Cara memakai dan Merawat Lipo battery

Moderators: unding, ajo.naim

Post Reply
User avatar
Budiman
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 1894
Joined: 17 Jan 2007, 15:27
Location: bekasi-surabaya
Contact:

Post by Budiman »

Wind Raider wrote:Jangan ditusuk pak .. berbahaya ... Kalau udah gembung yah di buang aja . Daripada resiko .
Misalnya Anda charge lagi ; gasnya keluar lewat lubang tersebut . Gas tsb gampang terbakar .
Saya pernah buka bat lipo ; isinya seperti lembaran 2 tipis dan elektrolit memang mirip gel .
Baterai Lipo yang murmer kebanyakan specsnya meragukan . Lagipula dari mana kita tahu itu benar atau tidak ..Lipo , imho, adalah produk yang belum sempurna tapi anehnya sudah boleh beredar .

p.s:
Ada yang pernah pakai Lipo lebih dari 6 bulan gak dengan kondisi yang masih bagus ?? Kalau ada tolong kasih cara maintainnya .


Pak Wind,
Maaf sebelumnya..cara spt yg saya sampaikan, memang tidak dianjurkan..tapi bagaimanapun gas ini harus dikeluarkan..apapun caranya
Sedangkan utk membuang battery ato ga nya..kita serahkan kepada pilot masing2..kita semua sudah tau seberapa besar bahaya dan harga utk sebuah LiPo..
Yang bisa kita lakukan saat ini hanya utk merawat life time battery LiPo..
mengingat harga battery yg tidak murah juga..konsekwensi kayaknya ya..hehehehe

Design fisik pd battery LiPo ini,sangat tidak memenuhi syarat utk ukuran sebuah battery yg wajar...menurut saya pribadi..
Karena tiap cell nya tidak memiliki access utk membuang gas..sedangkan gas akan selalu dihasilkan selama battery dikonsumsi(charging dan discharging)...

Pengalaman saya selama ini, dlm menggunakan LiPo...bisa mencapai lebih dr 6 bulan...maintain tetap sama spt yg dilakukan oleh Mas Oddie, hanya dalam pemakaian,saya tidak pernah terbang dengan memakai mode idle-up dan tdk perna mengaktifkan governor mode pd ESC..saya tetap bertahan dengan mode normal...
Alasan saya:
Pada heli electric...penggunaan mode idle-up dan governor pd ESC
menuntut stabilitas power yg hampir konstan dr pitch blade negatif sampe pitch blade positif...hal ini mengakibatkan battery terkuras lebi banyak dr pd mode normal.
Lalu..setting up pd throttle curve dan pitch curve pd Tx..selalu merujuk pd buku manual heli nya...pitch selalu menjadi beban bagi motor..yg konsekwensinya mengarah pd ESC dan akhirnya ke battery..
Di sini penggunaan pitch gauge sangat berarti...sehingga kita tau seberapa besar nilai pitch pd pitch curve kita...semakin besar pitch,maka konsumsi battery akan besar juga..itu sudah rumusan..
Seperti kasus yg terjadi pd Mas Odie..saya kira wajar sajalah dengan motor Align 3550KV,lebih banyak membutuhkan power...krn saya sudah alami sendiri...kebetulan saya pake 3550KV dan 3220KV...
Pada motor 3220KV..konsumsi powernya tidak sebanyak motor 3550KV..
Terus penentuan pinion gear pd motor..ini juga menentukan..jangan sampe kita salah menentukan pinion gear yg akan mengakibatkan motor malah terbebani lebi banyak..dan mengarah ke battery lagi..

Memang,banyak pilot yg lebi suka dengan mode idle-up dan motor 3550 KV...saya sendiri jg lebi suka 3550KV...dan idle-up lebi asyik dlm flight performance..
Tapi kayaknya konsekwensinya akan tetap kembali pada itu2 juga...

Demikian dari saya..mohon maaf kalo ada yg salah..ini sekedar membagi pengalaman saja =P~

salam,

budi
User avatar
puturai
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 108
Joined: 28 Feb 2007, 17:20
Location: Jakarta

Post by puturai »

odie wrote:sekalian, mumpung pd ngomongin li-po, saya udah setahun lebih maen t-rex, dan udah gak keitung pula berapa kali saya gonta ganti li-po dari berbagai merk tentunya. rata2 yang saya pake 11.1 v 2200 mah, ada yang 15C, 18C, 20C. saya pake charger (with balancer tentunya) li-po merk prolux yang ada selector charge-ratenya (500mah, 1000mah, 2000mah).
pertanyaan utama saya adalah : emang bener ya semua li-po itu lama kelamaan jadi gendut? pengalaman saya, dari merk murah sampe yang mahal pun semua jadi gendut alias bunting. pasti semua bakal nyalahin saya salah ngecharge atau mainnya kelamaan. nggak at all!!
saya ngecharge sesuai C-nya, 2200mah pake charge rate 2A aman dong... (sesuai instruksi boss Aris Irsansaputra). l/k 45-50 menit ti li-po udah "jadi".
mainnya? saya selalu pake timer di TX saya under 7 menit. saya tau banget kalo li-po kepanasan bakal drop, jadi saya akhiri terbang dgn li-po yang anget2 aja, standar, gak panas. saya selalu check tiap abis main, balance per cell-nya (pake ammeter) : rata2 sih selalu balance. mis : 3.85-3.86-3.85. balance dong?
nah masalahnya, saya udah "tertib" gini memperlakukan li-po tapi kok dia masih bunting aja ya?
oya, spek heli saya (kali aja pengaruh) : BL motor 3550kv & esc 35A.


om odie, maap nih bukannya menggurui yah.. kalau mau cepat ngecharge lipo memang menggunakan current = 1C alias jika tertera pada lipo 2200mAh di charge dengan ampere 2A=2000mA tapi dengan kondisi seperti itu akan membuat lipo menjadi cepat menggelembung, karena sifat chargingnya fast dan dischargenya juga fast.. apalagi jika pilotnya masih menggunakan mode normal(tidak idle) dan semua lipo akan menggelembung seiring jalannya waktu pemakaian. namun ada cara agar membuat bagaimana lipo tsb tidak cepat menggelembung dengan kurun waktu kita membeli lipo tsb. seperti dengan menggunakan kapasitas current 0.5C maksudnya jika pada lipo tertera 2200mAh gunakanlah arus 1A=1000mA pada saat charging. dan yang perlu di ingat adalah kita baru bisa ngecharge lipo pada saat temperatur lipo sudah normal seperti suhu ruangan.. mungkin dengan cara sperti ini bisa memperpanjang umur lipo anda om odie.. :)
User avatar
darma
Airman
Airman
Posts: 35
Joined: 13 Jul 2007, 13:51
Location: Jakarta Barat
Contact:

Batere Align 2200mAH 22C

Post by darma »

Batere saya Align 2200mAH 22C sudah mulai gembung sedikit disisi yang ada label "Align Lithium Polymer".... #-o ..... kejadiannya sudah saya alami sejak pemakaian yang pertama (untuk heli TREX motor 430L 3550kV) ...... padahal saya sudah memakai dengan hati-hati, seperti misalnya pemakaian hanya sekitar 7-10 menit dan untuk hovering saja..... itupun batere cuma anget sedikit tidak panas.... kalo sudah dingin biasanya kempes sedikit, tapi tidak balik semula seperti waktu masih baru.........

Saya pake charger standar Walkera via port balancer....... charger ini sudah saya pakai sejak 6 bulan lalu untuk batere Walkera 1200mAH 10C.... dan sampai sekarang baterenya tetap solid tidak gembung meskipun sudah dicharge lebih dari 80 kali... =D> .. padahal kalo dicek tegangan tiap selnya sebenarnya tidak pernah balance, karena selisih tegangan bisa 50-70 mV antar selnya...... untuk Align 2200mAH ini saya masih menggunakan charger yang sama, tapi sebelum dan sesudah dicharge saya balance ulang pake Tahmazo T6B, dan kalo diukur pakai Voltmeter, benar selisih antar sel < 10 mV..... :-k .....

Mau tanya pada para suhu yang sudah pernah mencoba berbagai merek Lypo..... apakah merek2 selain Align juga mengalami hal serupa...... kelihatannya kalo Align 2200mAH 22C sudah banyak di "blacklist" di forum2 luar...... :bow: :bow:
User avatar
chandra
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 92
Joined: 26 Jul 2007, 17:52
Location: JAWA TENGAH

Post by chandra »

Budiman wrote:
Wind Raider wrote:Jangan ditusuk pak .. berbahaya ... Kalau udah gembung yah di buang aja . Daripada resiko .
Misalnya Anda charge lagi ; gasnya keluar lewat lubang tersebut . Gas tsb gampang terbakar .
Saya pernah buka bat lipo ; isinya seperti lembaran 2 tipis dan elektrolit memang mirip gel .
Baterai Lipo yang murmer kebanyakan specsnya meragukan . Lagipula dari mana kita tahu itu benar atau tidak ..Lipo , imho, adalah produk yang belum sempurna tapi anehnya sudah boleh beredar .

p.s:
Ada yang pernah pakai Lipo lebih dari 6 bulan gak dengan kondisi yang masih bagus ?? Kalau ada tolong kasih cara maintainnya .


Pak Wind,
Maaf sebelumnya..cara spt yg saya sampaikan, memang tidak dianjurkan..tapi bagaimanapun gas ini harus dikeluarkan..apapun caranya
Sedangkan utk membuang battery ato ga nya..kita serahkan kepada pilot masing2..kita semua sudah tau seberapa besar bahaya dan harga utk sebuah LiPo..
Yang bisa kita lakukan saat ini hanya utk merawat life time battery LiPo..
mengingat harga battery yg tidak murah juga..konsekwensi kayaknya ya..hehehehe

Design fisik pd battery LiPo ini,sangat tidak memenuhi syarat utk ukuran sebuah battery yg wajar...menurut saya pribadi..
Karena tiap cell nya tidak memiliki access utk membuang gas..sedangkan gas akan selalu dihasilkan selama battery dikonsumsi(charging dan discharging)...

Pengalaman saya selama ini, dlm menggunakan LiPo...bisa mencapai lebih dr 6 bulan...maintain tetap sama spt yg dilakukan oleh Mas Oddie, hanya dalam pemakaian,saya tidak pernah terbang dengan memakai mode idle-up dan tdk perna mengaktifkan governor mode pd ESC..saya tetap bertahan dengan mode normal...
Alasan saya:
Pada heli electric...penggunaan mode idle-up dan governor pd ESC
menuntut stabilitas power yg hampir konstan dr pitch blade negatif sampe pitch blade positif...hal ini mengakibatkan battery terkuras lebi banyak dr pd mode normal.
Lalu..setting up pd throttle curve dan pitch curve pd Tx..selalu merujuk pd buku manual heli nya...pitch selalu menjadi beban bagi motor..yg konsekwensinya mengarah pd ESC dan akhirnya ke battery..
Di sini penggunaan pitch gauge sangat berarti...sehingga kita tau seberapa besar nilai pitch pd pitch curve kita...semakin besar pitch,maka konsumsi battery akan besar juga..itu sudah rumusan..
Seperti kasus yg terjadi pd Mas Odie..saya kira wajar sajalah dengan motor Align 3550KV,lebih banyak membutuhkan power...krn saya sudah alami sendiri...kebetulan saya pake 3550KV dan 3220KV...
Pada motor 3220KV..konsumsi powernya tidak sebanyak motor 3550KV..
Terus penentuan pinion gear pd motor..ini juga menentukan..jangan sampe kita salah menentukan pinion gear yg akan mengakibatkan motor malah terbebani lebi banyak..dan mengarah ke battery lagi..

Memang,banyak pilot yg lebi suka dengan mode idle-up dan motor 3550 KV...saya sendiri jg lebi suka 3550KV...dan idle-up lebi asyik dlm flight performance..
Tapi kayaknya konsekwensinya akan tetap kembali pada itu2 juga...

Demikian dari saya..mohon maaf kalo ada yg salah..ini sekedar membagi pengalaman saja =P~

salam,

budi


Halo Pak Budi,

Saya juga punya lipo yang mengembung 3 cell 1300 mah dan 3 cell 620 mah.
kalo ditusuk pake jarum , cell yang ditengah ditusuk juga ngak ?
dan setelah ditusuk lubangnya ditutup pake apa ?
apakah setelah kempes bisa mengembung lagi.
saya masih ragu, lebih aman yang mana ,terus pake lipo dalam kondisi mengembung atau lipo dikempesin dulu dengan cara ditusuk kemudian dipake lagi.

sebab lipo mau dibuang sayang baru beli 1 bulan. :-k

Thanks

chandra
User avatar
coyo
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 1494
Joined: 17 Jan 2007, 17:00
Location: Kota Jababeka, Cikarang
Contact:

Post by coyo »

sebaiknya dipakai setelah lipo kempes, tp cara ditusuk menurut sy tidak disarankan.
klo sy biasanya didiamkan gak dipake selama beberapa minggu sampe kempes seperti waktu masih baru, abis itu baru dipake lagi.
User avatar
NF
Gaero Public Relation
Gaero Public Relation
Posts: 7145
Joined: 18 Jan 2007, 14:10
Location: semarang, jateng
Contact:

Post by NF »

LIPO di tusuk ?...jangan bisa konslet/terbakar/ atau malah meledak.....
lebih baik charge nya lama daripada quick tapi kembung.....
User avatar
Franky
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 144
Joined: 13 Mar 2007, 11:13
Location: Jakarta
Contact:

Post by Franky »

Biasanya sih kalo lipo saya udah gembung, disimpan di dalam blower AC, 1-2 hari udah kempes lagi, ada yg bilang malah di taruh di freezer kulkas, tapi karena dingin bgt saya takut malah nanti ada efek ke sel-sel didalam batt liponya... kalo ditusuk sih takut nanti gas beracunnya keluar dan berbahaya buat kesehatan...
User avatar
NF
Gaero Public Relation
Gaero Public Relation
Posts: 7145
Joined: 18 Jan 2007, 14:10
Location: semarang, jateng
Contact:

Post by NF »

...atau mungkin waktu ngecharge, batere di kompres pakai lap yg di basahin pakai air es supaya suhu / temp pd batere tetep dingin dan proses penguapan cairan polymer pd batere dapat di kurangi..
User avatar
Franky
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 144
Joined: 13 Mar 2007, 11:13
Location: Jakarta
Contact:

Post by Franky »

night fox wrote:...atau mungkin waktu ngecharge, batere di kompres pakai lap yg di basahin pakai air es supaya suhu / temp pd batere tetep dingin dan proses penguapan cairan polymer pd batere dapat di kurangi..


Om NF kalau lagi ngecharge di kompres pake lap basah apa ga takut terjadi short? takutnya terjadi proses kondensasi... (takutnya... maaf kalo salah krn masih awam, jd berpikir menurut teori dari logika sendiri aja...)
User avatar
NF
Gaero Public Relation
Gaero Public Relation
Posts: 7145
Joined: 18 Jan 2007, 14:10
Location: semarang, jateng
Contact:

Post by NF »

asal tidak basah oleh air (kompresnya kalo perlu dibungkus kantong plastik)
Post Reply

Return to “Battery & Charger”