SAYA LIAT DI SITUS LUAR ADA YANG NAMANYA POWER PLANT UNTUK JENINS ENGGINES...SEJENIS DINAMO YANG MENGHASILKAN LISTRIK APA BILA THORTEL NAIK...APAKAH ADA YANG BISA MENJELASKAN ? KARENA SAYA TERTARIK INI LINK NYA
http://www.youtube.com/watch?v=JnRPhj4qzgk
KAN BANYAK KEGUNAANNYA KAYA IDUPIN LAMPU ATO SEMANYAMNYA
POWER PLANTS FOR ENGGINES
Moderator: widodo
- unhunt
- Airman First Class
- Posts: 70
- Joined: 31 Oct 2007, 19:23
- Location: Banda Aceh
- Contact:
- sudjai sarmo
- Senior Master Sergeant
- Posts: 529
- Joined: 30 Jan 2007, 04:37
- Location: Banjarbaru.
- Contact:
- widodo
- Airman First Class
- Posts: 81
- Joined: 04 Aug 2007, 16:51
- Location: Jakarta
Om unhunt, pasang aja brushless motor kalau diputer juga udah hasilkan listrik. Tapi hasilnya alternating current (AC) kayak listrik rumah, jadi harus dipasang dioda (kalau dimotor istilahnya "kiprox" kalau nggak salah). Trus karena tegangannya naik-turun tergantung rpm pasang. Capacitor plus 7805/7806 tergantung keluaranya 5/6 volt.
- unhunt
- Airman First Class
- Posts: 70
- Joined: 31 Oct 2007, 19:23
- Location: Banda Aceh
- Contact:
om widodo brusles motor yang baik apa ya tapi pinginnya ac...?
pak jai di situsnya pake enggine sekelas gesser dan os 90..mau aja ...bagus power plannya warna biru...katanya itu power plant bisa ngecas batre receiver, lampu indikator kalo malam, sama kalo ada retrect tenaga bisa ambil disini tidak di perlukan batere tambahan katanya...biasanya power plant di pakai untuk aerovidio ato aero photo grapi untuk memutarkan gimbal agar tidah mengambil source tenaga yang besar dari batere..begitu katanya>>>
nah dioda di pasang di kabel plus ato min yang mana pak widodo tertarik ni...
pak jai di situsnya pake enggine sekelas gesser dan os 90..mau aja ...bagus power plannya warna biru...katanya itu power plant bisa ngecas batre receiver, lampu indikator kalo malam, sama kalo ada retrect tenaga bisa ambil disini tidak di perlukan batere tambahan katanya...biasanya power plant di pakai untuk aerovidio ato aero photo grapi untuk memutarkan gimbal agar tidah mengambil source tenaga yang besar dari batere..begitu katanya>>>
nah dioda di pasang di kabel plus ato min yang mana pak widodo tertarik ni...
- widodo
- Airman First Class
- Posts: 81
- Joined: 04 Aug 2007, 16:51
- Location: Jakarta
Semua brushless Om, Kv di brushless tuh maksudnya kalau diputar segitu rpm keluar 1V dan vice versa, jadi kalau brushless 1100kv diputar 1100 RPM keluar 1V, jadi kalau mau charge batere ya tinggal aja dihitung mesti diputar berapa rpm. Konsepnya sama persis kaya di dinamo lampu di sepeda ontel kok om.
Kalau dimobil ini sama persis dengan altenator, tapi kalau di alternator mobil magnetnya ada di tengah (inrunner) dan magnetic fluxnya di atur sama regulator jadi kalau bebannya kecil arus ke magnet rotor di kecilin kalau butuh arus besar digedein arusnya. Mobil2 sekarang udah pakai solidstate, tapi kalau mobil jaman dulu masih pakai cutt-off (istilah montir tuh "ketot").
Nah brushless prinsipnya sama persis cuma mangnetnya permanent, kalau punya multi tester coba deh kabelnya diukur tegangan AC-nya sambil motornya diputer pakai bor... kalau diodanya itu harus di-bridge, lebih gampang beli dioda-bridge aja di tukang electronic
Kalau dimobil ini sama persis dengan altenator, tapi kalau di alternator mobil magnetnya ada di tengah (inrunner) dan magnetic fluxnya di atur sama regulator jadi kalau bebannya kecil arus ke magnet rotor di kecilin kalau butuh arus besar digedein arusnya. Mobil2 sekarang udah pakai solidstate, tapi kalau mobil jaman dulu masih pakai cutt-off (istilah montir tuh "ketot").
Nah brushless prinsipnya sama persis cuma mangnetnya permanent, kalau punya multi tester coba deh kabelnya diukur tegangan AC-nya sambil motornya diputer pakai bor... kalau diodanya itu harus di-bridge, lebih gampang beli dioda-bridge aja di tukang electronic