batery lipo kembung

Tentang motor brushed dan motor brushless , baterai , dll

Moderator: unding

User avatar
eddypurnomo
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 145
Joined: 22 Feb 2011, 18:08
Location: indramayu
Contact:

batery lipo kembung

Post by eddypurnomo »

Tolong Suhu2 grage...kenapa bat lippo saya habis di buat terbang koq jadi kembung???bat saya lippo 3cell 2200mh 30c merk dual power...
User avatar
NF
Administrator
Administrator
Posts: 4065
Joined: 18 Jan 2007, 14:10
Location: semarang, jateng
Contact:

Re: batery lipo kembung

Post by NF »

...over drain ?........maksudnya , si batere di "sedot" powernya lebih daripada "C" outnya....
User avatar
Abdinik
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 786
Joined: 08 Jul 2010, 10:05
Location: Mojokerto-Jombang
Contact:

Re: batery lipo kembung

Post by Abdinik »

maaf suhu ikut nanya, untuk mengetahui nilai "C" yang sesuai dengan battery dari motor bagaimana cara hitungnya??saya pakai 3sel 2200 mah 20C untuk heli HK-450
User avatar
andreas13
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 816
Joined: 12 Oct 2010, 01:22
Location: ((..(ungaran)..))

Re: batery lipo kembung

Post by andreas13 »

coba om Abdinik & eddypurnomo dikasih spec motor nya pakai apa serta jumlah gigi pinion?? selain itu seting pitch blade, dan kencengnya belt, juga berpengaruh pada beban yang menguras arus batree...rasanya buat heli harus pakai 30-40C lebih aman (CMIIW) kalau 20C cukup buat hover dan patroli ringan dan tidak terlalu low voltage waktu discharge....tidak akan kembung...sama umur batre pemakaian dan perawatan juga berpengaruh...
Last edited by andreas13 on 08 Apr 2011, 07:49, edited 3 times in total.
User avatar
NF
Administrator
Administrator
Posts: 4065
Joined: 18 Jan 2007, 14:10
Location: semarang, jateng
Contact:

Re: batery lipo kembung

Post by NF »

Abdinik wrote:.....3sel 2200 mah 20C untuk heli HK-450......

3 cell = jumlah cell / batere (3)
2200 mAh = kapasitas (C) dari batere itu adalah..........mAh / Ah
20 C = 'burst power' atawa kemampuan si batere untuk di beri beban sebanyak 20x kapasitas si batere dalam beberapa sa'at.
sekadang yg di tulis ga sesuai.... :)
User avatar
Abdinik
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 786
Joined: 08 Jul 2010, 10:05
Location: Mojokerto-Jombang
Contact:

Re: batery lipo kembung

Post by Abdinik »

andreas13 wrote:coba om Abdinik & eddypurnomo dikasih spec motor nya pakai apa serta jumlah gigi pinion?? selain itu seting pitch blade, dan kencengnya belt, juga berpengaruh pada beban yang menguras arus batree...rasanya buat heli harus pakai 30-40C lebih aman (CMIIW) kalau 20C cukup buat hover dan patroli ringan dan tidak terlalu low voltage waktu discharge....tidak akan kembung...sama umur batre pemakaian dan perawatan juga berpengaruh...

saat ini saya masih belajar hover n mulai patroli om
Motor Turnigy 3550 kv
ESC HK blue series 30 A
pinion 13T
seting pitch max -10 dan +10
pitch curve -5 -3 0 +5 +9
throtle curve 0 24 52 64 80
kalo kekencangan belt saya rasa dah kenceng, soale saya tekan tidak sampe nyentuh belt di sisi yang lain.
mohon koreksinya, apakah spek motor dan ESC serta pinion yang saya pakai kurang sesuai. saat ini saya hanya pengennya hover n patroli dulu
User avatar
johansipp
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 265
Joined: 22 Dec 2010, 12:12

Re: batery lipo kembung

Post by johansipp »

Om TS sekalian nanya, yah :pis

* berapa hari toleransi batt penuh terisi tapi belum digunakan utk terbang..
* berapa hari toleransi batt kosong habis dipake sebelum di charge pake digital.
* berapa hari toleransi batt sengaja di charge STORAGE.. #ada rencana keluar kota 2 minggu :whoaa

batt yg dipunya;
2sell 15C 850mAh heli 4ch tanpa modif.
6sel 25C 2600mAh (trex 500esp)
6sel 30C 3000mAh (trex 500esp)

cara pakai saya, hanya patroli hihihihi;
rutin batt di pake max 2x dalam seminggu
minimal dipake 1x dalam seminggu..
dipake gak melewati dibawah 3.75 V - 3.80 V

mohon pencerahan juga. thx b4
User avatar
eddypurnomo
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 145
Joined: 22 Feb 2011, 18:08
Location: indramayu
Contact:

Re: batery lipo kembung

Post by eddypurnomo »

NF wrote:...over drain ?........maksudnya , si batere di "sedot" powernya lebih daripada "C" outnya....

wah..padahal saya cuma pake motor bl 2409-12,itu pun saya gak full trole trus dan si lippo 30c 2200mh..apa emang bat yg jelek Om???saya pake merk dual power...
User avatar
eddypurnomo
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 145
Joined: 22 Feb 2011, 18:08
Location: indramayu
Contact:

Re: batery lipo kembung

Post by eddypurnomo »

andreas13 wrote:coba om Abdinik & eddypurnomo dikasih spec motor nya pakai apa serta jumlah gigi pinion?? selain itu seting pitch blade, dan kencengnya belt, juga berpengaruh pada beban yang menguras arus batree...rasanya buat heli harus pakai 30-40C lebih aman (CMIIW) kalau 20C cukup buat hover dan patroli ringan dan tidak terlalu low voltage waktu discharge....tidak akan kembung...sama umur batre pemakaian dan perawatan juga berpengaruh...

Om andre tu bat saya pake di pswt wd.motor bl 2409-12 prop 7x6 bat 3cell 2200mh 30c.terbang patroli aja,blom bisa aneh2,msh newbie..
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9640
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Re: batery lipo kembung

Post by iwan21 »

eddypurnomo wrote:
NF wrote:...over drain ?........maksudnya , si batere di "sedot" powernya lebih daripada "C" outnya....

wah..padahal saya cuma pake motor bl 2409-12,itu pun saya gak full trole trus dan si lippo 30c 2200mh..apa emang bat yg jelek Om???saya pake merk dual power...



kalo propnya masih 7x6 sih masih aman, kecuali karena asiknya terbang gak ngitung waktu, akhirnya batere hampir habis
Post Reply