Jakarta
- Contact:
Re: Setting Belt-CP
hehehe.. sy lg pesen canopy rex airbrush yg kyk logo triple X nih pak Arief, kmrn print gambarnya & no hp sy titipkan ke mbaknya yg jaga di semanggi, katanya barang lg digudang & slasa ini sy mo dikabarin barangnya ada/ga, tlg ingetin mbaknya ya pak, ehhehe jgn smp keburu keduluan orang 
klo rex v2 msh nabung nih..
smntara msh belai2 BCP buat latian.. mo tanya pak, arah putaran tail blade yg bener searah/berlawanan jarum jam?
kmrn habis bersih2 belt, kyknya terbalik pasang belt nya & hasilnya putaran tail blade yg tadinya berlawanan jarum jam, jadi searah jarum jam.
setelah gyro yg tadinya reverse yg normalkan, hely tetap bisa terbang, anehnya yg tdnya punya masalah dg 401 yg kurang ngelock, skrng malah jadi ngelock!! gimana tuch.. klo main blade sy putar manual engga ada tanda belt yg nyangkut, jd sementara sy biarkan aja... gimana pak?

klo rex v2 msh nabung nih..

smntara msh belai2 BCP buat latian.. mo tanya pak, arah putaran tail blade yg bener searah/berlawanan jarum jam?
kmrn habis bersih2 belt, kyknya terbalik pasang belt nya & hasilnya putaran tail blade yg tadinya berlawanan jarum jam, jadi searah jarum jam.
setelah gyro yg tadinya reverse yg normalkan, hely tetap bisa terbang, anehnya yg tdnya punya masalah dg 401 yg kurang ngelock, skrng malah jadi ngelock!! gimana tuch.. klo main blade sy putar manual engga ada tanda belt yg nyangkut, jd sementara sy biarkan aja... gimana pak?
arief wrote:kan ada Rex V2
- Syafik
- Major General
- Posts: 4026
- Joined: 22 Jan 2007, 13:24
- Location: Gresik - Surabaya
- Contact:
Re: Setting Belt-CP
gigisekar wrote:hehehe.. sy lg pesen canopy rex airbrush yg kyk logo triple X nih pak Arief, kmrn print gambarnya & no hp sy titipkan ke mbaknya yg jaga di semanggi, katanya barang lg digudang & slasa ini sy mo dikabarin barangnya ada/ga, tlg ingetin mbaknya ya pak, ehhehe jgn smp keburu keduluan orang
klo rex v2 msh nabung nih..
smntara msh belai2 BCP buat latian.. mo tanya pak, arah putaran tail blade yg bener searah/berlawanan jarum jam?
kmrn habis bersih2 belt, kyknya terbalik pasang belt nya & hasilnya putaran tail blade yg tadinya berlawanan jarum jam, jadi searah jarum jam.
setelah gyro yg tadinya reverse yg normalkan, hely tetap bisa terbang, anehnya yg tdnya punya masalah dg 401 yg kurang ngelock, skrng malah jadi ngelock!! gimana tuch.. klo main blade sy putar manual engga ada tanda belt yg nyangkut, jd sementara sy biarkan aja... gimana pak?
Kalau dilihat dari depan tail balde/sebelah kanan heli, tail berputar counter clockwise
- gigisekar
- Airman First Class
- Posts: 87
- Joined: 16 Oct 2008, 15:33
- Location: Jakarta
- Contact:
Re: Setting Belt-CP
brarti py sy mmg kebalik ya pak.. klo dibiarkan bs rusak beltnya ya pak? 
masih penasaran, kan di gear yg deket main gear, posisi belt yg ke gear horizontal, tapi yg di gear tail shaft (diujung tailboom yg ke tail blade) ko posisi belt jd vertical, brarti didalem tailboom beltnya mmg melintir ya..
mksh

masih penasaran, kan di gear yg deket main gear, posisi belt yg ke gear horizontal, tapi yg di gear tail shaft (diujung tailboom yg ke tail blade) ko posisi belt jd vertical, brarti didalem tailboom beltnya mmg melintir ya..
mksh

- Adrian
- Airman First Class
- Posts: 81
- Joined: 16 Sep 2007, 04:59
- Location: yogyakarta
- Contact:
Re: Setting Belt-CP
Kalo blade clockwise trus tail blade clockwise juga pasti belt melintir2 di tail boom , tapi sy g tau bisa rusak apa ega hehehe, lebih baik dirubah ke counter clockwise aja,
- handoyo6299
- Senior Master Sergeant
- Posts: 611
- Joined: 02 Aug 2008, 10:08
- Location: Jogja-semarang-Jepara (active)
- Contact:
Re: Setting Belt-CP
Saya kurang begitu mengerti kalo Belt cp, soale yang saya punya Minititan, tapi mungkin sama ya, memang sich beltnya harus melintir untuk bisa memutarkan tail blade soalnya khan yg di maingear itu mendatar, dan yg di tail itu vertical, nah kalo minititan beltnya diplintir ke kanan ( searah jarum jam) dilihat dari belakang, jadinya putaran tail rotor akan searah dengan jarum jam kalo kita lihat dari sisi kiri helinya. Sebagai gambaran biar agak jelas, fungsdi pokok dari tail blade adalah mengcounter torsi pada heli yang ditimbulkan dari main rotor. Dilihat dari sisi atas heli, maka kalau putaran main rotor searah jarum jam, akan terjadi efek nose heli berputar kearah berlawanan jarum jam, nah efek ini yg harus dicounter oleh tail blade agar heli tetap pada posisinya semula. Nah tinggal dipastikan aja, untuk mengcounter torsi ini dibutuhkan pitch tail yg kekanan, atau ke kiri, kalau pada minititan, untuk mengcounter torsi, maka servo akan menggerakkan lengannya ke depan / kearah nosenya, dan didapati pitch kekanan. semoga bisa membantu.





