DLE 111 panas Cylinder Heads tidak sama. Apa penyebabnya ?
Moderator: sudjai sarmo
- sudjai sarmo
- First Lieutenant
- Posts: 2597
- Joined: 30 Jan 2007, 04:37
- Location: Banjarbaru.
- Contact:
DLE 111 panas Cylinder Heads tidak sama. Apa penyebabnya ?
DLE111 memakai sensor panas mesin dengan telemetri Aurora 9 pada saat mesin dingin penunjukan panasnya sama tetapi setelah mesin dihidupkan beberapa saat ternyata antara Cylinder 1 dan Cylinder 2 ada beda panas sekitar 20 derajat C lebih panas yang cylinder 1. Begitu juga semburan Olie bekas di Muffler lebih banyak di mesin 2. Padahal Karburator hanya sebuah untuk kedua silinder dan harusnya kan semburan olie pada knalpot harus sama. Saya belum tau apakah hanya DLE111 yang saya breakin ini saja ataukah semua DLE111 mempunyai masalah yang sama.
- christoffel
- Chief Master Sergeant
- Posts: 1547
- Joined: 04 Jan 2008, 13:42
- Location: Pondok Chandra Surabaya
Re: DLE 111 panas Cylinder Heads tidak sama. Apa penyebabnya ?
posisi engine nya menghadap mana om ?
dari pengalaman, saat engine dipasang dg knalpot menghadap samping, memang aliran bbm lebih lancar yg ke cylinder bawah daripada yg atas. otomatis suhu cylinder yg atas jadi lebih panas ...
kalau knalpot menghadap ke atas, engine agak sulit start, karena jadi gampang banjir.
alhasil sekarang saya putus kan kembali ke kodrat, knalpot menghadap bawah, dan nggak pernah rewel lagi. suhu cylinder juga sama ...
dari pengalaman, saat engine dipasang dg knalpot menghadap samping, memang aliran bbm lebih lancar yg ke cylinder bawah daripada yg atas. otomatis suhu cylinder yg atas jadi lebih panas ...
kalau knalpot menghadap ke atas, engine agak sulit start, karena jadi gampang banjir.
alhasil sekarang saya putus kan kembali ke kodrat, knalpot menghadap bawah, dan nggak pernah rewel lagi. suhu cylinder juga sama ...
- Budi
- Brigadier General
- Posts: 9685
- Joined: 09 Jul 2008, 13:39
- Location: JAKARTA
Re: DLE 111 panas Cylinder Heads tidak sama. Apa penyebabnya ?
dari pengalaman bersama eyang toto dan eyang wisnu a.k.a. Su-31....ini disebabkan karenatidak simetrisnya engine/intake dll.
cara mengakalinya, kalo nggak salah, cylinder yang lebih panas, diturunkan kompresinya dengan cara penambahan sims
cara mengakalinya, kalo nggak salah, cylinder yang lebih panas, diturunkan kompresinya dengan cara penambahan sims
- sudjai sarmo
- First Lieutenant
- Posts: 2597
- Joined: 30 Jan 2007, 04:37
- Location: Banjarbaru.
- Contact:
Re: DLE 111 panas Cylinder Heads tidak sama. Apa penyebabnya ?
Terima kasih Bung Budi, jalan pintas termudah memang perbandingan kompresi dikurangi pada silinder yang lebih panas, tetapi masalah utama disini kelihatannya adalah pasokan udara dan bahan bakar lebih banyak ke silinder yang agak dingin. Makanya saya akan coba dulu dengan meng utak atik Venturi nya dulu.
- DIMAS
- Master Sergeant
- Posts: 810
- Joined: 28 Dec 2008, 19:50
- Location: Ciputat
Re: DLE 111 panas Cylinder Heads tidak sama. Apa penyebabnya ?
Kalo pengalaman saya, membrane kadang ga rapat sempurna karena permukaan dudukan membran ada sisa cetakan.sudjai sarmo wrote:Terima kasih Bung Budi, jalan pintas termudah memang perbandingan kompresi dikurangi pada silinder yang lebih panas, tetapi masalah utama disini kelihatannya adalah pasokan udara dan bahan bakar lebih banyak ke silinder yang agak dingin. Makanya saya akan coba dulu dengan meng utak atik Venturi nya dulu.
Akibatnya pasokan bahan bakar kurang.
Periksa dan sempurnakan, dan dites sebelum dipasang.
Salam...
- topankaltim
- Technical Sergeant
- Posts: 603
- Joined: 20 Mar 2011, 18:47
- Location: samarinda-kaltim
Re: DLE 111 panas Cylinder Heads tidak sama. Apa penyebabnya ?

Ternyata masalah yang sama terjadi juga dengan DLE 111CC di sebulu ini Pakde DJai... knalpot kiri asapnya lebih sedikit dan lebih panas
solusinya apa ya yang di lakukan sama Pakde Djai?
mohon bantuannnya
