Convert elektrik to nitro
Moderator: Arya m 1991
- sulistio
- Senior Airman
- Posts: 105
- Joined: 12 Apr 2009, 20:39
Convert elektrik to nitro
Gara gara hk susah mengirim batere ada rencana mau mengkonversi pesawat elektrik ke nitro.
Pesawat yang digunakan zlin 25e dgn spesifikasi :
Wingspan: 1194mm
Length: 1011mm
Dry Weight: 618g
Flying Weight: 1180g
Wing Area: 25.5dm2
Apa dengan menggunakan engine asp hornet 0.15 two stroke glow power dgn spesifikasi.
Spec.
Displacement: 0.15
Bore: 15.50mm
Stroke: 12.00mm
Suggested prop: 8*4
RPM: 2,500 ~ 18,000
Weight: 150g
Apa dengan engine ini cukup untuk dibuat akrobatik n over power.
Selama ini saya memakai motor os 1200 kv dgn batre 3 cell 3300 mah.
Pesawat yang digunakan zlin 25e dgn spesifikasi :
Wingspan: 1194mm
Length: 1011mm
Dry Weight: 618g
Flying Weight: 1180g
Wing Area: 25.5dm2
Apa dengan menggunakan engine asp hornet 0.15 two stroke glow power dgn spesifikasi.
Spec.
Displacement: 0.15
Bore: 15.50mm
Stroke: 12.00mm
Suggested prop: 8*4
RPM: 2,500 ~ 18,000
Weight: 150g
Apa dengan engine ini cukup untuk dibuat akrobatik n over power.
Selama ini saya memakai motor os 1200 kv dgn batre 3 cell 3300 mah.
- KBSantoso
- First Lieutenant
- Posts: 1441
- Joined: 09 May 2010, 21:56
- Location: Semarang
- Contact:
Re: Convert elektrik to nitro
Kalo dari kelas pesawatnya 25e, bukannya minimal pakai engine 25 om Sulistio?
Maaf kalo pendapat saya keliru, mungkin suhu2 engine bisa membantu.
Maaf kalo pendapat saya keliru, mungkin suhu2 engine bisa membantu.
- opikandy
- Senior Airman
- Posts: 177
- Joined: 23 Dec 2011, 21:56
- Location: Banda Aceh - Surabaya
Re: Convert elektrik to nitro
saya setuju dengan om KBSantoso
apabila pesawat class 25 dipasang ap hornet .15 jadinya malah low power om
apabila pesawat elektrik kita pasang engine maka berat akan bertambah, beda dengan ketika kita pakai batre yang lebih ringan di beratnya
apabila mau dipake untuk terbang 3d / akrobatik lebih enak lagi kalau dipasang engine 4 stroke, karena memiliki propeller yang diameternya lebih besar, jadi lebih enak dibuat untuk manuver
jangan lupa untuk menimbang pesawat dengan angine lengkap dengan fuel tank penuh, kemudian dibandingkan dengan trust yang dihasilkan dari putaran engine tersebut, sehingga hasil sesuai dengan yang diharapkan
salam
apabila pesawat class 25 dipasang ap hornet .15 jadinya malah low power om
apabila pesawat elektrik kita pasang engine maka berat akan bertambah, beda dengan ketika kita pakai batre yang lebih ringan di beratnya
apabila mau dipake untuk terbang 3d / akrobatik lebih enak lagi kalau dipasang engine 4 stroke, karena memiliki propeller yang diameternya lebih besar, jadi lebih enak dibuat untuk manuver
jangan lupa untuk menimbang pesawat dengan angine lengkap dengan fuel tank penuh, kemudian dibandingkan dengan trust yang dihasilkan dari putaran engine tersebut, sehingga hasil sesuai dengan yang diharapkan
salam
- antokrose
- Senior Master Sergeant
- Posts: 695
- Joined: 15 Jun 2011, 14:18
- Location: candi - sidoarjo
Re: Convert elektrik to nitro
ikut sharing om
saya pernah convert cessna xl ws 1400mm product fms dengan asp.21 enak juga terbangnya dan cherokee product hobbyking yang specnya harus pakai electric aku pasangin asp.61 sampai sekarang masih terbang
saya pernah convert cessna xl ws 1400mm product fms dengan asp.21 enak juga terbangnya dan cherokee product hobbyking yang specnya harus pakai electric aku pasangin asp.61 sampai sekarang masih terbang
- Arya m 1991
- Master Sergeant
- Posts: 438
- Joined: 05 Nov 2012, 13:09
- Location: Bandung
Re: Convert elektrik to nitro
AP hornet 15 dg bobot 1180gr bisa aja terbang tp under power 
Pengalaman AP 15 dg bobot pesawat 900gr (trainer) prop 7x3 fuel FAI alias oplos 0% msh bisa terbang... wing span 110cm wing aera 24dm,
nah kalo sesuai standar pake prop 8x4 mungkin bisa aja ngangkat 1180gr wlw paspasan kalo pake nitro mungkin lbh kuat lg
Minimal ASP 21 deh hehehe

Pengalaman AP 15 dg bobot pesawat 900gr (trainer) prop 7x3 fuel FAI alias oplos 0% msh bisa terbang... wing span 110cm wing aera 24dm,
nah kalo sesuai standar pake prop 8x4 mungkin bisa aja ngangkat 1180gr wlw paspasan kalo pake nitro mungkin lbh kuat lg

Minimal ASP 21 deh hehehe
- sulistio
- Senior Airman
- Posts: 105
- Joined: 12 Apr 2009, 20:39
Re: Convert elektrik to nitro
Klo ap hornet di pake nitro 15 apa ada masalah.
Seandainya klo pesawat dengan spesifikasi
Wing Span : 39.5 in / 1000 mm
Wing Area : 282 sq in / 18.2 sq dm
Flying Weight : 28 oz / 790 g
Fuselage Length : 34.5 in / 880 mm
Apa ap hornet 15 bisa di buat ngebut.
Seandainya klo pesawat dengan spesifikasi
Wing Span : 39.5 in / 1000 mm
Wing Area : 282 sq in / 18.2 sq dm
Flying Weight : 28 oz / 790 g
Fuselage Length : 34.5 in / 880 mm
Apa ap hornet 15 bisa di buat ngebut.
- Arya m 1991
- Master Sergeant
- Posts: 438
- Joined: 05 Nov 2012, 13:09
- Location: Bandung
Re: Convert elektrik to nitro
sulistio wrote:Klo ap hornet di pake nitro 15 apa ada masalah.
Seandainya klo pesawat dengan spesifikasi
Wing Span : 39.5 in / 1000 mm
Wing Area : 282 sq in / 18.2 sq dm
Flying Weight : 28 oz / 790 g
Fuselage Length : 34.5 in / 880 mm
Apa ap hornet 15 bisa di buat ngebut.
Flying weight : 790 gr? Ky'y bisa om apa lg pake nitro,,,
Sy bikin stick almunium sayap coro bobot -/+ 800gr prop 7x4 fuel oplosan msh kerasa ngebut wktu gas poll, hmmm mungkin drag pesawat rendah jd kerasa ngebut hehehehe
Ikutin manual book aja om AP hornet 15 kn max prop 8x6, kalo mw ngebut pake itu aja utk keamanan sih 8x4

- opikandy
- Senior Airman
- Posts: 177
- Joined: 23 Dec 2011, 21:56
- Location: Banda Aceh - Surabaya
Re: Convert elektrik to nitro
sulistio wrote:Klo ap hornet di pake nitro 15 apa ada masalah.
apa maksudnya pakai methanol dengan kadar nitromethane 15% ya om?
Arya m 1991 wrote:Flying weight : 790 gr? Ky'y bisa om apa lg pake nitro,,,
Sy bikin stick almunium sayap coro bobot -/+ 800gr prop 7x4 fuel oplosan msh kerasa ngebut wktu gas poll, hmmm mungkin drag pesawat rendah jd kerasa ngebut hehehehe
Ikutin manual book aja om AP hornet 15 kn max prop 8x6, kalo mw ngebut pake itu aja utk keamanan sih 8x4
kalau dipake propeller yang saya tebalin pasti overheat om
dan apabila pesawat 3d dipake engine yang under power susah nanti mau dipake untuk manuver
salam
- Arya m 1991
- Master Sergeant
- Posts: 438
- Joined: 05 Nov 2012, 13:09
- Location: Bandung
Re: Convert elektrik to nitro
opikandy wrote:sulistio wrote:Klo ap hornet di pake nitro 15 apa ada masalah.
apa maksudnya pakai methanol dengan kadar nitromethane 15% ya om?Arya m 1991 wrote:Flying weight : 790 gr? Ky'y bisa om apa lg pake nitro,,,
Sy bikin stick almunium sayap coro bobot -/+ 800gr prop 7x4 fuel oplosan msh kerasa ngebut wktu gas poll, hmmm mungkin drag pesawat rendah jd kerasa ngebut hehehehe
Ikutin manual book aja om AP hornet 15 kn max prop 8x6, kalo mw ngebut pake itu aja utk keamanan sih 8x4
kalau dipake propeller yang saya tebalin pasti overheat om
dan apabila pesawat 3d dipake engine yang under power susah nanti mau dipake untuk manuver
salam
Mmg betul pasti over heat,, tp di manual tertulis jg 7x4, 7x5, 8x3, 8x4, 8x6 apa manual booknya salah cetak yaa sampe2 di tulis 8x6 hahaha
Bukannya engine kecil ga cocok buat 3D
- toto
- Brigadier General
- Posts: 3445
- Joined: 16 May 2007, 10:45
- Location: Cibinong
- Contact:
Re: Convert elektrik to nitro
Selamat pagi para suhu ... Maap OoT dikit mau tanya yang dimaksud dengan terbang 3D itu gerakannya yang kaya gimana ya ...
.... Kenapa kok enggak cocok pakai engine kecil .... Maap ya kalau tidak berkenan dengan pertanyaan saya ini maklum kan pengen ikutan belajar juga boleh kan karena kebetulan saya punya juga engine .15cu .... Terima kasih sebelumnya atas penjelasannya
Salam

Salam