Teman saya menggunakan engine Evolution .52 (baru) untuk pesawat Mustang P51Dnya.
Setelah proses break-in selesai, langsung dicoba. Sebelum take-off, idle bagus, full throtle lk. 1 menit, oke. Begitu dinaikkan, timbul gejala RPM
turun naik seperti berayun, tidak lama engine mati diatas.
Abis landing, disetel sedikit rich, trus take-off lagi. Kejadian RPM turun naik dan engine mati berulang lagi. Begitu juga dengan percobaan dengan setting sedikit lean.
Ada yang bisa advice? Apa yang salah? (Glow plug menggunakan OS No. 8, dan baru).
TIA
Salam,
Engine tidak stabil
Moderator: sudjai sarmo
- Fabian
- Senior Airman
- Posts: 180
- Joined: 18 Jan 2007, 00:42
- Location: Jambi
- Contact:
- sudjai sarmo
- First Lieutenant
- Posts: 2597
- Joined: 30 Jan 2007, 04:37
- Location: Banjarbaru.
- Contact:
- Fabian
- Senior Airman
- Posts: 180
- Joined: 18 Jan 2007, 00:42
- Location: Jambi
- Contact:
sudja'i sarmo wrote:Itu akibat dari aliran fuel yang tersendat, lepas slang yang ke engine dan tutup atau dijepit lalu tiup slang yang dari muffler amati ada kebocoran atau tidak, kalau semua oke biasanya terjadi bubble fuel, antisipasinya pasang filter bubble less.
Filter bubble less bentukya gimana ya Om?
Salam,
- sudjai sarmo
- First Lieutenant
- Posts: 2597
- Joined: 30 Jan 2007, 04:37
- Location: Banjarbaru.
- Contact:
- djonipln
- Airman First Class
- Posts: 51
- Joined: 28 Feb 2007, 11:13
Fabian wrote:sudja'i sarmo wrote:Itu akibat dari aliran fuel yang tersendat, lepas slang yang ke engine dan tutup atau dijepit lalu tiup slang yang dari muffler amati ada kebocoran atau tidak, kalau semua oke biasanya terjadi bubble fuel, antisipasinya pasang filter bubble less.
Filter bubble less bentukya gimana ya Om?
Salam,
...."LOSSES PRESURE"pengalaman sy klo engine mati2 cek apakah pressure dari muffler benar2 efektif artinya jangan2 pressurenya sdh hilang dalam tangki krn ada kebocoran saat anda pasang 2 pcs tube (bhn metal or palstic red.) kedalam tanggki dgn space karet warna item.....coba amati lagi kondisi tsb., kmdn ada cara lain utk cek apakah pressure OK?...yakni coba pasang ONEWAY VALE pada tube silicon dr muffler ke fuel tank....engine nyalakan kira2 2menit kmdn matikan/tutup carburatornya...dan buka tube silicon yang masuk ke carburator serta dengerin masih adakah suara desis angin yang keluar?...jika tidak yaitu yang namanya "losses pressure".....penyebab engine mati2
- nyonk
- Grage Idol
- Posts: 1381
- Joined: 06 Mar 2007, 12:50
- Location: indramayu
beberapa penyebab mati nya engine pada saat fly atau test engine adalah :
1. pemberat / bandul yang ada di dalam tanki nyangkut, karena hose / selang bbm yang terlalu panjang
2. salah satu hose / selang yang terpasang pada engine mengalami bocor halus,sobek,terjepit,selang terlalu lunak, sehingga tidak mampu menahan tekanan/press yang ada.
indikasi nya adalah, terjadi plugtuasi ( adanya gelembung2 udara didalam selang bbm dari tanki ke carburator ).
agar di check juga setiap ujung2 selang nya.......
3. fuel tank mengalami kebocoran (bocor halus), agar di test press untuk mengetahui bocor tidak nya.
4. check and recheck before you fly..............

1. pemberat / bandul yang ada di dalam tanki nyangkut, karena hose / selang bbm yang terlalu panjang
2. salah satu hose / selang yang terpasang pada engine mengalami bocor halus,sobek,terjepit,selang terlalu lunak, sehingga tidak mampu menahan tekanan/press yang ada.
indikasi nya adalah, terjadi plugtuasi ( adanya gelembung2 udara didalam selang bbm dari tanki ke carburator ).
agar di check juga setiap ujung2 selang nya.......
3. fuel tank mengalami kebocoran (bocor halus), agar di test press untuk mengetahui bocor tidak nya.
4. check and recheck before you fly..............


