Mohon masukan dari suhu2 semua buat pengembangan / belajar manuver F3A di daerah....tentang karakter pesawat F3A dengan engine gasoline dan pake elektrik....
dengan gasoline pertimbangan di daerah kalo BBM metanol habis mesti order dan nunggu nggak seperti pertamaxplus yang ada dimana....
beberapa HS lokal : kalo ukuran yang sampai 1,7 x 1,7 biasanya bobot total lebih dari 5 kg dgn eng gasoline....kalo pake elektrik ...hanya satu keluhan umur batt nggak sepandan dengan harganya ....palagi yang sudah diatas 4 S
mohon pertimbangan dan saran dari suhu 2 semua..........
Pesawat F3A (dng mesin gasoline atau mesin nitro atau motor listrik), karakternya ga ada bedanya, alias sama aja. Karakter pesawat hanya dipengaruhi oleh Design dan pabrikan.
Pembatasan pesawat F3A utk kompetisi : - Berat maksimum 5 kg ( tanpa fuel, utk elektrik dengan batere) - Panjang x lebar = 2 x 2 mtr. - Maksimum tegangan 42 volt (10 sel)
Utk kompetisi memang diperlukan tenaga kuat dan harus responsive utk dapat meng eksekusi maneuver P11 (maneuver utk s/d 2011) yang agak berat.
Saran : Bisa menggunakan pesawat patern kelas 90 (nitro engine atau elektrik) Kalau pake gasoline bisa pake gasoline yg kecil (24cc) tapi beratnya perlu dihitung dulu.
Rasanya kalau yang gasoline agak susah dibandingkan dg yg elektrik. Cost nya terlalu beda. Terutama cost awalnya. Untuk yg besar, elektrik masih terlalu mahal.
doditsky wrote:Mohon masukan dari suhu2 semua buat pengembangan / belajar manuver F3A di daerah....tentang karakter pesawat F3A dengan engine gasoline dan pake elektrik....
dengan gasoline pertimbangan di daerah kalo BBM metanol habis mesti order dan nunggu nggak seperti pertamaxplus yang ada dimana....
beberapa HS lokal : kalo ukuran yang sampai 1,7 x 1,7 biasanya bobot total lebih dari 5 kg dgn eng gasoline....kalo pake elektrik ...hanya satu keluhan umur batt nggak sepandan dengan harganya ....palagi yang sudah diatas 4 S
mohon pertimbangan dan saran dari suhu 2 semua..........
salam dari kota kudus
Untuk karakter setuju yang dimas bilang......, untuk kepraktisan saya pilih elektrik praktis dan pswt kinclong selalu gak ada kekhawatiran dead stick tenaga konstan dan kapan aja ada. untuk keluhan battery saya sendiri pake 6S umur batteryya awet2 aja tuh asal kita disiplin dengan cara pake dan ngechargenya lagi pula sekarang harga battery sudah relative murah kok dan banyak pilihan
doditsky wrote:Mohon masukan dari suhu2 semua buat pengembangan / belajar manuver F3A di daerah....tentang karakter pesawat F3A dengan engine gasoline dan pake elektrik....
dengan gasoline pertimbangan di daerah kalo BBM metanol habis mesti order dan nunggu nggak seperti pertamaxplus yang ada dimana....
beberapa HS lokal : kalo ukuran yang sampai 1,7 x 1,7 biasanya bobot total lebih dari 5 kg dgn eng gasoline....kalo pake elektrik ...hanya satu keluhan umur batt nggak sepandan dengan harganya ....palagi yang sudah diatas 4 S
mohon pertimbangan dan saran dari suhu 2 semua..........
salam dari kota kudus
Untuk karakter setuju yang dimas bilang......, untuk kepraktisan saya pilih elektrik praktis dan pswt kinclong selalu gak ada kekhawatiran dead stick tenaga konstan dan kapan aja ada. untuk keluhan battery saya sendiri pake 6S umur batteryya awet2 aja tuh asal kita disiplin dengan cara pake dan ngechargenya lagi pula sekarang harga battery sudah relative murah kok dan banyak pilihan
nah..... itu artinya mas sony sudah paham soal karakter dan kepraktisan. tapi untuk mas doditsky yang kuatir kalo nitro habis dan batt yang umur pendek, pake engine gasoline 24cc itu pilihan yang mendekati harapan.
Ok....thanks suhu2 semua atas masukannya...semakin memperjelas dalam menentukan pilihan....Soalnya untuk patern 2x2 batt kayaknya rata2 pake 10 S yang direkomendasikan di website HS ....wah.... engine gas 26 atau elektric klas 90 tidak ada perbedaan karakter pesawat,kayaknya resumenya gitu....Thanks deh
salam dari kota kretek....( kalo di kudus tulisannya nggak No Smoking tapi Smoking Please...alias pakai smoke di exh pipe )
doditsky wrote:Mohon masukan dari suhu2 semua buat pengembangan / belajar manuver F3A di daerah....tentang karakter pesawat F3A dengan engine gasoline dan pake elektrik....
dengan gasoline pertimbangan di daerah kalo BBM metanol habis mesti order dan nunggu nggak seperti pertamaxplus yang ada dimana....
beberapa HS lokal : kalo ukuran yang sampai 1,7 x 1,7 biasanya bobot total lebih dari 5 kg dgn eng gasoline....kalo pake elektrik ...hanya satu keluhan umur batt nggak sepandan dengan harganya ....palagi yang sudah diatas 4 S
mohon pertimbangan dan saran dari suhu 2 semua..........
salam dari kota kudus
Untuk karakter setuju yang dimas bilang......, untuk kepraktisan saya pilih elektrik praktis dan pswt kinclong selalu gak ada kekhawatiran dead stick tenaga konstan dan kapan aja ada. untuk keluhan battery saya sendiri pake 6S umur batteryya awet2 aja tuh asal kita disiplin dengan cara pake dan ngechargenya lagi pula sekarang harga battery sudah relative murah kok dan banyak pilihan
nah..... itu artinya mas sony sudah paham soal karakter dan kepraktisan. tapi untuk mas doditsky yang kuatir kalo nitro habis dan batt yang umur pendek, pake engine gasoline 24cc itu pilihan yang mendekati harapan.
pakde kapan2 boleh ikutan terbang bareng di surabaya ya
ikutan numpang thread yach... kalo secara structure, kuat gak pesawat f3a .90 size menahan getaran engine gasolin 26cc ? bagian2 mana saja yg perlu di perkuat ? soalnya daku pernah liat getaran engine gasolin..seyeemmm....
kula wrote:ikutan numpang thread yach... kalo secara structure, kuat gak pesawat f3a .90 size menahan getaran engine gasolin 26cc ? bagian2 mana saja yg perlu di perkuat ? soalnya daku pernah liat getaran engine gasolin..seyeemmm....
Harus diperkuat Om........terutama daerah seputaran engine Om yang harus diperkuat........