OS15, dilempar kok mati ya?

Tentang engine , cara perawatan dan bahan bakar

Moderator: sudjai sarmo

User avatar
sudjai sarmo
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 2597
Joined: 30 Jan 2007, 04:37
Location: Banjarbaru.
Contact:

Post by sudjai sarmo »

@Scratcher:

Menilik ceritera Anda kalau pesawat didongakan mesinya mbrebet dan jarak mesin ke tangki sekitar 20cm kesimpulanya tekanan bahan bakar terlalu rendah, pada saat bahan bakar dan mesin sejajar pasti mesin tidak akan bermasalah tetapi pada saat mesin lebih tinggi dari bahan bakar atau pesawat dihentak kedepan pasti akan bermasalah pada unjuk kerja mesin.
Untuk menghindari fenomena tersebut sebaiknya pada saat handlounch jangan langsung dihentak tetapi dibawa lari beberapa meter baru dilempar kedepan, yang penting lagi fuel pressure harus dibenahi dengan cara dipasang oneway valve.
User avatar
scratcher
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 309
Joined: 22 Jan 2007, 13:15
Location: Banten

Post by scratcher »

Memang kemarin ada 2 perubahan sekaligus yaitu cara pelemparan dan flushing neddle valve, sehingga waktu itu tidak diketahui yg mana penyebab pastinya.
Untuk yg flushing sebenarnya sdh terbukti hasilnya yaitu mesin tdk brebet lagi saat didongakin pada setting yg sama dgn sebelumnya. Bisa jadi cara pelemparan seharusnya tidak banyak masalah mengingat pengalaman rekan2 juga demikian. btw, minggu besok saya coba amati masalah lempar-melempar ini mengingat jarak tangki yg lumayan jauh. Bisa jadi saran pak Dja'i harus diaplikasikan untuk menjaga pressure tank ....

Terima kasih semuanya atas sumbang sarannya....
User avatar
JetFlyer
Penasehat Senior
Penasehat Senior
Posts: 58
Joined: 21 Jan 2007, 21:21
Location: Jakarta Selatan

Post by JetFlyer »

scratcher wrote:Memang kemarin ada 2 perubahan sekaligus yaitu cara pelemparan dan flushing neddle valve, sehingga waktu itu tidak diketahui yg mana penyebab pastinya.
Untuk yg flushing sebenarnya sdh terbukti hasilnya yaitu mesin tdk brebet lagi saat didongakin pada setting yg sama dgn sebelumnya. Bisa jadi cara pelemparan seharusnya tidak banyak masalah mengingat pengalaman rekan2 juga demikian. btw, minggu besok saya coba amati masalah lempar-melempar ini mengingat jarak tangki yg lumayan jauh. Bisa jadi saran pak Dja'i harus diaplikasikan untuk menjaga pressure tank ....

Terima kasih semuanya atas sumbang sarannya....


Pak, saya juga setuju !! bukan masalah cara lempar, tapi setting mesin.
gimana kalo bapak bawa kapalnya ke asac (di serpong) kan udah engga jauh tuh dr Cilegon, sekalian jalan2 gituh ?
nanti kita rame2 keroyokan bantu setting-in.

brg,
NT
User avatar
scratcher
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 309
Joined: 22 Jan 2007, 13:15
Location: Banten

Post by scratcher »

Wah, makasih banyak pak Nick atas tawaran baiknya, cuma kalau dalam waktu dekat sepertinya belum bisa main ke ASAC. saya rencanakan mampir ke ASAC saat FunFly (Juni ?) saja, sekalian jumpa fans...he..he..
User avatar
JetFlyer
Penasehat Senior
Penasehat Senior
Posts: 58
Joined: 21 Jan 2007, 21:21
Location: Jakarta Selatan

Post by JetFlyer »

scratcher wrote:Wah, makasih banyak pak Nick atas tawaran baiknya, cuma kalau dalam waktu dekat sepertinya belum bisa main ke ASAC. saya rencanakan mampir ke ASAC saat FunFly (Juni ?) saja, sekalian jumpa fans...he..he..


ok pak, anytime kalo mau mampir, kita di asac pasti siap bantuin.
brg,
NT
Post Reply

Return to “Engine”