rudyWing wrote:INformasi yg sangat bermanfaat.. Sukron, hatur nuwun, Kamsia Om Davit..
@Pakde Toto, utk No.1 jawaban dr sy mungkin pesawat kl udah ndak layak diterbangkan alias compang-camping itu kudu mesti diservis besar Pakde.. kl servis² kecil spt monokote yg coak, landing gear bengkok, mungkin bisa dikerjakan sendiri..

nah ini suhu rudywing menambahkan, terima kasih om atas sharingnya.
kalau biaya berdasarkan pengalaman pribadi berkisar 100 ribu sampai 250 ribu tergantung kerusakkan dan tentu saja negosiabel dengan insinyur tehnik per RC plan nan nya. maklum sering servis jadi hafal.
soal menaksir harga, saya memakai pendekatan harga bahan bakunya, kalau brosing di internet kita dapat tau harga satu lembar balsa ukuran 2 mili atau 1 1/5 milik max 20 ribuan, lem araldit 20 ribuan, lem CA 10 ribuan, cover monokote 1 meter 50-75 ribu ribu an (tergantung merek), jadi kalau bidang yang rusak hanya beberapa centimeter, maka dapat diprediksi dan harga selebihnya tentu saja jasa perbaikan nya.
soal pesawat yg layak diperbaiki atau tidak saya belum paham, karena pernah suatu ketika ada rekan pesawatnya jatuh bodi dan sayap sudah patah berantakan, tadinya saya pikir kalau sayap sudah remek, tdk mungkin diperbaiki, ternyata beberapa minggu kemudian, pesawat tersebut utuh lagi setelah diperbaiki dan bisa terbang.
jadi patokannya saya bingung, kalau bagi saya pribadi, kalau kantong lagi TONGPES dan pesawat cras parah ya usahakan di perbaiki saja, tapi kalau lagi TONGBEL biasanya pesawat yg cras di pensiunkan dini, alias cari pacar lagi
untuk robek robek monokate pada pesawat karena saya tidak memiliki setrika khusus, saya coba beli monokate meteran sendiri lalu saya setrika pakai setrika rumah biasa yang dilapisi kain, hasilnya bisa melekat juga.
jadi kalau rusak rusak sedikit memang lebih baik di servis sendiri saja, tapi aklau sampai patah bodi, atau patah lever atau mungkin remek sayap, ampooon ilmunya belum sampai