Setting Belt-CP
Moderators: Budiman, irsansaputra
- wanwan
- Airman First Class
- Posts: 94
- Joined: 02 Apr 2008, 18:02
- Location: Jakarta - Jogja
- Contact:
Setting Belt-CP
Haloo para suhu....dan teman2 senior semua...
mohon pencerahannya...
Belt-cp saya setiap kali mau hover selalu mau geser kekiri terus....
tapi kalo saya tambahin pitchnya ke kanan pas mau terbang miring ke kanan..
apa itu memang karakter belt-cp ato gimana yah...(maklum pemula)
terus kalo mau dirubah settingan yang mana yang harus saya rubah.
mohon diberi pencerahan.....saya memakai tx JR.
thank's
mohon pencerahannya...
Belt-cp saya setiap kali mau hover selalu mau geser kekiri terus....
tapi kalo saya tambahin pitchnya ke kanan pas mau terbang miring ke kanan..
apa itu memang karakter belt-cp ato gimana yah...(maklum pemula)
terus kalo mau dirubah settingan yang mana yang harus saya rubah.
mohon diberi pencerahan.....saya memakai tx JR.
thank's
- dedy_r450
- Captain
- Posts: 1626
- Joined: 28 Nov 2007, 18:56
- Location: Cibinong
- Contact:
Re: Setting Belt-CP
wanwan wrote:Haloo para suhu....dan teman2 senior semua...
mohon pencerahannya...
Belt-cp saya setiap kali mau hover selalu mau geser kekiri terus....
tapi kalo saya tambahin pitchnya ke kanan pas mau terbang miring ke kanan..
apa itu memang karakter belt-cp ato gimana yah...(maklum pemula)
terus kalo mau dirubah settingan yang mana yang harus saya rubah.
mohon diberi pencerahan.....saya memakai tx JR.
thank's
Mungkin menurut saya,.. ya karakter heli begitu mas,.. kalau dia geser ke kiri,.. ya aileron harus diimbangin ke kekanan secukupnya.. Klo setelah terbang dia kekanan, ya aileron di oyang lagi ke kiri secukupnya,.. begitu seterusnya.. tinggal latihan jempolnya aja mas..
BTW maksudnya di tambahain pitchnya ke kanan itu maksudnya gmn to?
- winner
- trainee
- Posts: 12
- Joined: 09 Nov 2007, 09:33
- Location: BIAK-PAPUA
- eja
- Technical Sergeant
- Posts: 308
- Joined: 17 Dec 2007, 22:33
- Location: cibubur
- Contact:
- budi.santoso
- Senior Master Sergeant
- Posts: 506
- Joined: 09 Jul 2007, 23:25
- Location: Jakarta
- Contact:
Re: Setting Belt-CP
dedy_r450 wrote:wanwan wrote:Haloo para suhu....dan teman2 senior semua...
mohon pencerahannya...
Belt-cp saya setiap kali mau hover selalu mau geser kekiri terus....
tapi kalo saya tambahin pitchnya ke kanan pas mau terbang miring ke kanan..
apa itu memang karakter belt-cp ato gimana yah...(maklum pemula)
terus kalo mau dirubah settingan yang mana yang harus saya rubah.
mohon diberi pencerahan.....saya memakai tx JR.
thank's
Mungkin menurut saya,.. ya karakter heli begitu mas,.. kalau dia geser ke kiri,.. ya aileron harus diimbangin ke kekanan secukupnya.. Klo setelah terbang dia kekanan, ya aileron di oyang lagi ke kiri secukupnya,.. begitu seterusnya.. tinggal latihan jempolnya aja mas..
BTW maksudnya di tambahain pitchnya ke kanan itu maksudnya gmn to?
Nah lho !

- ronald
- trainee
- Posts: 20
- Joined: 21 Oct 2007, 14:11
- Location: Kalimantan Tengah
Salam kenal mas wanwan.
Saya juga pemula dan baru belajar hover. menurut saya emang begitu karakter heli mas, semakin ragu2 kita take off, heli akan terus drag ke kiri (meskipun cyclic dalam keadaan sejajar semua/level), jgn ragu klo mo take off, counter kekanan secukupnya, klo dah take off sekitar 1 meteran heli akan lebih tenang, karena pengaruh pantulan angin dari baling2 sdh menghilang.
Buat para suhu, mohon pencerahan juga klo ada yang salah, maklum masih pemula.
Thx
Saya juga pemula dan baru belajar hover. menurut saya emang begitu karakter heli mas, semakin ragu2 kita take off, heli akan terus drag ke kiri (meskipun cyclic dalam keadaan sejajar semua/level), jgn ragu klo mo take off, counter kekanan secukupnya, klo dah take off sekitar 1 meteran heli akan lebih tenang, karena pengaruh pantulan angin dari baling2 sdh menghilang.
Buat para suhu, mohon pencerahan juga klo ada yang salah, maklum masih pemula.
Thx
- unhunt
- Airman First Class
- Posts: 69
- Joined: 31 Oct 2007, 19:23
- Location: Banda Aceh
- Contact:
aduh kayanya gak gitu deh...kalo menurut saya awal2 belt cp karena kita nyeting swash plate tidak presisi coba set ulang mulai dari setibg blade tracking lalu gunakan pitch gauge. gunakan idel normal aja jangan terlalu besar 0 25 50 100 pada tx tapi set dulu blade tracking dan swash plate kemiringannya serta gyro ...untuk meminimalisir ke gagalan labih baik cek ulang seluruhnya lebih baik..belt cp karakternya lebih lemah di main shaft terkena sikit aja jatuh bisa langsung bengkok...lebih baik pake trainer landing kit yang ada bola pingpong di bawah nya agar lebih aman.....mohon suhu yang lain bisa ikut membantu kawan kita ini....caiyo bravo bung
- ronald
- trainee
- Posts: 20
- Joined: 21 Oct 2007, 14:11
- Location: Kalimantan Tengah
unhunt wrote:aduh kayanya gak gitu deh...kalo menurut saya awal2 belt cp karena kita nyeting swash plate tidak presisi coba set ulang mulai dari setibg blade tracking lalu gunakan pitch gauge. gunakan idel normal aja jangan terlalu besar 0 25 50 100 pada tx tapi set dulu blade tracking dan swash plate kemiringannya serta gyro ...untuk meminimalisir ke gagalan labih baik cek ulang seluruhnya lebih baik..belt cp karakternya lebih lemah di main shaft terkena sikit aja jatuh bisa langsung bengkok...lebih baik pake trainer landing kit yang ada bola pingpong di bawah nya agar lebih aman.....mohon suhu yang lain bisa ikut membantu kawan kita ini....caiyo bravo bung
Pengalaman saya belajar setting dan hover secara otodidak dan nekat (tidak ada pendamping yang sdh ahli karena memang tidak ada yang hobby aeromodelling di tempat saya). Ketika mulai hover +/- 1cm dari ground, heli selalu agak drag kekiri, jika di counter menggunakan trim ke kanan malah cenderung drag ke kanan, akhirnya saya beranikan tuk hover agak tinggi +/- 1m baru hei tenang dan level. Itu pengalaman saya, mohon pencerahan para suhu mungkin setting heli saya yang blm bener.
Thx
- wanwan
- Airman First Class
- Posts: 94
- Joined: 02 Apr 2008, 18:02
- Location: Jakarta - Jogja
- Contact:
Wah terimakasih banyak buat semua...atas pencerahannya
kalau begitu saya sudah tidak kuatir dengan heli saya (cuma kuatir dengan jempol saya sekarang)
dan bisa disimpulkan TIDAK PERLU mengubah setting heli/radio tetapi JEMPOL dan NYALI.(kalo salah mohon direvisi, sekali lagi maklum pemula)
Kayaknya saya perlu banyak minum obat jemPOLDAN MIX serta jamu NYALIan singset nih.....he he he...
BTW, mungkin ada tips atau (cara cepat dan mudah belajar heli) mohon sarannya,karen itu sangat bermanfaat bagi saya.
Buat para suhu dan senior serta teman-teman sekali lagi terimakasih..dan mohon bimbingannya.
kalau begitu saya sudah tidak kuatir dengan heli saya (cuma kuatir dengan jempol saya sekarang)
dan bisa disimpulkan TIDAK PERLU mengubah setting heli/radio tetapi JEMPOL dan NYALI.(kalo salah mohon direvisi, sekali lagi maklum pemula)
Kayaknya saya perlu banyak minum obat jemPOLDAN MIX serta jamu NYALIan singset nih.....he he he...
BTW, mungkin ada tips atau (cara cepat dan mudah belajar heli) mohon sarannya,karen itu sangat bermanfaat bagi saya.
Buat para suhu dan senior serta teman-teman sekali lagi terimakasih..dan mohon bimbingannya.