Kemaren saya mencari Engine Magnum 50 untuk pesawat Spitfire punya Bung Rusdie kebetulan barangnya kosong lalu oleh penjualnya ditawari SK 50 dan setelah barangnya datang dan diamati dengan cermat bentuknya hampir sama dengan Magnum 50, mungkin sama2 bikinan RRC. Setelah dipasang di pesawat dan dicoba dihiduokan ternyata mesin ini sangat mudah dihiduokan walaupun hanya distart pakai jari saja, needle valve dibuka tiga putaran lalu setelah warmingup beberapa detik langsung throttle di naikkan mesin langsung respon dengan putaran tinggi, temperatur terukur pada top speed 97 derajat C. Bahan bakar yang dipakai hanya campuran Methanol dan Castor oil 20%. Kesimpulannya mesin ini boleh juga unjuk kerjanya dengan harga yang sedikit dibawah Magnum ( mungkin karena Glow Plug yang tidak diikutkan ).
Thrust maximum dengan propeller 10X7 bisa sampai 3,7Kg, itupun dengan Fuel non Nittro. Hari Minggu depan rencananya mau maiden flight. Ini semuanya pesawat punya Bung Rusdie dari Kertak Hanyar KM 10.
Kalau Cylinder Headnya diganti yang untuk Heli kayaknya bisa, tetapi mesin ini non piston ring jadi perlu panas sedangkan Heli biasanya pakai mesin yang ringed karena menghindari panas.
@Pak De Djai: Kebetulan saya juga punya enjin ini dan belum di break-in dan rencananya mau saya pasang di Katana V2... mungkin om Djai bisa kasih detail proses break-in nya... ? thx sebelumnya...
btw mesin ini lebih kasar finishing nya bila di bandingin merk china lain (mis. JBA) tapi kalo diliat dari harganya seh cuocok tenan buat kantong hehehe...