DLE 111 panas Cylinder Heads tidak sama. Apa penyebabnya ?

Tentang engine , cara perawatan dan bahan bakar

Moderator: sudjai sarmo

User avatar
sudjai sarmo
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 2597
Joined: 30 Jan 2007, 04:37
Location: Banjarbaru.
Contact:

DLE 111 panas Cylinder Heads tidak sama. Apa penyebabnya ?

Post by sudjai sarmo »

DLE111 memakai sensor panas mesin dengan telemetri Aurora 9 pada saat mesin dingin penunjukan panasnya sama tetapi setelah mesin dihidupkan beberapa saat ternyata antara Cylinder 1 dan Cylinder 2 ada beda panas sekitar 20 derajat C lebih panas yang cylinder 1. Begitu juga semburan Olie bekas di Muffler lebih banyak di mesin 2. Padahal Karburator hanya sebuah untuk kedua silinder dan harusnya kan semburan olie pada knalpot harus sama. Saya belum tau apakah hanya DLE111 yang saya breakin ini saja ataukah semua DLE111 mempunyai masalah yang sama.
User avatar
christoffel
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 1547
Joined: 04 Jan 2008, 13:42
Location: Pondok Chandra Surabaya

Re: DLE 111 panas Cylinder Heads tidak sama. Apa penyebabnya ?

Post by christoffel »

posisi engine nya menghadap mana om ?
dari pengalaman, saat engine dipasang dg knalpot menghadap samping, memang aliran bbm lebih lancar yg ke cylinder bawah daripada yg atas. otomatis suhu cylinder yg atas jadi lebih panas ...
kalau knalpot menghadap ke atas, engine agak sulit start, karena jadi gampang banjir.
alhasil sekarang saya putus kan kembali ke kodrat, knalpot menghadap bawah, dan nggak pernah rewel lagi. suhu cylinder juga sama ...
User avatar
Budi
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 9685
Joined: 09 Jul 2008, 13:39
Location: JAKARTA

Re: DLE 111 panas Cylinder Heads tidak sama. Apa penyebabnya ?

Post by Budi »

dari pengalaman bersama eyang toto dan eyang wisnu a.k.a. Su-31....ini disebabkan karenatidak simetrisnya engine/intake dll.

cara mengakalinya, kalo nggak salah, cylinder yang lebih panas, diturunkan kompresinya dengan cara penambahan sims
User avatar
sudjai sarmo
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 2597
Joined: 30 Jan 2007, 04:37
Location: Banjarbaru.
Contact:

Re: DLE 111 panas Cylinder Heads tidak sama. Apa penyebabnya ?

Post by sudjai sarmo »

Terima kasih Bung Budi, jalan pintas termudah memang perbandingan kompresi dikurangi pada silinder yang lebih panas, tetapi masalah utama disini kelihatannya adalah pasokan udara dan bahan bakar lebih banyak ke silinder yang agak dingin. Makanya saya akan coba dulu dengan meng utak atik Venturi nya dulu.
User avatar
DIMAS
Master Sergeant
Master Sergeant
Posts: 810
Joined: 28 Dec 2008, 19:50
Location: Ciputat

Re: DLE 111 panas Cylinder Heads tidak sama. Apa penyebabnya ?

Post by DIMAS »

sudjai sarmo wrote:Terima kasih Bung Budi, jalan pintas termudah memang perbandingan kompresi dikurangi pada silinder yang lebih panas, tetapi masalah utama disini kelihatannya adalah pasokan udara dan bahan bakar lebih banyak ke silinder yang agak dingin. Makanya saya akan coba dulu dengan meng utak atik Venturi nya dulu.
Kalo pengalaman saya, membrane kadang ga rapat sempurna karena permukaan dudukan membran ada sisa cetakan.
Akibatnya pasokan bahan bakar kurang.
Periksa dan sempurnakan, dan dites sebelum dipasang.

Salam...
User avatar
topankaltim
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 603
Joined: 20 Mar 2011, 18:47
Location: samarinda-kaltim

Re: DLE 111 panas Cylinder Heads tidak sama. Apa penyebabnya ?

Post by topankaltim »

:whoaa

Ternyata masalah yang sama terjadi juga dengan DLE 111CC di sebulu ini Pakde DJai... knalpot kiri asapnya lebih sedikit dan lebih panas

solusinya apa ya yang di lakukan sama Pakde Djai?

mohon bantuannnya
:thx
Post Reply

Return to “Engine”