
dari sana mulai deh di artikan sehingga muncul teori gini
sebelum ber

yang perlu ditentukan
1. kv motor
2. volt batre.
3. jenis propeler
4. efisiensi nya juga berapa (70%)
Asumsi: efisiensi putaran motor 70%
Kv : 1600
V (saat dibeban): 10 V
Propeller : 7 x6
Dimana 7 adalah panjang prop dan 6 adalah pich
Konversi dengan
http://id.bestconverter.org/
dari satuan semula inc ke m (1 inci [in] = 0.0254 meter [m])
didapat
ukuran propeller : 0.1778 x 0.1524
Efisiensi propeller : 70%
Rho (udara): 1.2 kg/m^3
1. Tentukan RPM motor (dianggap tidak terjadi penurunan rpm karena beban propeler)
n = KV x V x efisiensi motor
ket:
n : rpm
V : volt
Maka didapat
V = 1600 x 10 x 70%
V =11200rpm
Ubak kedalam put/ menit dengan dibagi 60
n = 11200/60
n = 186.6 put/s
2. Tentukan kec udara
V1 = pich x n x efisiensi
Dimana
V1= 186.6 put/s x 0.1524 m x 70 %
V1 = 19.9136 m/s
Vp menurut nasa
Vp= 0.5 x (vo + v1) karena asumsi v0 adalah 0 atau static maka
Vp = 0.5 V1
Vp =0. 5 x 19.9136m/s
Vp = 9.9568 m/s
3. Tentukan mass flow
m = rho x A x Vp
m = rho x phi/4 x d ^2 x Vp
dimana
m = mass flow
rho = masa jenis udara
A = luas penampang
Phi = 3.14
d = panjang prop
maka
m = 1.2 x 3.14 /4 x 0.1778^2 x 9.9568
m = 0.2971739186304
4. Trush atau F
F = m x V1
m = mass flow
V1= kec aliran
F = 0.2971739186304 kg/s x 19.9136 m/s
F= 5.91780254603833344 kg m/s^2
tanks suhu uding