Beda karakter F3A plane dgn eng. gasoline dan elektrik

Tutorial mengenai gerakan2 manuver pesawat RC

Moderators: su-31, DIMAS

User avatar
doditsky
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 614
Joined: 09 Nov 2008, 07:20
Location: Kudus, Jawa Tengah
Contact:

Beda karakter F3A plane dgn eng. gasoline dan elektrik

Post by doditsky »

Mohon masukan dari suhu2 semua buat pengembangan / belajar manuver F3A di daerah....tentang karakter pesawat F3A dengan engine gasoline dan pake elektrik....

dengan gasoline pertimbangan di daerah kalo BBM metanol habis mesti order dan nunggu nggak seperti pertamaxplus yang ada dimana....

beberapa HS lokal : kalo ukuran yang sampai 1,7 x 1,7 biasanya bobot total lebih dari 5 kg dgn eng gasoline....kalo pake elektrik ...hanya satu keluhan umur batt nggak sepandan dengan harganya ....palagi yang sudah diatas 4 S #-o #-o #-o

mohon pertimbangan dan saran dari suhu 2 semua..........

salam dari kota kudus
User avatar
DIMAS
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 515
Joined: 28 Dec 2008, 19:50
Location: Ciputat

Re: Beda karakter F3A plane dgn eng. gasoline dan elektrik

Post by DIMAS »

Pesawat F3A (dng mesin gasoline atau mesin nitro atau motor listrik), karakternya ga ada bedanya, alias sama aja.
Karakter pesawat hanya dipengaruhi oleh Design dan pabrikan.

Pembatasan pesawat F3A utk kompetisi :
- Berat maksimum 5 kg ( tanpa fuel, utk elektrik dengan batere)
- Panjang x lebar = 2 x 2 mtr.
- Maksimum tegangan 42 volt (10 sel)

Utk kompetisi memang diperlukan tenaga kuat dan harus responsive utk dapat meng eksekusi maneuver P11 (maneuver utk s/d 2011) yang agak berat.

Saran :
Bisa menggunakan pesawat patern kelas 90 (nitro engine atau elektrik)
Kalau pake gasoline bisa pake gasoline yg kecil (24cc) tapi beratnya perlu dihitung dulu.

Salam...
User avatar
justinus
Second Lieutenant
Second Lieutenant
Posts: 1225
Joined: 03 Apr 2007, 15:53
Location: Surabaya

Re: Beda karakter F3A plane dgn eng. gasoline dan elektrik

Post by justinus »

Rasanya kalau yang gasoline agak susah dibandingkan dg yg elektrik. Cost nya terlalu beda. Terutama cost awalnya. Untuk yg besar, elektrik masih terlalu mahal.
User avatar
sony
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 219
Joined: 08 Jul 2007, 06:05

Re: Beda karakter F3A plane dgn eng. gasoline dan elektrik

Post by sony »

doditsky wrote:Mohon masukan dari suhu2 semua buat pengembangan / belajar manuver F3A di daerah....tentang karakter pesawat F3A dengan engine gasoline dan pake elektrik....

dengan gasoline pertimbangan di daerah kalo BBM metanol habis mesti order dan nunggu nggak seperti pertamaxplus yang ada dimana....

beberapa HS lokal : kalo ukuran yang sampai 1,7 x 1,7 biasanya bobot total lebih dari 5 kg dgn eng gasoline....kalo pake elektrik ...hanya satu keluhan umur batt nggak sepandan dengan harganya ....palagi yang sudah diatas 4 S #-o #-o #-o

mohon pertimbangan dan saran dari suhu 2 semua..........

salam dari kota kudus


Untuk karakter setuju yang dimas bilang......, untuk kepraktisan saya pilih elektrik praktis dan pswt kinclong selalu gak ada kekhawatiran dead stick tenaga konstan dan kapan aja ada. untuk keluhan battery saya sendiri pake 6S umur batteryya awet2 aja tuh asal kita disiplin dengan cara pake dan ngechargenya lagi pula sekarang harga battery sudah relative murah kok dan banyak pilihan
User avatar
pakdesurib
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 327
Joined: 08 Feb 2010, 16:24
Location: Surabaya

Re: Beda karakter F3A plane dgn eng. gasoline dan elektrik

Post by pakdesurib »

sony wrote:
doditsky wrote:Mohon masukan dari suhu2 semua buat pengembangan / belajar manuver F3A di daerah....tentang karakter pesawat F3A dengan engine gasoline dan pake elektrik....

dengan gasoline pertimbangan di daerah kalo BBM metanol habis mesti order dan nunggu nggak seperti pertamaxplus yang ada dimana....

beberapa HS lokal : kalo ukuran yang sampai 1,7 x 1,7 biasanya bobot total lebih dari 5 kg dgn eng gasoline....kalo pake elektrik ...hanya satu keluhan umur batt nggak sepandan dengan harganya ....palagi yang sudah diatas 4 S #-o #-o #-o

mohon pertimbangan dan saran dari suhu 2 semua..........

salam dari kota kudus


Untuk karakter setuju yang dimas bilang......, untuk kepraktisan saya pilih elektrik praktis dan pswt kinclong selalu gak ada kekhawatiran dead stick tenaga konstan dan kapan aja ada. untuk keluhan battery saya sendiri pake 6S umur batteryya awet2 aja tuh asal kita disiplin dengan cara pake dan ngechargenya lagi pula sekarang harga battery sudah relative murah kok dan banyak pilihan


nah..... itu artinya mas sony sudah paham soal karakter dan kepraktisan.
tapi untuk mas doditsky yang kuatir kalo nitro habis dan batt yang umur pendek, pake engine gasoline 24cc itu pilihan yang mendekati harapan.
User avatar
doditsky
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 614
Joined: 09 Nov 2008, 07:20
Location: Kudus, Jawa Tengah
Contact:

Re: Beda karakter F3A plane dgn eng. gasoline dan elektrik

Post by doditsky »

Ok....thanks suhu2 semua atas masukannya...semakin memperjelas dalam menentukan pilihan....Soalnya untuk patern 2x2 batt kayaknya rata2 pake 10 S yang direkomendasikan di website HS ....wah....
engine gas 26 atau elektric klas 90 tidak ada perbedaan karakter pesawat,kayaknya resumenya gitu....Thanks deh

salam dari kota kretek....( kalo di kudus tulisannya nggak No Smoking tapi Smoking Please...alias pakai smoke di exh pipe :) :) :) )
User avatar
sony
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 219
Joined: 08 Jul 2007, 06:05

Re: Beda karakter F3A plane dgn eng. gasoline dan elektrik

Post by sony »

pakdesurib wrote:
sony wrote:
doditsky wrote:Mohon masukan dari suhu2 semua buat pengembangan / belajar manuver F3A di daerah....tentang karakter pesawat F3A dengan engine gasoline dan pake elektrik....

dengan gasoline pertimbangan di daerah kalo BBM metanol habis mesti order dan nunggu nggak seperti pertamaxplus yang ada dimana....

beberapa HS lokal : kalo ukuran yang sampai 1,7 x 1,7 biasanya bobot total lebih dari 5 kg dgn eng gasoline....kalo pake elektrik ...hanya satu keluhan umur batt nggak sepandan dengan harganya ....palagi yang sudah diatas 4 S #-o #-o #-o

mohon pertimbangan dan saran dari suhu 2 semua..........

salam dari kota kudus


Untuk karakter setuju yang dimas bilang......, untuk kepraktisan saya pilih elektrik praktis dan pswt kinclong selalu gak ada kekhawatiran dead stick tenaga konstan dan kapan aja ada. untuk keluhan battery saya sendiri pake 6S umur batteryya awet2 aja tuh asal kita disiplin dengan cara pake dan ngechargenya lagi pula sekarang harga battery sudah relative murah kok dan banyak pilihan


nah..... itu artinya mas sony sudah paham soal karakter dan kepraktisan.
tapi untuk mas doditsky yang kuatir kalo nitro habis dan batt yang umur pendek, pake engine gasoline 24cc itu pilihan yang mendekati harapan.


pakde kapan2 boleh ikutan terbang bareng di surabaya ya
User avatar
kula
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 698
Joined: 17 Jan 2007, 19:06
Location: Cirebon kota udang yg dah gak ada udang nya

Re: Beda karakter F3A plane dgn eng. gasoline dan elektrik

Post by kula »

ikutan numpang thread yach...
kalo secara structure, kuat gak pesawat f3a .90 size menahan getaran engine gasolin 26cc ?
bagian2 mana saja yg perlu di perkuat ? soalnya daku pernah liat getaran engine gasolin..seyeemmm....
User avatar
yoyokTR3
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 320
Joined: 22 Apr 2009, 20:36

Re: Beda karakter F3A plane dgn eng. gasoline dan elektrik

Post by yoyokTR3 »

Om Kula, kalo engine gasoline ga cukup kalo hanya diliat, tapi kalo terbangin baru terasa getarannya . . .getoo Om.
kabouuurrr .. .
User avatar
beta_james
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 800
Joined: 03 Apr 2007, 00:31
Location: Jakarta

Re: Beda karakter F3A plane dgn eng. gasoline dan elektrik

Post by beta_james »

kula wrote:ikutan numpang thread yach...
kalo secara structure, kuat gak pesawat f3a .90 size menahan getaran engine gasolin 26cc ?
bagian2 mana saja yg perlu di perkuat ? soalnya daku pernah liat getaran engine gasolin..seyeemmm....


Harus diperkuat Om........terutama daerah seputaran engine Om yang harus diperkuat........
Post Reply