Tanya Gy401
Moderator: widodo
- gigisekar
- Staff Sergeant

- Posts: 354
- Joined: 16 Oct 2008, 15:33
- Location: Jakarta
- Contact:
Tanya Gy401
Mo b'tanya ttg Ftb Gy 401, klo rudder servo s9257 digeser kanan-kiri masih mentok, binding, jarum limit di Gy401 digeser searah jarum jam/berlawanan ya? trus posisi settingnya dalam keadaan hely on/off ? Makasih... 
- dedy_r450
- Colonel

- Posts: 5000
- Joined: 28 Nov 2007, 18:56
- Location: Cibinong
- Contact:
Re: Tanya Gy401
gigisekar wrote:Mo b'tanya ttg Ftb Gy 401, klo rudder servo s9257 digeser kanan-kiri masih mentok, binding, jarum limit di Gy401 digeser searah jarum jam/berlawanan ya? trus posisi settingnya dalam keadaan hely on/off ? Makasih...
ya benar,.. ccw dan servo rudder aktif, avcs off.
- gigisekar
- Staff Sergeant

- Posts: 354
- Joined: 16 Oct 2008, 15:33
- Location: Jakarta
- Contact:
Re: Tanya Gy401
maaf mas Dedy, sy kurang mengerti..
CCW itu apa mas, AVCS off mksdnya gimana?
trus klo servo rudder masih binding/mendengung klo stick rudder mentok ke kanan/kiri, jarum limit pada Gy401 diputer searah/berlawanan jarum jam?
makasih banyak penjelasannya
CCW itu apa mas, AVCS off mksdnya gimana?
trus klo servo rudder masih binding/mendengung klo stick rudder mentok ke kanan/kiri, jarum limit pada Gy401 diputer searah/berlawanan jarum jam?
makasih banyak penjelasannya
- AgoesAurelz
- Major

- Posts: 3576
- Joined: 20 Oct 2007, 19:03
- Location: Mataram-Lombok
Re: Tanya Gy401
Kalo yg di gyro udah mentok tapi servo masih bunyi... berarti stelan Remote bagian D/R (pada rudernya) yg masih kebesaran... tinggal dikecilkan aja prosentasenya, Juga stelan E-Point nya kalo perlu... gampang tuh om...
- gigisekar
- Staff Sergeant

- Posts: 354
- Joined: 16 Oct 2008, 15:33
- Location: Jakarta
- Contact:
Re: Tanya Gy401
jadi klo di Gy uda mentok D/R nya yg di setting, ok makasih pak Augustinus.. 
- dedy_r450
- Colonel

- Posts: 5000
- Joined: 28 Nov 2007, 18:56
- Location: Cibinong
- Contact:
Re: Tanya Gy401
gigisekar wrote:maaf mas Dedy, sy kurang mengerti..![]()
CCW itu apa mas, AVCS off mksdnya gimana?![]()
![]()
trus klo servo rudder masih binding/mendengung klo stick rudder mentok ke kanan/kiri, jarum limit pada Gy401 diputer searah/berlawanan jarum jam?
makasih banyak penjelasannya
maaf pake bahasa planet...
CCW itu counter clock wise,. .(berlawanan arah jarum jam)
klo saya biasanya gini setelnya..
AVCS off,.. (nilai gain untuk gyro (ch 5) dikasih nilai 0 % -50 % karna remote saya spektrum/jr, kalau futaba gain dikasih nilai -.
pada saat stick rudder di tengah,.. trim rudder 0,.. Tail Rotor Control ada di tengah2 tail rotor shaft.
nah dari situ kan logikanya kita sudah dapat titik netralnya,
setelah itu stick rudder di geser maks - min..
kalo binding... sambil stick terus jaga di posisi maks-min limit di putar CCW sampai dah ga bunyi.
harusnya sih dapat, tapi kalau sampai batas min dari limit masih binding,.. ubah posisi linkage yang ke arm servo ke lubang yang lebih dekat dari pusat arm servo.
klo mengubah nilai D/R menurut saya itu akan mengubah rate servo tidak mengubah travelnya... *moga-moga ga salah nih..
- gigisekar
- Staff Sergeant

- Posts: 354
- Joined: 16 Oct 2008, 15:33
- Location: Jakarta
- Contact:
Re: Tanya Gy401
ini baru jelas mas, sy langsung ngerti maksudnya haha makasih 
- sevenslidegrills
- Chief Master Sergeant

- Posts: 1527
- Joined: 03 Jul 2007, 00:33
- Location: SBY-MDR
- Contact:
Re: Tanya Gy401
Kalo settingan saya untuk Gy401 dg servo 9254 or 9257 Delay 0, limit minimal 100 jangan sampai dibawah 100 karena akan mempengaruhi kerja gyro, lebih dari 100 boleh asal jangan sampai binding terlalu banyak. Untuk setting netral position saya gak pernah lakukan. Jadi setting cukup membuat servo tidak binding baik ke stick rudder ke kanan ato kiri selebihnya posisi netral biar gy401 yang mencari dg sendirinya.
Sama spt mas dedy_r450 Dual Rate/EPA/ATV tidak akan merubah travel servo rudder. Tapi ini hanya merubah piro ratenya saja, semakin besar nilainya semakin cepat rudder berputar.
Sama spt mas dedy_r450 Dual Rate/EPA/ATV tidak akan merubah travel servo rudder. Tapi ini hanya merubah piro ratenya saja, semakin besar nilainya semakin cepat rudder berputar.
- Syafik
- Brigadier General

- Posts: 7946
- Joined: 22 Jan 2007, 13:24
- Location: Gresik - Surabaya
- Contact:
Re: Tanya Gy401
gigisekar wrote:ini baru jelas mas, sy langsung ngerti maksudnya haha makasih
Gimana? udah dicoba hasilnya?
- fajar
- Senior Master Sergeant

- Posts: 1468
- Joined: 01 Feb 2008, 19:26
- Location: Tanjung Balai Karimun, Kepri.
Re: Tanya Gy401
mau tanya buat oom gigi hehehe (maaf kalo salah nama) yang om maksud gro 401 dengan servo 9257 yang dipasang di belt-cp bukan??
kalo iya sedikit sharing dari pengalaman temen yang udah pernah nyobain....jadi kalo pake pasangan servonya 9257 (kalo gak salah yang besar ya?) itu akan berpengaruh pada lipo kita...bisa jadi boros om.......saran nich sebaiknya gunakan servo digital yang ukurannya hampir sebanding dengan servo e-sky bawaannya seperti s-80 kalo gak salah sich...
terus juga pengalaman sendiri nich..dengan menggunakan servo digital 9257 biasanya pushrod untuk tailblade suka mentok karena kepanjangan sedangkan kalo servonya kita majuin mentok ma frame, kita tau sendiri kalo pushrod bawaannya belt-cp khan gak bisa disetting panjang-pendeknya...biasanya udah mati gak seperti pushrodnya wd yang ada ulirnya sehingga ujungnya bisa dimajuin/dimundurin...terimakasih....
kalo iya sedikit sharing dari pengalaman temen yang udah pernah nyobain....jadi kalo pake pasangan servonya 9257 (kalo gak salah yang besar ya?) itu akan berpengaruh pada lipo kita...bisa jadi boros om.......saran nich sebaiknya gunakan servo digital yang ukurannya hampir sebanding dengan servo e-sky bawaannya seperti s-80 kalo gak salah sich...
terus juga pengalaman sendiri nich..dengan menggunakan servo digital 9257 biasanya pushrod untuk tailblade suka mentok karena kepanjangan sedangkan kalo servonya kita majuin mentok ma frame, kita tau sendiri kalo pushrod bawaannya belt-cp khan gak bisa disetting panjang-pendeknya...biasanya udah mati gak seperti pushrodnya wd yang ada ulirnya sehingga ujungnya bisa dimajuin/dimundurin...terimakasih....