Halo para suhu sekalian...
Buat suhu2 yg juga makai katana md, sy mau tanya kenapa ya si katana ini klo diajak hover atau harrier selalu kedua wing nya goyang2 gak bisa stabil, apakah ada yang salah dalam perakitannya atau memang karakternya seperti ini?, nggak seperti di video2 nya precision aerobatic yang bisa anteng wing nya, kalau terbang lurus baik normal atau inverted tetap tenang, hanya saat harrier atau terlebih hover, kedua wing pasti godek2, jadi rada susah ngontrolnya, sebagai tambahan, kedua wing memang gak terlalu rapat ke body karena sudah saya usahakan serapat mungkin tapi tetep gak mau, karena takut ada yang patah akhirnya saya biarkan ada gap sekitar 0.5 sd 1 mm. Pesawat belum pernah crash dan semua elektrik seperti servo, motor dan esc standar bawaan PA. Mohon petunjuknya...
WTA : About Katana MD
- ipin17
- Senior Master Sergeant
- Posts: 629
- Joined: 20 Dec 2008, 14:32
- Location: Tarakan - Kaltim
- Contact:
- toto
- Brigadier General
- Posts: 3447
- Joined: 16 May 2007, 10:45
- Location: Cibinong
- Contact:
Re: WTA : About Katana MD
wing godeg itu menunjukkan sudah mau masuk kondisi stall dan untuk menghindari ini maka obatnya enggak ada yang lain adalah dengan menambah speed (semua itu dengan asumsi CG sudah pas) .... ini yang saya pahami loh enggak tahu suhu2 lainnya kali ada yg bisa lebih detail mengulasnya untuk bisa menghindari kondisi wing rocking tersebut
salam
salam
- ipin17
- Senior Master Sergeant
- Posts: 629
- Joined: 20 Dec 2008, 14:32
- Location: Tarakan - Kaltim
- Contact:
Re: WTA : About Katana MD
Anu pakde, saya tambah speed tetep aja wing ya godeg2, suer aku ra mbujuk
Jadi semisal masuk posisi prop hanging / hover dia akan godeg2 tuh, pas sudah posisi hover masih godeg walaupun pesawat posisi nya stabil alias gak naik dan gak turun, terus tak tambah throttle eh dia tetep godeg2 tapi yo dibarengi climbing, namun pas di kecepatan tertentu, godeg nya ilang, prop saya pakai 12x6 apc. Apakah memang karena kurang throttle/speed?. Awalnya kondisi ini tak biarkan saja, tapi semakin lama apalagi klo ngeliat video hover nya orang lain pakai katana md ini bisa anteng sy kok gregetan juga, semoga bisa dapat petunjuk lebih detail lagi

Jadi semisal masuk posisi prop hanging / hover dia akan godeg2 tuh, pas sudah posisi hover masih godeg walaupun pesawat posisi nya stabil alias gak naik dan gak turun, terus tak tambah throttle eh dia tetep godeg2 tapi yo dibarengi climbing, namun pas di kecepatan tertentu, godeg nya ilang, prop saya pakai 12x6 apc. Apakah memang karena kurang throttle/speed?. Awalnya kondisi ini tak biarkan saja, tapi semakin lama apalagi klo ngeliat video hover nya orang lain pakai katana md ini bisa anteng sy kok gregetan juga, semoga bisa dapat petunjuk lebih detail lagi
- Ary
- Master Sergeant
- Posts: 499
- Joined: 16 Feb 2007, 21:10
- Location: Bali
Re: WTA : About Katana MD
Coba gunakan exponential pada aileron ,biasanya bisa mengurangi gejala wing godeg yg disebabkan oleh over control dari jempol......
- ipin17
- Senior Master Sergeant
- Posts: 629
- Joined: 20 Dec 2008, 14:32
- Location: Tarakan - Kaltim
- Contact:
Re: WTA : About Katana MD
makasih om ary, sebenarnya sdh sy kasih expo di aileron sebanyak 40%, di elevator juga 40%, sedang di rudder 30%. Cuman aileron sy setting pakai fllaperon krn gak pakai y cable, apakah ini ngaruh?, atau exponential nya masih kurang ya?
- Ary
- Master Sergeant
- Posts: 499
- Joined: 16 Feb 2007, 21:10
- Location: Bali
Re: WTA : About Katana MD
Saya rasa expo sdh cukup , saya juga pakai sekitar itu pada extra mx sy,
kalau expo + atau expo - nya sdh yakin benar,dan cg sudah pas, tinggal seperti yg Om Toto sarankan , maintain throttle dgn baik dan latihan terus.....
kalau expo + atau expo - nya sdh yakin benar,dan cg sudah pas, tinggal seperti yg Om Toto sarankan , maintain throttle dgn baik dan latihan terus.....
- Syafik
- Major General
- Posts: 4026
- Joined: 22 Jan 2007, 13:24
- Location: Gresik - Surabaya
- Contact:
Re: WTA : About Katana MD
saya jg pernah pengalaman seperti itu pake pswt mini funtanaX... kalau dipake harrier atau hover selalu godeg2... saran seorang suhu, cg dimundurin dikit dan right thrust ditambah, exp ditambah, alhasil godegnya berkurang, tinggal ngatur manajemen jempol aja...
secara teorinya gak ngerti sih hanya ngikuti saran aja... hehehe
secara teorinya gak ngerti sih hanya ngikuti saran aja... hehehe
- ipin17
- Senior Master Sergeant
- Posts: 629
- Joined: 20 Dec 2008, 14:32
- Location: Tarakan - Kaltim
- Contact:
Re: WTA : About Katana MD
Hmm ok trims om ary dan om syafik, saya coba dulu hari sabtu dan minggu besok, kan kebetulan libur 2 hari, coba tak oprek2 lagi sampai pas



- toto
- Brigadier General
- Posts: 3447
- Joined: 16 May 2007, 10:45
- Location: Cibinong
- Contact:
Re: WTA : About Katana MD
terkait dengan saran suhu syafik soal mundurin CG kalo saya enggak salah ngarti berarti menuju nose heavy, nah untuk ini mundurinnya dikit2 aja om karena pengalaman dengan katana mini pa saya begitu kelewatan dikit aja si pesawat begitu speed kurang dikit tiada ampun enggak pakai godeg2 dulu atau mungkin mata saya kalah cepet liat godegnya atau karena kecil pesawatnya ya .................. itu pesawat langsung masuk stall spin terus ma crok .....................
..................... jadi saran saya berhubung pesawat sudah mabur langkah pertama di coba dengan meningkatkan throttle menagement dulu dan kalau memang sudah tidak tertaklukan lagi dengan kiat tadi baru deh di geser2 tuh CG tapi hal ini dengan catatan bahwa pesawat sudah enak diterbangkan normal dulu loh
gitu deh kira2 saran tambahan yang bisa disampaikan ............ tapi ini cuman teori loh om maklum saat ini ya bisanya cuman baca artikel doang ............

gitu deh kira2 saran tambahan yang bisa disampaikan ............ tapi ini cuman teori loh om maklum saat ini ya bisanya cuman baca artikel doang ............

- ipin17
- Senior Master Sergeant
- Posts: 629
- Joined: 20 Dec 2008, 14:32
- Location: Tarakan - Kaltim
- Contact:
Re: WTA : About Katana MD
Tapi si katana md ini cg nya sdh pas banget
Memang awalnya sy kasih cg nya agak tail heavy dikit, cuman klo di pakai terbang lurus agak susah krn si hidung maunya naik teyus, akhirnya cg saya kembalikan ke normal, coba nanti sy kombinasikan antara menggeser cg, dan manajemen throttle, tapi klo msh godeg juga ya terpaksa diterima apa adanya saja deh, berarti memang jempol gak lulus2, semoga sabtu ato minggu ditemukan solusinya di lapangan, hiks

Memang awalnya sy kasih cg nya agak tail heavy dikit, cuman klo di pakai terbang lurus agak susah krn si hidung maunya naik teyus, akhirnya cg saya kembalikan ke normal, coba nanti sy kombinasikan antara menggeser cg, dan manajemen throttle, tapi klo msh godeg juga ya terpaksa diterima apa adanya saja deh, berarti memang jempol gak lulus2, semoga sabtu ato minggu ditemukan solusinya di lapangan, hiks
