Cara Konversikan ke Glow/Gas version Sebart 50E

Tutorial mengenai gerakan2 manuver pesawat RC

Moderators: su-31, DIMAS

User avatar
farhanalfarisi
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 630
Joined: 01 Aug 2011, 16:15
Location: Bogor,Indonesia
Contact:

Cara Konversikan ke Glow/Gas version Sebart 50E

Post by farhanalfarisi »

Permisi Suhu-suhu Gaero...
Berhubung saya pecinta berat pesawat engine ,elektrik juga sih tapi ga pernah main pesawat elektrik yang menggunakan batre lebih dari 4 Sell . Dan dilapangan banyak suhu-suhu yang make produk-produk sebart ,kyk Angel 30E, Shark ,Wind 110E Dll . Maka jatuh hati lah saya pada produk produk Sebart tersebut .alhasil terpilihlah Sebart Wind 50E .

Speknya:
Yellow/Black version
Wing Span: 158 cm
Lenght: 170 cm
Wing Area:62 dm2
Weight: 2.300 g. RTF less battery
Radio: 6 Ch. with 3 standard servos and 2 mini servos for elevators

Recomm. power set up:
Motor: Hacker A50-16S
ESC: Hacker Master Basic 70A ESC SB
Battery: Top Fuel 3800-6S or 4500-6S
Propeller: APC 16x10E or 16x12E
Image



Dari Speknya Pake Batre 6 Sell ,ESC Sekitar 70 Ampere .sesuai keterangan, saya ga pernah mainin pesawat lebih dari 4 sell . Karena , bagi saya beli batre 6 Sell Mahal , ESCnya Mahal ,kalau batre abis diLapangan harus ngecharge dulu dan lama , meskipun udah Difast-in . Seengganya minimal punya 2 atau 3 batre . Beli 3 batre 6 sell ? atau 6 Batre 3 sell (Diseri in) ? Menurut Saya engga deh , mahal bagi saya . Soalnya bagi saya anak Smp, harus cermat dan pandai dalam pembagian dan penghematan uang yang telah diberikan orang tua . :htg ..

dan ketika beli pesawat ,ditawarkan harga yang menggiurkan dengan Motor Infinite 370KV ,2 Esc Aileron dan 1 Esc Rudder. jadinya kebeli juga tuh part Elektrik :nw .

Beda dengan masin engine,fuel habis Isi lagi . Begitu seterusnya (Kalau enginenya ga ngadat) .

TAPI ....
Ada yang ingin saya tanyakan terlebih dahulu seputar engine/elektrik pada pesawat pattern

1.Menurut Pendapat Suhu-suhu ,Pesawat Pattern itu lebih baik menggunakan engine /Elektrik ? (Konsultasi dilapangan)
2.Kelebihan penggunaan engine/elektrik pada pesawat Pattern apa ? (Konsultasi dilapangan)
3.Apa itu ESC OPTO ? Bedanya dengan yang ESC biasa apa ? (Terjawab)
4.Kalau Pake engine nitro ,pakenya ukuran berapa ? (Terjawab)
5.kalau pake engine Gasoline ,pakenya yang apa ? (Terjawab)
6.Kalau menggunakannya pake batre 3 Sell x 2 Biji ,apa ada perbedaannya dengan make batre 6 sell langsung? (Terjawab)
7.Kalau pake batre 3 sell 2200mAh + 3 sell 1300 mAh ,apa nanti setelah diseriin jadi total mili amperenya 3500 ? atau bagaimana ? (Terjawab)
8. Dan 1 Lagi , :thx saya ada engine magnum nganggur ,bisa dipake ngga ya ? Ukuran 120 4 stroke (Konsultasi dilapangan)



Sebelumnya mohon maaf sekali,kalau pertanyaan saya terlalu banyak . karena saya orangnya bawel ,dan sering nanya-nanya , dari pada Kesusahan dikemudian hari .

Malu Bertanya ,sesat Dijalan .

Terimakasih Banyak
:thx :pis
Last edited by farhanalfarisi on 05 Jun 2012, 07:28, edited 5 times in total.
User avatar
farhanalfarisi
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 630
Joined: 01 Aug 2011, 16:15
Location: Bogor,Indonesia
Contact:

Re: Cara Konversikan ke Glow/Gas version

Post by farhanalfarisi »

Sebart Wind 50E
Image

Dapur Pacu...
Image


:thx :thx
Last edited by farhanalfarisi on 03 Jun 2012, 17:38, edited 1 time in total.
User avatar
farhanalfarisi
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 630
Joined: 01 Aug 2011, 16:15
Location: Bogor,Indonesia
Contact:

Re: Cara Konversikan ke Glow/Gas version

Post by farhanalfarisi »

Rx,Posisi batre Dll
Image

Sponsored By: :gg
Image
:thx :thx
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9769
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Re: Cara Konversikan ke Glow/Gas version Sebart 50E

Post by iwan21 »

farhanalfarisi wrote:
3.Apa itu ESC OPTO ? Bedanya dengan yang ESC biasa apa ?
6.Kalau menggunakannya pake batre 3 Sell x 2 Biji ,apa ada perbedaannya dengan make batre 6 sell langsung?
7.Kalau pake batre 3 sell 2200mAh + 3 sell 1300 mAh ,apa nanti setelah diseriin jadi total mili amperenya 3500 ? atau bagaimana ?
Terimakasih Banyak
:thx :pis



Saya coba bantu yg ini aja, lainnya saya kurang faham
3. ESC opto artinya ESC ya gak ada BEC nya, jadi mesti menggunakan BEC/UBEC external/terpisah, ESC diatas 50 amp umunya sudah opto/non BEC

6, gak ada beda selama kapasitas dn C batere sama , baik yg 3s x2 atau langsung 6s, paling2 beda beratnya aja

7. Batere dg kapasitas beda gak bisa digabung, baik diseri ( 3sx2 jadi 6s1p) atau diparallel jadi 3s2p
Yg farhan tulis diatas itu adalah hitungan utk batere parallel (dari 3s1p jadi 3s2p), dimana kapasitas total merupakan jumlahan dari kapasitas masing2 batere dg tegangan tetep 3s
kalo batere diseri (masing2 3s1p jadi 6s1p), kapasiats batere gak bertambah tapi tegangan batere yg bertambah
User avatar
botakkeramat
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 108
Joined: 18 May 2010, 18:34
Location: SUKAWATI, BALI

Re: Cara Konversikan ke Glow/Gas version Sebart 50E

Post by botakkeramat »

wahh, kalo menurut saya ini pesawat lumayan ringan ya ?, dengan spec segitu :ngl
coba pake gasser 15cc aja om farhan, thrust weight ratio (kata orang sih gitu :mwr ) kan jadi lebih besar thrustnya buat jaga2
mahap kalo salah ngomong suhu2 skalian :thx
User avatar
unding
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 885
Joined: 24 Mar 2011, 22:39
Location: Makassar
Contact:

Re: Cara Konversikan ke Glow/Gas version Sebart 50E

Post by unding »

Spec motor
A50-16S
Peak Watts: 1700
kV(RPM/V):378
Diameter: 1.92 in
Length: 2.05in
Weight:12.32 oz = 350 gram

Batterei
Spec.
Capacity: 4500mAh
Voltage: 6S1P / 6S Cell / 22.2V
Discharge: 35C Constant / 70C Burst
Weight: 676g (including wire, plug & case)
Berat motor + batt. = 1000 gram

Engine glow
OS 75AX ABL
SPECIFICATIONS:
Stock Number: OSMG0575
Displacement: 0.75 cu in (12.3 cc)
Bore: 1.02 in (25.8 mm)
Stroke: 0.93 in (23.5 mm)
Practical rpm: 2,000-16,000
Output: 2.37 hp (1700 watt) @ 15,000 rpm
Weight:
20.39 oz (578g) w/o muffler
26.46 oz (750g) w/ muffler
Includes: glow plug, Power Box E-4040 muffler
Recommended Props: 14x6, 14x8, 15x7
Berat engine + Fuel (250 cc) = 1000 gram


Engine gasolin
RCGF 15cc Petrol/Gas Engine for Airplane
Type : 2 cycle piston valve type gasoline engine for airplane
Displacement (cc) : 15cc
Bore x Stroke (mm): 29mm*26mm
Carburetor : Walbro Pump(made in Japan) & Made in China (Diaphragm butterfly valve type)
Ignition : DC-CDI (Computer Controlled auto advance, electronic ignition system)
Power supply: 4.8-6V
Maximum Output : 2.1 hp/1.54KW
speed rang : 1500-15000rpm
Gasoline-Version : Pre-mixed Fuel, 25-40 (Gasoline):1 (recommended : 30:1)
(90% high otcane unleaded gasoline, Import gas into carbon fiber installations valves)
Lubrication Oil : 2 cycle engine oil
Propeller : 15*8 8000 rpm; 13*8 10000rpm (Standard Two leafs prop)
recommended props 13 x 6, 14 x6,13X8,15X8,15X6
recommended Airplane: 60 size plane,50 size plane,40 size plane
Cooling System : Air Cooled
Packing Weight :
N.W. (Including ignition and muffler ): 825 gram
Berat engine + Fuel (200 cc) = 1000 gram
User avatar
farhanalfarisi
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 630
Joined: 01 Aug 2011, 16:15
Location: Bogor,Indonesia
Contact:

Re: Cara Konversikan ke Glow/Gas version Sebart 50E

Post by farhanalfarisi »

iwan21 wrote:
farhanalfarisi wrote:
3.Apa itu ESC OPTO ? Bedanya dengan yang ESC biasa apa ?
6.Kalau menggunakannya pake batre 3 Sell x 2 Biji ,apa ada perbedaannya dengan make batre 6 sell langsung?
7.Kalau pake batre 3 sell 2200mAh + 3 sell 1300 mAh ,apa nanti setelah diseriin jadi total mili amperenya 3500 ? atau bagaimana ?
Terimakasih Banyak
:thx :pis



Saya coba bantu yg ini aja, lainnya saya kurang faham
3. ESC opto artinya ESC ya gak ada BEC nya, jadi mesti menggunakan BEC/UBEC external/terpisah, ESC diatas 50 amp umunya sudah opto/non BEC

6, gak ada beda selama kapasitas dn C batere sama , baik yg 3s x2 atau langsung 6s, paling2 beda beratnya aja

7. Batere dg kapasitas beda gak bisa digabung, baik diseri ( 3sx2 jadi 6s1p) atau diparallel jadi 3s2p
Yg farhan tulis diatas itu adalah hitungan utk batere parallel (dari 3s1p jadi 3s2p), dimana kapasitas total merupakan jumlahan dari kapasitas masing2 batere dg tegangan tetep 3s
kalo batere diseri (masing2 3s1p jadi 6s1p), kapasiats batere gak bertambah tapi tegangan batere yg bertambah


3. Untuk ESC Opto itu katanya harus pakai batrei tambahan saja ya pak? karena cuman buat gerakin motor pak? jadi tambahan batrenya kyk 4,8 V Nicd ,betul pak?
6. Terjawab Oleh Suhu Pak Iwan,Terimakasih banyak :thx
7.Maksudnya seperti ini bukan pak :
3s 3000 mAh x 2 = 6 sell 3000 mAh ?

'' baik diseri ( 3sx2 jadi 6s1p) atau diparallel jadi 3s2p" . Saya kurang faham arti 6S1P 3s2p itu apa pak ? dan sya juga belum dapat intinya :pyg :thx

Terimaksih banyak pak
User avatar
farhanalfarisi
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 630
Joined: 01 Aug 2011, 16:15
Location: Bogor,Indonesia
Contact:

Re: Cara Konversikan ke Glow/Gas version Sebart 50E

Post by farhanalfarisi »

unding wrote:Spec motor
A50-16S
Peak Watts: 1700
kV(RPM/V):378
Diameter: 1.92 in
Length: 2.05in
Weight:12.32 oz = 350 gram

Batterei
Spec.
Capacity: 4500mAh
Voltage: 6S1P / 6S Cell / 22.2V
Discharge: 35C Constant / 70C Burst
Weight: 676g (including wire, plug & case)
Berat motor + batt. = 1000 gram

Engine glow
OS 75AX ABL
SPECIFICATIONS:
Stock Number: OSMG0575
Displacement: 0.75 cu in (12.3 cc)
Bore: 1.02 in (25.8 mm)
Stroke: 0.93 in (23.5 mm)
Practical rpm: 2,000-16,000
Output: 2.37 hp (1700 watt) @ 15,000 rpm
Weight:
20.39 oz (578g) w/o muffler
26.46 oz (750g) w/ muffler
Includes: glow plug, Power Box E-4040 muffler
Recommended Props: 14x6, 14x8, 15x7
Berat engine + Fuel (250 cc) = 1000 gram


Engine gasolin
RCGF 15cc Petrol/Gas Engine for Airplane
Type : 2 cycle piston valve type gasoline engine for airplane
Displacement (cc) : 15cc
Bore x Stroke (mm): 29mm*26mm
Carburetor : Walbro Pump(made in Japan) & Made in China (Diaphragm butterfly valve type)
Ignition : DC-CDI (Computer Controlled auto advance, electronic ignition system)
Power supply: 4.8-6V
Maximum Output : 2.1 hp/1.54KW
speed rang : 1500-15000rpm
Gasoline-Version : Pre-mixed Fuel, 25-40 (Gasoline):1 (recommended : 30:1)
(90% high otcane unleaded gasoline, Import gas into carbon fiber installations valves)
Lubrication Oil : 2 cycle engine oil
Propeller : 15*8 8000 rpm; 13*8 10000rpm (Standard Two leafs prop)
recommended props 13 x 6, 14 x6,13X8,15X8,15X6
recommended Airplane: 60 size plane,50 size plane,40 size plane
Cooling System : Air Cooled
Packing Weight :
N.W. (Including ignition and muffler ): 825 gram
Berat engine + Fuel (200 cc) = 1000 gram



Wah Makasih Banyak Suhu Pak Unding .
tapi ,kalau buat engine nitronya pake 250 cc Fuel tanknya Pas atau tidak ya ? kalau pake yg 450 cc ?

lalu bedanya kalau kita pake engie 120 2 stroke sama 120 4 stroke apa pak ? apa volume nya sama juga ? sekitar 20ccan ?

Terimakasih
User avatar
farhanalfarisi
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 630
Joined: 01 Aug 2011, 16:15
Location: Bogor,Indonesia
Contact:

Re: Cara Konversikan ke Glow/Gas version Sebart 50E

Post by farhanalfarisi »

botakkeramat wrote:wahh, kalo menurut saya ini pesawat lumayan ringan ya ?, dengan spec segitu :ngl
coba pake gasser 15cc aja om farhan, thrust weight ratio (kata orang sih gitu :mwr ) kan jadi lebih besar thrustnya buat jaga2
mahap kalo salah ngomong suhu2 skalian


Hehehe,kan ada engine nganggur om . lumayan bisa dipake . dari pada beli lagi :htg :pyg :ha3
User avatar
farhanalfarisi
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 630
Joined: 01 Aug 2011, 16:15
Location: Bogor,Indonesia
Contact:

Re: Cara Konversikan ke Glow/Gas version Sebart 50E

Post by farhanalfarisi »

Ayo ,suhu-suhu gaero . turun gunung dong ... :hl :doa :wk3 :pis
Post Reply