@Scratcher:
Menilik ceritera Anda kalau pesawat didongakan mesinya mbrebet dan jarak mesin ke tangki sekitar 20cm kesimpulanya tekanan bahan bakar terlalu rendah, pada saat bahan bakar dan mesin sejajar pasti mesin tidak akan bermasalah tetapi pada saat mesin lebih tinggi dari bahan bakar atau pesawat dihentak kedepan pasti akan bermasalah pada unjuk kerja mesin.
Untuk menghindari fenomena tersebut sebaiknya pada saat handlounch jangan langsung dihentak tetapi dibawa lari beberapa meter baru dilempar kedepan, yang penting lagi fuel pressure harus dibenahi dengan cara dipasang oneway valve.
OS15, dilempar kok mati ya?
Moderator: sudjai sarmo
- sudjai sarmo
- First Lieutenant
- Posts: 2597
- Joined: 30 Jan 2007, 04:37
- Location: Banjarbaru.
- Contact:
- scratcher
- Staff Sergeant
- Posts: 309
- Joined: 22 Jan 2007, 13:15
- Location: Banten
Memang kemarin ada 2 perubahan sekaligus yaitu cara pelemparan dan flushing neddle valve, sehingga waktu itu tidak diketahui yg mana penyebab pastinya.
Untuk yg flushing sebenarnya sdh terbukti hasilnya yaitu mesin tdk brebet lagi saat didongakin pada setting yg sama dgn sebelumnya. Bisa jadi cara pelemparan seharusnya tidak banyak masalah mengingat pengalaman rekan2 juga demikian. btw, minggu besok saya coba amati masalah lempar-melempar ini mengingat jarak tangki yg lumayan jauh. Bisa jadi saran pak Dja'i harus diaplikasikan untuk menjaga pressure tank ....
Terima kasih semuanya atas sumbang sarannya....
Untuk yg flushing sebenarnya sdh terbukti hasilnya yaitu mesin tdk brebet lagi saat didongakin pada setting yg sama dgn sebelumnya. Bisa jadi cara pelemparan seharusnya tidak banyak masalah mengingat pengalaman rekan2 juga demikian. btw, minggu besok saya coba amati masalah lempar-melempar ini mengingat jarak tangki yg lumayan jauh. Bisa jadi saran pak Dja'i harus diaplikasikan untuk menjaga pressure tank ....
Terima kasih semuanya atas sumbang sarannya....
- JetFlyer
- Penasehat Senior
- Posts: 58
- Joined: 21 Jan 2007, 21:21
- Location: Jakarta Selatan
scratcher wrote:Memang kemarin ada 2 perubahan sekaligus yaitu cara pelemparan dan flushing neddle valve, sehingga waktu itu tidak diketahui yg mana penyebab pastinya.
Untuk yg flushing sebenarnya sdh terbukti hasilnya yaitu mesin tdk brebet lagi saat didongakin pada setting yg sama dgn sebelumnya. Bisa jadi cara pelemparan seharusnya tidak banyak masalah mengingat pengalaman rekan2 juga demikian. btw, minggu besok saya coba amati masalah lempar-melempar ini mengingat jarak tangki yg lumayan jauh. Bisa jadi saran pak Dja'i harus diaplikasikan untuk menjaga pressure tank ....
Terima kasih semuanya atas sumbang sarannya....
Pak, saya juga setuju !! bukan masalah cara lempar, tapi setting mesin.
gimana kalo bapak bawa kapalnya ke asac (di serpong) kan udah engga jauh tuh dr Cilegon, sekalian jalan2 gituh ?
nanti kita rame2 keroyokan bantu setting-in.
brg,
NT
- JetFlyer
- Penasehat Senior
- Posts: 58
- Joined: 21 Jan 2007, 21:21
- Location: Jakarta Selatan