gagal terbang, apa yang salah?

Tampilkan karya foamy plane Anda disini

Moderators: hery_s, joko

User avatar
nubitol
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 55
Joined: 01 Apr 2015, 16:28

gagal terbang, apa yang salah?

Post by nubitol »

Dear para suhu,
perkenalkan saya nubitol, belum pernah terbang dan belum pernah punya pesawat sebelumnya.
selama ini cuma main pake simulator HP dan PC (FMS)

Nah akhirnya saya mencoba menceburkan diri dengan "learn the hard way", saya tidak mau
cuma beli terus terbangin ... kurang puas gitu rasanya.

singkat cerita saya hasil browsing-browsing dan nonton video-video youtube saya mulai "merancang"
dan membuat pesawat sendiri, tapi sudah dua minggu gagal.

Minggu Lalu (20 Juni 2015)

Sebelum terbang:
    auw: -+ 520 grm
    wingspan: 150cm
    chord: 15cm
    battery: 1300mah 3S 1P
    motor: XXD 2212 Brushless Motor 930kv
    esc: ZTW AL30A Brushless ESC
    prop: 1045 Propeller
Image

Video:
:tmb :tmb :tmb



Hasilnya:
:mwk2 :mwk2
Image


Tadi Pagi (27 Juni 2015)

Dari reruntuhan pesawat minggu lalu, (yang selamat cuma sayap , hor stabs, vert stabs, electronics)
+ gabus balok (dijadikan fusulage) hasil mungut dari tong sampah depan toko elektronik di cinere pas pulang kerja :gg

Sebelum terbang:
    auw: -+ 560 grm
    wingspan: 150cm
    chord: 15cm
    battery: 1300mah 3S 1P
    motor: XXD 2212 Brushless Motor 930kv
    esc: ZTW AL30A Brushless ESC
    prop: 1045 Propeller
Image

Video:
:tmb :tmb :tmb



Pertanyaan saya:
    kira-kira salahnya dimana ya? menurut hitung-hitungan kan seharusnya dengan konfigurasi yang ada
    masih bisa terbang sampai dengan auw=700grm
    arah dorongan mesin lurus dengan mesin.
mohon saranya para suhu..... :doa

saat ini saya sedang berencana membeli motor lagi
1400KV dengan 8060 propellers atau
2200KV dengan 6035 propellers
apakah hal ini bisa menyelesaikan masalah saya?
User avatar
julescrafter
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 768
Joined: 08 Aug 2013, 10:24
Location: Gandul Cinere
Contact:

Re: gagal terbang, apa yang salah?

Post by julescrafter »

- Kalo liat di video kedua itu kayaknya tail heavy om.
- power justru cukup, karena walau tail heavy pesawat masih bisa terbang bukan karena lift sayap tapi karena dorongan motor ke atas,
- trus tepi sayap depan coba dibuat agak membulat agar tidak jadi drag.
- ukuran sayap ok sekali, dengan berat AUW cuma 500 gram, itu ringan sekali, masih bisa ngangkat sampai 1000 gram.

CG dibenerin pasti bisa terbang.
User avatar
nubitol
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 55
Joined: 01 Apr 2015, 16:28

Re: gagal terbang, apa yang salah?

Post by nubitol »

Thanks infonya mas Jules,


- Kalo liat di video kedua itu kayaknya tail heavy om.
- power justru cukup, karena walau tail heavy pesawat masih bisa terbang bukan karena lift sayap tapi karena dorongan motor ke atas,

Tapi itu mendongak karena saya full tarik elevatornya sepertinya,
Saya juga sudah full throttle, tapi pesawat tidak mau naik walaupun sudah mendongak begitu.
Jadi posisi mendongak , full throttle tetapi tetap saja turun.

Saya masih curiga di power :
bisa jadi ada masalah dengan motornya
atau batrenya yang tidak mengeluarkan energi full
atau sambungan kabelnya yang tidak bener (jadi daya listrik tidak efesien)

- ukuran sayap ok sekali, dengan berat AUW cuma 500 gram, itu ringan sekali, masih bisa ngangkat sampai 1000 gram.
Iya saya desainnya mau ke arah agak agak glider biar bisa slow , kan saya pemula belum pernah terbang sama sekali :hi3


- trus tepi sayap depan coba dibuat agak membulat agar tidak jadi drag.
iya mas, saya juga lihat leading edge nya lumaya tebel bikin drag lumayan besar juga
User avatar
jerrysim
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 167
Joined: 26 May 2013, 10:30
Location: Jakarta Timur

Re: gagal terbang, apa yang salah?

Post by jerrysim »

nubitol wrote:Thanks infonya mas Jules,


- Kalo liat di video kedua itu kayaknya tail heavy om.
- power justru cukup, karena walau tail heavy pesawat masih bisa terbang bukan karena lift sayap tapi karena dorongan motor ke atas,

Tapi itu mendongak karena saya full tarik elevatornya sepertinya,
Saya juga sudah full throttle, tapi pesawat tidak mau naik walaupun sudah mendongak begitu.
Jadi posisi mendongak , full throttle tetapi tetap saja turun.

Saya masih curiga di power :
bisa jadi ada masalah dengan motornya
atau batrenya yang tidak mengeluarkan energi full
atau sambungan kabelnya yang tidak bener (jadi daya listrik tidak efesien)

- ukuran sayap ok sekali, dengan berat AUW cuma 500 gram, itu ringan sekali, masih bisa ngangkat sampai 1000 gram.
Iya saya desainnya mau ke arah agak agak glider biar bisa slow , kan saya pemula belum pernah terbang sama sekali :hi3

Iya itu, mas nubitol elevator up, tapi pesawat masih terbang, berarti power-nya cukup.
Nampaknya masalah di hambatan.
Ingat 4 gaya yg bekerja pd pesawat.
Thrust, Drag, Lift & Gravitasi
Kalau Thrust udah ok, tinggal drg & lift, dan dalam hal sayap untuk bisa menghasilkan lift yg cukup bukan hanya lebarnya, tapi bentuk airfoilnya. Spt saran om Jules, coba airfoilnya dihaluskan lagi supaya bukannya kasih lift yg baik, tapi malah jadi biang kerok drag. (CMIIW)

nubitol wrote:- trus tepi sayap depan coba dibuat agak membulat agar tidak jadi drag.
iya mas, saya juga lihat leading edge nya lumaya tebel bikin drag lumayan besar juga


Memang banyak sumber drag tuh di pesawatnya, coba di halus2in lagi deh mas.
Kalau dia berhasil gliding cukup jauh berarti sudah semakin bagus.
User avatar
eki_sianto
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 166
Joined: 26 Dec 2012, 11:42
Location: Medan-Jambi-Sampit
Contact:

Re: gagal terbang, apa yang salah?

Post by eki_sianto »

Setuju dengan para suhu di atas.. dari video ke 2 sepertinya memang Tail Heavy sama seperti yang di kemukakan oleh om Jul dan Om Jery...

mungkin bisa di coba, dari pengalaman saya, saya biasa ambil patokan CG di 25 - 30% choord from Leading Edge om, hal ini sesuai dengan arahan dari para senior-senior kita.. :gg dan saran yang lain agar pesawat lebih aerodinamis coba Leading Edge dibuat seperti tetes air, cuma yang bagian bawahnya rata dan bagian atas nya cembung, hal ini jg mengurangi nilai drag nya (gaya gesek)

maaf kalo salah mohon di luruskaan ya Suhu... :doa
User avatar
hilmiskydiver
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 570
Joined: 30 Dec 2011, 09:50
Location: Palembang, Depok, Nganjuk, Kediri
Contact:

Re: gagal terbang, apa yang salah?

Post by hilmiskydiver »

Sedikit tambahan
Kyknya lapangan kurang luas, akibatnya maneuver jd terbatas
Apalagi INI 1st flight yg Belum ketahuan karakarakter pswtnya
Saran saya..Cari lapangan yg lbh luas..kalo bbisa yg biasanya di pake maen pswt..apalagi bisa ketemu rekan2 aero..analisanya bisa lbh komplit..mohon maaf kalo kurang pas
User avatar
ekoagung
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 51
Joined: 01 Sep 2010, 02:53

Re: gagal terbang, apa yang salah?

Post by ekoagung »

Kira2 apakah penyebabnya seperti ini :
- Tail heavy --> jadi perlu setting ulang CG
- Kurang down trust --> jadi perlu setting ulang kedudukan motor. Kurang nunduk. (sebaiknya diperhatikan juga 'right trust')
.
Dalam kasus Oom Nubitol ini. sepertinya faktor kurangnya down trust menjadi penyebab utama.
.
Mohon maaf bila analisa saya kurang tepat. :-)
User avatar
rusdiyanto
Airman
Airman
Posts: 38
Joined: 05 Jul 2014, 18:44

Re: gagal terbang, apa yang salah?

Post by rusdiyanto »

menurut sy posisi motor belum pas, perlu rubah lagi posisi motornya, jadi tenaga motor tidak terbuang
biar bisa nendang dgn tepat, kata orang bulenya angel attack klo ga salah hehehehehe :hmm
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9640
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Re: gagal terbang, apa yang salah?

Post by iwan21 »

kalo saya liat sih sederhana aja , seperti suhu2 diatas udah saranin, leading edge bikin bulet supaya membentuk airfoil, kotak gitu drag gede dan juga kurang menghasilkan lift/gaya angkat
jangan lupa juga bagian hidung dibikin bulet juga

yg versi pusher motor rasanya udah pas, lurus aja, nah yg versi tractor motor jangan lupa dikasih down thrust sama right thrust

yg enggak keliatan itu wingnya ada incidence nya enggak ( 1-2 derajat lah) terhadap stabilo, karena enggak ada foto samping

utk CG sendiri , ambil di 20% aja buat test flight ( agak nose heavy dikit lebih baik daripada tail heavy)
User avatar
nubitol
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 55
Joined: 01 Apr 2015, 16:28

Re: gagal terbang, apa yang salah?

Post by nubitol »

Siap suhu suhu...

Jadi yang diperbaiki:
-leading edge sayap dan nose dibuat aero dinamis
-cg dibikin nose heavy dikit
-down + right thrust disesuaikan

-aoa sayap dibuat 1-2°

Sementara off dulu nunggu kiriman propeller, sudah patah 2 biji soalnya hehehe
Post Reply