Tanya Gy401

Tentang radio , servo , gyro dan rangkaian elektronik

Moderator: widodo

User avatar
gigisekar
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 354
Joined: 16 Oct 2008, 15:33
Location: Jakarta
Contact:

Tanya Gy401

Post by gigisekar »

Mo b'tanya ttg Ftb Gy 401, klo rudder servo s9257 digeser kanan-kiri masih mentok, binding, jarum limit di Gy401 digeser searah jarum jam/berlawanan ya? trus posisi settingnya dalam keadaan hely on/off ? Makasih... :)
User avatar
dedy_r450
Colonel
Colonel
Posts: 5000
Joined: 28 Nov 2007, 18:56
Location: Cibinong
Contact:

Re: Tanya Gy401

Post by dedy_r450 »

gigisekar wrote:Mo b'tanya ttg Ftb Gy 401, klo rudder servo s9257 digeser kanan-kiri masih mentok, binding, jarum limit di Gy401 digeser searah jarum jam/berlawanan ya? trus posisi settingnya dalam keadaan hely on/off ? Makasih... :)


ya benar,.. ccw dan servo rudder aktif, avcs off.
User avatar
gigisekar
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 354
Joined: 16 Oct 2008, 15:33
Location: Jakarta
Contact:

Re: Tanya Gy401

Post by gigisekar »

maaf mas Dedy, sy kurang mengerti.. :oops:

CCW itu apa mas, AVCS off mksdnya gimana? :oops: :oops:
trus klo servo rudder masih binding/mendengung klo stick rudder mentok ke kanan/kiri, jarum limit pada Gy401 diputer searah/berlawanan jarum jam?

makasih banyak penjelasannya :D
User avatar
AgoesAurelz
Major
Major
Posts: 3576
Joined: 20 Oct 2007, 19:03
Location: Mataram-Lombok

Re: Tanya Gy401

Post by AgoesAurelz »

Kalo yg di gyro udah mentok tapi servo masih bunyi... berarti stelan Remote bagian D/R (pada rudernya) yg masih kebesaran... tinggal dikecilkan aja prosentasenya, Juga stelan E-Point nya kalo perlu... gampang tuh om...
User avatar
gigisekar
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 354
Joined: 16 Oct 2008, 15:33
Location: Jakarta
Contact:

Re: Tanya Gy401

Post by gigisekar »

jadi klo di Gy uda mentok D/R nya yg di setting, ok makasih pak Augustinus.. :)
User avatar
dedy_r450
Colonel
Colonel
Posts: 5000
Joined: 28 Nov 2007, 18:56
Location: Cibinong
Contact:

Re: Tanya Gy401

Post by dedy_r450 »

gigisekar wrote:maaf mas Dedy, sy kurang mengerti.. :oops:
CCW itu apa mas, AVCS off mksdnya gimana? :oops: :oops:
trus klo servo rudder masih binding/mendengung klo stick rudder mentok ke kanan/kiri, jarum limit pada Gy401 diputer searah/berlawanan jarum jam?
makasih banyak penjelasannya :D



maaf pake bahasa planet...
CCW itu counter clock wise,. .(berlawanan arah jarum jam)

klo saya biasanya gini setelnya..
AVCS off,.. (nilai gain untuk gyro (ch 5) dikasih nilai 0 % -50 % karna remote saya spektrum/jr, kalau futaba gain dikasih nilai -.
pada saat stick rudder di tengah,.. trim rudder 0,.. Tail Rotor Control ada di tengah2 tail rotor shaft.
nah dari situ kan logikanya kita sudah dapat titik netralnya,
setelah itu stick rudder di geser maks - min..
kalo binding... sambil stick terus jaga di posisi maks-min limit di putar CCW sampai dah ga bunyi.
harusnya sih dapat, tapi kalau sampai batas min dari limit masih binding,.. ubah posisi linkage yang ke arm servo ke lubang yang lebih dekat dari pusat arm servo.

klo mengubah nilai D/R menurut saya itu akan mengubah rate servo tidak mengubah travelnya... *moga-moga ga salah nih..
User avatar
gigisekar
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 354
Joined: 16 Oct 2008, 15:33
Location: Jakarta
Contact:

Re: Tanya Gy401

Post by gigisekar »

ini baru jelas mas, sy langsung ngerti maksudnya haha makasih :D
User avatar
sevenslidegrills
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 1527
Joined: 03 Jul 2007, 00:33
Location: SBY-MDR
Contact:

Re: Tanya Gy401

Post by sevenslidegrills »

Kalo settingan saya untuk Gy401 dg servo 9254 or 9257 Delay 0, limit minimal 100 jangan sampai dibawah 100 karena akan mempengaruhi kerja gyro, lebih dari 100 boleh asal jangan sampai binding terlalu banyak. Untuk setting netral position saya gak pernah lakukan. Jadi setting cukup membuat servo tidak binding baik ke stick rudder ke kanan ato kiri selebihnya posisi netral biar gy401 yang mencari dg sendirinya.
Sama spt mas dedy_r450 Dual Rate/EPA/ATV tidak akan merubah travel servo rudder. Tapi ini hanya merubah piro ratenya saja, semakin besar nilainya semakin cepat rudder berputar.
User avatar
Syafik
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 7946
Joined: 22 Jan 2007, 13:24
Location: Gresik - Surabaya
Contact:

Re: Tanya Gy401

Post by Syafik »

gigisekar wrote:ini baru jelas mas, sy langsung ngerti maksudnya haha makasih :D

Gimana? udah dicoba hasilnya?
User avatar
fajar
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 1468
Joined: 01 Feb 2008, 19:26
Location: Tanjung Balai Karimun, Kepri.

Re: Tanya Gy401

Post by fajar »

mau tanya buat oom gigi hehehe (maaf kalo salah nama) yang om maksud gro 401 dengan servo 9257 yang dipasang di belt-cp bukan??
kalo iya sedikit sharing dari pengalaman temen yang udah pernah nyobain....jadi kalo pake pasangan servonya 9257 (kalo gak salah yang besar ya?) itu akan berpengaruh pada lipo kita...bisa jadi boros om.......saran nich sebaiknya gunakan servo digital yang ukurannya hampir sebanding dengan servo e-sky bawaannya seperti s-80 kalo gak salah sich...
terus juga pengalaman sendiri nich..dengan menggunakan servo digital 9257 biasanya pushrod untuk tailblade suka mentok karena kepanjangan sedangkan kalo servonya kita majuin mentok ma frame, kita tau sendiri kalo pushrod bawaannya belt-cp khan gak bisa disetting panjang-pendeknya...biasanya udah mati gak seperti pushrodnya wd yang ada ulirnya sehingga ujungnya bisa dimajuin/dimundurin...terimakasih....
Post Reply

Return to “RC Electronics”