Engine tidak stabil

Tentang engine , cara perawatan dan bahan bakar

Moderator: sudjai sarmo

Post Reply
User avatar
Fabian
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 180
Joined: 18 Jan 2007, 00:42
Location: Jambi
Contact:

Engine tidak stabil

Post by Fabian »

Teman saya menggunakan engine Evolution .52 (baru) untuk pesawat Mustang P51Dnya.
Setelah proses break-in selesai, langsung dicoba. Sebelum take-off, idle bagus, full throtle lk. 1 menit, oke. Begitu dinaikkan, timbul gejala RPM
turun naik seperti berayun, tidak lama engine mati diatas.
Abis landing, disetel sedikit rich, trus take-off lagi. Kejadian RPM turun naik dan engine mati berulang lagi. Begitu juga dengan percobaan dengan setting sedikit lean.
Ada yang bisa advice? Apa yang salah? (Glow plug menggunakan OS No. 8, dan baru).
TIA

Salam,
User avatar
sudjai sarmo
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 2597
Joined: 30 Jan 2007, 04:37
Location: Banjarbaru.
Contact:

Post by sudjai sarmo »

Itu akibat dari aliran fuel yang tersendat, lepas slang yang ke engine dan tutup atau dijepit lalu tiup slang yang dari muffler amati ada kebocoran atau tidak, kalau semua oke biasanya terjadi bubble fuel, antisipasinya pasang filter bubble less.
User avatar
Fabian
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 180
Joined: 18 Jan 2007, 00:42
Location: Jambi
Contact:

Post by Fabian »

sudja'i sarmo wrote:Itu akibat dari aliran fuel yang tersendat, lepas slang yang ke engine dan tutup atau dijepit lalu tiup slang yang dari muffler amati ada kebocoran atau tidak, kalau semua oke biasanya terjadi bubble fuel, antisipasinya pasang filter bubble less.

Filter bubble less bentukya gimana ya Om?

Salam,
User avatar
sudjai sarmo
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 2597
Joined: 30 Jan 2007, 04:37
Location: Banjarbaru.
Contact:

Post by sudjai sarmo »

Bisa ditanyakan di Hobby Shops.
User avatar
djonipln
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 51
Joined: 28 Feb 2007, 11:13

Post by djonipln »

Fabian wrote:
sudja'i sarmo wrote:Itu akibat dari aliran fuel yang tersendat, lepas slang yang ke engine dan tutup atau dijepit lalu tiup slang yang dari muffler amati ada kebocoran atau tidak, kalau semua oke biasanya terjadi bubble fuel, antisipasinya pasang filter bubble less.

Filter bubble less bentukya gimana ya Om?

Salam,

...."LOSSES PRESURE"pengalaman sy klo engine mati2 cek apakah pressure dari muffler benar2 efektif artinya jangan2 pressurenya sdh hilang dalam tangki krn ada kebocoran saat anda pasang 2 pcs tube (bhn metal or palstic red.) kedalam tanggki dgn space karet warna item.....coba amati lagi kondisi tsb., kmdn ada cara lain utk cek apakah pressure OK?...yakni coba pasang ONEWAY VALE pada tube silicon dr muffler ke fuel tank....engine nyalakan kira2 2menit kmdn matikan/tutup carburatornya...dan buka tube silicon yang masuk ke carburator serta dengerin masih adakah suara desis angin yang keluar?...jika tidak yaitu yang namanya "losses pressure".....penyebab engine mati2
User avatar
nyonk
Grage Idol
Grage Idol
Posts: 1381
Joined: 06 Mar 2007, 12:50
Location: indramayu

Post by nyonk »

beberapa penyebab mati nya engine pada saat fly atau test engine adalah :
1. pemberat / bandul yang ada di dalam tanki nyangkut, karena hose / selang bbm yang terlalu panjang

2. salah satu hose / selang yang terpasang pada engine mengalami bocor halus,sobek,terjepit,selang terlalu lunak, sehingga tidak mampu menahan tekanan/press yang ada.

indikasi nya adalah, terjadi plugtuasi ( adanya gelembung2 udara didalam selang bbm dari tanki ke carburator ).
agar di check juga setiap ujung2 selang nya.......

3. fuel tank mengalami kebocoran (bocor halus), agar di test press untuk mengetahui bocor tidak nya.

4. check and recheck before you fly.............. [-o< [-o< [-o<
Post Reply

Return to “Engine”