Convert elektrik to nitro

Moderator: Arya m 1991

User avatar
sulistio
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 105
Joined: 12 Apr 2009, 20:39

Convert elektrik to nitro

Post by sulistio »

Gara gara hk susah mengirim batere ada rencana mau mengkonversi pesawat elektrik ke nitro.
Pesawat yang digunakan zlin 25e dgn spesifikasi :
Wingspan: 1194mm
Length: 1011mm
Dry Weight: 618g
Flying Weight: 1180g
Wing Area: 25.5dm2

Apa dengan menggunakan engine asp hornet 0.15 two stroke glow power dgn spesifikasi.
Spec.
Displacement: 0.15
Bore: 15.50mm
Stroke: 12.00mm
Suggested prop: 8*4
RPM: 2,500 ~ 18,000
Weight: 150g

Apa dengan engine ini cukup untuk dibuat akrobatik n over power.
Selama ini saya memakai motor os 1200 kv dgn batre 3 cell 3300 mah.
User avatar
KBSantoso
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1441
Joined: 09 May 2010, 21:56
Location: Semarang
Contact:

Re: Convert elektrik to nitro

Post by KBSantoso »

Kalo dari kelas pesawatnya 25e, bukannya minimal pakai engine 25 om Sulistio?
Maaf kalo pendapat saya keliru, mungkin suhu2 engine bisa membantu.
User avatar
opikandy
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 177
Joined: 23 Dec 2011, 21:56
Location: Banda Aceh - Surabaya

Re: Convert elektrik to nitro

Post by opikandy »

saya setuju dengan om KBSantoso

apabila pesawat class 25 dipasang ap hornet .15 jadinya malah low power om

apabila pesawat elektrik kita pasang engine maka berat akan bertambah, beda dengan ketika kita pakai batre yang lebih ringan di beratnya

apabila mau dipake untuk terbang 3d / akrobatik lebih enak lagi kalau dipasang engine 4 stroke, karena memiliki propeller yang diameternya lebih besar, jadi lebih enak dibuat untuk manuver

jangan lupa untuk menimbang pesawat dengan angine lengkap dengan fuel tank penuh, kemudian dibandingkan dengan trust yang dihasilkan dari putaran engine tersebut, sehingga hasil sesuai dengan yang diharapkan

salam
User avatar
antokrose
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 695
Joined: 15 Jun 2011, 14:18
Location: candi - sidoarjo

Re: Convert elektrik to nitro

Post by antokrose »

ikut sharing om
saya pernah convert cessna xl ws 1400mm product fms dengan asp.21 enak juga terbangnya dan cherokee product hobbyking yang specnya harus pakai electric aku pasangin asp.61 sampai sekarang masih terbang
User avatar
Arya m 1991
Master Sergeant
Master Sergeant
Posts: 438
Joined: 05 Nov 2012, 13:09
Location: Bandung

Re: Convert elektrik to nitro

Post by Arya m 1991 »

AP hornet 15 dg bobot 1180gr bisa aja terbang tp under power :D
Pengalaman AP 15 dg bobot pesawat 900gr (trainer) prop 7x3 fuel FAI alias oplos 0% msh bisa terbang... wing span 110cm wing aera 24dm,
nah kalo sesuai standar pake prop 8x4 mungkin bisa aja ngangkat 1180gr wlw paspasan kalo pake nitro mungkin lbh kuat lg :D
Minimal ASP 21 deh hehehe
User avatar
sulistio
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 105
Joined: 12 Apr 2009, 20:39

Re: Convert elektrik to nitro

Post by sulistio »

Klo ap hornet di pake nitro 15 apa ada masalah.
Seandainya klo pesawat dengan spesifikasi

Wing Span : 39.5 in / 1000 mm
Wing Area : 282 sq in / 18.2 sq dm
Flying Weight : 28 oz / 790 g
Fuselage Length : 34.5 in / 880 mm
Apa ap hornet 15 bisa di buat ngebut.
User avatar
Arya m 1991
Master Sergeant
Master Sergeant
Posts: 438
Joined: 05 Nov 2012, 13:09
Location: Bandung

Re: Convert elektrik to nitro

Post by Arya m 1991 »

sulistio wrote:Klo ap hornet di pake nitro 15 apa ada masalah.
Seandainya klo pesawat dengan spesifikasi

Wing Span : 39.5 in / 1000 mm
Wing Area : 282 sq in / 18.2 sq dm
Flying Weight : 28 oz / 790 g
Fuselage Length : 34.5 in / 880 mm
Apa ap hornet 15 bisa di buat ngebut.


Flying weight : 790 gr? Ky'y bisa om apa lg pake nitro,,,
Sy bikin stick almunium sayap coro bobot -/+ 800gr prop 7x4 fuel oplosan msh kerasa ngebut wktu gas poll, hmmm mungkin drag pesawat rendah jd kerasa ngebut hehehehe
Ikutin manual book aja om AP hornet 15 kn max prop 8x6, kalo mw ngebut pake itu aja utk keamanan sih 8x4 :D
User avatar
opikandy
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 177
Joined: 23 Dec 2011, 21:56
Location: Banda Aceh - Surabaya

Re: Convert elektrik to nitro

Post by opikandy »

sulistio wrote:Klo ap hornet di pake nitro 15 apa ada masalah.

apa maksudnya pakai methanol dengan kadar nitromethane 15% ya om?

Arya m 1991 wrote:Flying weight : 790 gr? Ky'y bisa om apa lg pake nitro,,,
Sy bikin stick almunium sayap coro bobot -/+ 800gr prop 7x4 fuel oplosan msh kerasa ngebut wktu gas poll, hmmm mungkin drag pesawat rendah jd kerasa ngebut hehehehe
Ikutin manual book aja om AP hornet 15 kn max prop 8x6, kalo mw ngebut pake itu aja utk keamanan sih 8x4 :D


kalau dipake propeller yang saya tebalin pasti overheat om
dan apabila pesawat 3d dipake engine yang under power susah nanti mau dipake untuk manuver

salam
User avatar
Arya m 1991
Master Sergeant
Master Sergeant
Posts: 438
Joined: 05 Nov 2012, 13:09
Location: Bandung

Re: Convert elektrik to nitro

Post by Arya m 1991 »

opikandy wrote:
sulistio wrote:Klo ap hornet di pake nitro 15 apa ada masalah.

apa maksudnya pakai methanol dengan kadar nitromethane 15% ya om?

Arya m 1991 wrote:Flying weight : 790 gr? Ky'y bisa om apa lg pake nitro,,,
Sy bikin stick almunium sayap coro bobot -/+ 800gr prop 7x4 fuel oplosan msh kerasa ngebut wktu gas poll, hmmm mungkin drag pesawat rendah jd kerasa ngebut hehehehe
Ikutin manual book aja om AP hornet 15 kn max prop 8x6, kalo mw ngebut pake itu aja utk keamanan sih 8x4 :D


kalau dipake propeller yang saya tebalin pasti overheat om
dan apabila pesawat 3d dipake engine yang under power susah nanti mau dipake untuk manuver

salam


Mmg betul pasti over heat,, tp di manual tertulis jg 7x4, 7x5, 8x3, 8x4, 8x6 apa manual booknya salah cetak yaa sampe2 di tulis 8x6 hahaha

Bukannya engine kecil ga cocok buat 3D
User avatar
toto
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 3445
Joined: 16 May 2007, 10:45
Location: Cibinong
Contact:

Re: Convert elektrik to nitro

Post by toto »

Selamat pagi para suhu ... Maap OoT dikit mau tanya yang dimaksud dengan terbang 3D itu gerakannya yang kaya gimana ya ... :hmm .... Kenapa kok enggak cocok pakai engine kecil .... Maap ya kalau tidak berkenan dengan pertanyaan saya ini maklum kan pengen ikutan belajar juga boleh kan karena kebetulan saya punya juga engine .15cu .... Terima kasih sebelumnya atas penjelasannya






Salam
Post Reply