spek fisik dan teknis pesawat untuk KE & hover

Tutorial mengenai gerakan2 manuver pesawat RC

Moderators: su-31, DIMAS

User avatar
phyque
Master Sergeant
Master Sergeant
Posts: 434
Joined: 05 Mar 2010, 23:51
Location: jakarta-cilegon-mojokerto

spek fisik dan teknis pesawat untuk KE & hover

Post by phyque »

kepada rekan-rekan sekalian....

mo nanya nih, dari beberapa homemade saya yang jenis 3D, untuk salah satu pesawat klo posisi KE ngga bisa stabil. pasti maunya rolling sendiri/ kembali ke posisi normal/invert, padahal aileron ngga disentuh. tapi untuk pesawat yang lain, ena aja tuh buat KE.
(bandinginnya homemade tipe Yak vs Edge)

kondisi lain, posisi hover pengennya diem...tapi ko malah maunya jadi torque roll ya (eh bener ngga ya istilahnya...pokoknya yang dihover sambil muter pada satu poros). apakah torsi dari prop kegedean? tapi saya coba prop size 1" dibawahnya, berasa kayak kurang power.

physically for 3D...is there any standard for plane construction? beside rule of thumb "0-0-0"
based on technically...im wondering about motor kV calculation vs prop size vs AUW. so?
:tlt


NB: harap maklum, belum pernah beli pabrikan jadi ngga tau rasanya yang ena piye & ngga bisa compare konstruksinya. :pis
User avatar
Budi
Colonel
Colonel
Posts: 2626
Joined: 09 Jul 2008, 13:39
Location: JAKARTA

Re: spek fisik dan teknis pesawat untuk KE & hover

Post by Budi »

mohon ijin dulu sama suhu, master 3d.......tolong dikoreksi jika salah.....

dari pengalaman yg sangat terbatas...... ternyata untuk bisa KE ....pesawat2 dengan bentuk normal dan kontrol surface cukup bisa dipakai untuk KE......

masalah enak atau tidak enak kembali ke jempol. semakin bagus jempolnya, maka akan semakin mudah........

sebagai gambaran, pesawat seperti Wilga, supersport, Piper J-Cub........bisa dengan mudahnya melakukan manuver Knife Edge oleh seorang master........

mempermudah KE untuk pesawat yang dragnya tidak simetris (atas bawah) bisa dibantu dengan feature coupling (mix di TX)


kalo untuk hover, pastikan bahwa thrust yang dihasilkan propeller lebih besar dari berat pesawat atau TWR >1

kalo mau torque roll (saya pun masih belum bisa) salah satu syarat memudahkan nya adalah Horizontal CG segaris dengan propelle shaft.....

caranya...gantung pesawat dengan benang di propnya.....perhatikan miring kemana....coba seimbangkan .......dengan mem balance bagian2 tertentu.....


salam
Pemula 1 (Pensiunan Main Aeromodelling)
User avatar
ekoagungw
Posts: 5
Joined: 10 Feb 2011, 13:09

Re: spek fisik dan teknis pesawat untuk KE & hover

Post by ekoagungw »

Walah.. :-)

Masak ya suhu Budi pensiunan? :pis
User avatar
phyque
Master Sergeant
Master Sergeant
Posts: 434
Joined: 05 Mar 2010, 23:51
Location: jakarta-cilegon-mojokerto

Re: spek fisik dan teknis pesawat untuk KE & hover

Post by phyque »

berarti balik lagi ke jempol ya...sayang jempol saya ngga ada memory cardnya. klo ada khan tinggal ngopi aja dari para suhu gaero :ha3

ok, dapet satu jawaban:
dari suhu Budi a.k.a. "Pemula 1 (Pensiunan Main Aeromodelling)".....
a. KE >>> bisa pake metode mixing tx
b. hover+torque roll >>> pesawat digantung agar Horizontal CG segaris dengan propeller shaft
(maksudnya digantung vertikal kah biar ngga miring kedepan/belakang atau cuma untuk mem-balance wing aja?)

ada yang lain... :tlt

still...
based on technically...im wondering about motor kV calculation vs prop size vs AUW. so?
User avatar
Budi
Colonel
Colonel
Posts: 2626
Joined: 09 Jul 2008, 13:39
Location: JAKARTA

Re: spek fisik dan teknis pesawat untuk KE & hover

Post by Budi »

phyque wrote:berarti balik lagi ke jempol ya...sayang jempol saya ngga ada memory cardnya. klo ada khan tinggal ngopi aja dari para suhu gaero :ha3

ok, dapet satu jawaban:
dari suhu Budi a.k.a. "Pemula 1 (Pensiunan Main Aeromodelling)".....
a. KE >>> bisa pake metode mixing tx
b. hover+torque roll >>> pesawat digantung agar Horizontal CG segaris dengan propeller shaft
(maksudnya digantung vertikal kah biar ngga miring kedepan/belakang atau cuma untuk mem-balance wing aja?)

ada yang lain... :tlt

still...
based on technically...im wondering about motor kV calculation vs prop size vs AUW. so?



nganu..... itu..... KE, intinya tetap jempol dan latihan, Mix (coupling) itu buat yang advance, yang sudah punya sense terhadap pesawatnya..... maksudnya, coupling itu hanya berlaku untuk satu speed saja...... kalo speednya beda, tetap dibutuhkan koreksi terutama elevator.....supaya tetap lurus.....

trus, kalo digantung nggak lurus, berarti belum tentu cuma balance wing kiri kanan. bisa juga rudder..........dan ini hanya berlaku untuk pesawat kecil.....kalo gede gimana hayo???? (tetap mengandalkan design pesawat yang bagus)

masalah kV....wonderingnya gimana??? give some example......(asal jangan wonder women).....
User avatar
phyque
Master Sergeant
Master Sergeant
Posts: 434
Joined: 05 Mar 2010, 23:51
Location: jakarta-cilegon-mojokerto

Re: spek fisik dan teknis pesawat untuk KE & hover

Post by phyque »

Budi wrote:nganu..... itu..... KE, intinya tetap jempol dan latihan, Mix (coupling) itu buat yang advance, yang sudah punya sense terhadap pesawatnya..... maksudnya, coupling itu hanya berlaku untuk satu speed saja...... kalo speednya beda, tetap dibutuhkan koreksi terutama elevator.....supaya tetap lurus.....

trus, kalo digantung nggak lurus, berarti belum tentu cuma balance wing kiri kanan. bisa juga rudder..........dan ini hanya berlaku untuk pesawat kecil.....kalo gede gimana hayo???? (tetap mengandalkan design pesawat yang bagus)

masalah kV....wonderingnya gimana??? give some example......(asal jangan wonder women).....


klo jempol & latihan berarti emang cuma faktor kebiasaan n jam terbang ya suhu...
trus misal secara visual nih, dari suhu Budi yang "ngaku Pensiunan" :ym67, dari berbagai pesawat pabrikan yang suhu pernah terbangin...ada ngga karakter seperti yang saya sebutin, misal merk A gampang KE...tapi merk B perlu adjust lagi. nah secara physically ada yang dikoreksi atau ngga? dengan catatan baru pertama maiden lho ya...

gantungin pesawat gaban ya tinggal sewa crane truck aja...trus dikerek deh :ha3

untuk kV vs prop vs AUW...kan rule of thumb nya semakin rendah kV, semakin gede ukuran prop yang bisa diputer motor. dan katanya untuk pesawat tipe 3D, pake yang low kV agar lebih powerfull.
nah powerfull ini dalam artian thrust lebih besar kah?
trus klo untuk torsi prop maksimal di pesawat, apa ada itungannya?

matur nuwun
User avatar
toto
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 3447
Joined: 16 May 2007, 10:45
Location: Cibinong
Contact:

Re: spek fisik dan teknis pesawat untuk KE & hover

Post by toto »

ikut menyimak ................... lanjoet .................... :tlt
User avatar
Budi
Colonel
Colonel
Posts: 2626
Joined: 09 Jul 2008, 13:39
Location: JAKARTA

Re: spek fisik dan teknis pesawat untuk KE & hover

Post by Budi »

phyque wrote:
Budi wrote:nganu..... itu..... KE, intinya tetap jempol dan latihan, Mix (coupling) itu buat yang advance, yang sudah punya sense terhadap pesawatnya..... maksudnya, coupling itu hanya berlaku untuk satu speed saja...... kalo speednya beda, tetap dibutuhkan koreksi terutama elevator.....supaya tetap lurus.....

trus, kalo digantung nggak lurus, berarti belum tentu cuma balance wing kiri kanan. bisa juga rudder..........dan ini hanya berlaku untuk pesawat kecil.....kalo gede gimana hayo???? (tetap mengandalkan design pesawat yang bagus)

masalah kV....wonderingnya gimana??? give some example......(asal jangan wonder women).....


klo jempol & latihan berarti emang cuma faktor kebiasaan n jam terbang ya suhu...
trus misal secara visual nih, dari suhu Budi yang "ngaku Pensiunan" :ym67, dari berbagai pesawat pabrikan yang suhu pernah terbangin...ada ngga karakter seperti yang saya sebutin, misal merk A gampang KE...tapi merk B perlu adjust lagi. nah secara physically ada yang dikoreksi atau ngga? dengan catatan baru pertama maiden lho ya...

gantungin pesawat gaban ya tinggal sewa crane truck aja...trus dikerek deh :ha3

untuk kV vs prop vs AUW...kan rule of thumb nya semakin rendah kV, semakin gede ukuran prop yang bisa diputer motor. dan katanya untuk pesawat tipe 3D, pake yang low kV agar lebih powerfull.
nah powerfull ini dalam artian thrust lebih besar kah?
trus klo untuk torsi prop maksimal di pesawat, apa ada itungannya?

matur nuwun


pertanyaan bagus........dan pernyataan bagus juga.....

kesimpulannya, jam terbang.....jadi berlatih keras dan makan makanan yang bergizi.

menurut pendapat saya yang pengalaman dan kemampuannya sangat terbatas, semua pesawat akan punya karakter sendiri2, jarang ada yang begitu di half roll terus bisa lurus (KE)........tapi khusus untuk KE maneuver, terbaik saat ini dipegang oleh pesawat2 F3A, pesawat terbang lurus, untuk merek2 premium, bahkan sangat sedikit koreksi.....cuma....nganu.....itu .... buat saya muaaaahal :faint:

karakter pesawat yg suka stall, atau 3D maneuver, kontrol surfacenya besar dan memanfaatkan propeller wash untuk mengatur gerak pesawat.......pada umumnya juga slow flyer, jadi propnya biasanya 1-2 size dari normal prop size utk pesawat tersebut. dan rata2 pitchnya kecil untuk mengimbangi dan menambah thrust (rpm optimum)

theoritical thrust itu ada itungannya, yang umumnya pakai NACA profile, tapi sebenarnya masing pabrik punya khusus formula untuk hitungan thrust.

jadi yang actual tetap dari bench test dan pendekatannya adalah, beli 2-3 prop berbeda dihitung teoritis thrust nya, diukur aktual dengan prop yang berbeda......hasilnya nggak jau beda koq.......


selama mencoba.........

salam

asli pensiunan.....
User avatar
pakdesurib
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 327
Joined: 08 Feb 2010, 16:24
Location: Surabaya

Re: spek fisik dan teknis pesawat untuk KE & hover

Post by pakdesurib »

mmm.... mau nulis apa ya? soale gak pernah bikin pesawat sendiri..... puyeng... :wk3
ikut menyimak dulu aja deh.....

salam.. asli mau pangsiun.
User avatar
phyque
Master Sergeant
Master Sergeant
Posts: 434
Joined: 05 Mar 2010, 23:51
Location: jakarta-cilegon-mojokerto

Re: spek fisik dan teknis pesawat untuk KE & hover

Post by phyque »

@ suhu budi (yang asli pensiunan): selain bench test (coz belum punya alatnya), ada ngga ciri lain agar kita tau klo thrust udah sesuai dengan karakter pesawat? misal kita langsung test flight dengan manuver sama, tapi prop size yang berbeda2.
misal aja nih yaa...prop A, pesawat bisa manuver ena meskipun throttle ngga full. prop B, pesawat lincah tapi manuver agak lambat. prop C, manuver ena tapi stall speed cukup tinggi.
kira2 thrust yang sesuai seperti apa ciri2 nya? :tlt

@ suhu pakdesurib (yang asli mau pangsiun): pertanyaan ini ngga khusus untuk homemade ko. justru disini saya pengen tau karakter pesawat pabrikan secara fisik gimana agar ena buat manuver. sebagai kolektor pesawat gaban, pakde pasti punya pesawat favorite khan buat "atraksi".
nah secara fisik bedanya apa dengan yang lain? selain aspek teknis lho... :htg

:lus :lus
Post Reply