Kebetulan Desember 2011 lalu tertarik aeromodelling, setelah belajar di simulator akhirnya nubie memutuskan beli skyartec cessna 182 (almarhum setelah kena gusting di lapangan commcen Total E&P) Balikpapan. Karena beli ARF nubie pun mencoba sambungin semua kabel ESC dan servo ke RX (kebetulan demi masa depan yg terjamin dan harga yg masuk akal buat belajaran beli Futaba T6J untuk belajar simulator dulu jadi klo mau beli/bikin pesawat bisa yg ada flap & landing gearnya jg). Sayang karena kurang hati-hati dan tidak membaca buku panduan dengan baik (soalnya tx-rxnya beda ama yg di buku cessna) jadi ga pake baca langsung sambung. TX throttle posisi di bawah (jadi throttle warning bawaan tx ga bunyi) pas nyambung batere ada bunyi tulit-tulit (kirain proses nyambung komplit dan led rx berwarna hijau.....coba rudder, aileron, elevator semua jalan....bunyi tulit-tulit masih sering terdengar......pas tes throttle naikin dikit...ga ada reaksi.....full throttle (yg notabene ternyata malah close throttle) ga ada reaksi.......bencana terjadi ketika nubie mengembalikan throttle ke posisi close (yg notabene malah ternyata open full) pesawat langsung bergerak reflek nubie teken tobol cut off (yg syukur alhamdulilah nubie set ke ESC jadi motor langsung stop) tidak ada manusia yg tersakiti hanya sayap penyok dikit dan dimarahin istri.
Inti cerita adalah selalu baca buku panduan yg ada pada kit pesawat, karena kadang ada beberapa channel yg harus di set terbalik.....dan tidak semua pesawat sama
Pengalaman berharga om, dan terima kasih sudah mau sharing disini. Seperti yang Suhu Dedy sampaikan, karena memang Futaba negative shift (dan kebetulan jarang kena giliran malam ) maka chanel 3 ( biasanya throttle ada di sini untuk Futaba radio) di reverse dulu. Sebagai kelanjutan sharing apakah sudah direverse chanel ini pak.
Negatif shift? Maksudnya apa om, mohon penjelasan. Saya kalau lagi nyoba hidupin pertama kali, pesawat harus dipegangi, antisipasi throtle tidak pas. Dites naik turun throtle pelan2, jangan sampai full, kalau sudah ketahuan full dan close throtle-nya baru diset di remot.
saya juga pernah punya pengalaman seperti ini dengan salah satu pesawat elektrik tsaya....tapi saya sudah antisipasi, jadi saya cek dulu...ternyata saat stick throttlenya di gerakkan keatas, nggak ada reaksi, yang ada justru cut throttle malah berakselerasi....jadi dari remotenya saya set REV untuk channel 3 nya, dan clear deh....
dedy_r450 wrote:biasa terjadi di radio2 yg negatif shift ya,.... bersyukurlah ane pake JR (+ shift)
numpang nanya skalian y om, klo tx sy biasax teriak klo throttle ato idle nya aktif. apakah sistem spt ini mksd klasifikasi -/+ shift om . nah tmsk klas manakh tx saya ..? salam,