Engine OS 46 Problem

Tentang engine , cara perawatan dan bahan bakar

Moderator: sudjai sarmo

User avatar
christoffel
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 1547
Joined: 04 Jan 2008, 13:42
Location: Pondok Chandra Surabaya

Post by christoffel »

iya tuh ...
engine os 32F saya udah 12 tahun dipake terbang, dan nggak pernah sekalipun dibongkar, ok2 aja tuh.
malah saking bagusnya performa, sering dikira pake mesin baru.
Sampe sekarang masih bisa stater pake jempol+telunjuk (diputar seperti kelereng).

Kalo yg saya lakukan, tiap selesai terbang harian, mesin dimatikan dengan cara menutup selang intake dan dibiarkan mati sendiri. logikanya, sisa2 bahan bakar nya biar terbakar habis semua. (hal yg sama saya lakukan pada genset yamaha saya). Kalo mau nggak dipake lebih dari 3 bulan, baru saya kasih after run.
Bahan bakar nggak pernah beli jadi, selalu pake oplosan methanol-castor 4:1
User avatar
Endless
Airman
Airman
Posts: 46
Joined: 27 Jun 2008, 00:45
Location: Batavia

Post by Endless »

Cocok pak, menurut sy engine jangan sering d bongkar, spt mesin sy OS max 40 keluaran th 70 an tp power msh ok, cm skrg back bearingnya sdh kasar, dan ud ga ad s.parts, jd bakal di pensiunkan.....
User avatar
sudjai sarmo
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 2597
Joined: 30 Jan 2007, 04:37
Location: Banjarbaru.
Contact:

Post by sudjai sarmo »

Engine OS46FX pemberian Pak Djoni kompresinya sudah sangat berkurang karena ada goresan memanjang pada Linernya, karena ini produk jadul maka mencari Parts nya sudah sangat sulit, syukur sekali ada Hobby Shop yang bisa mendatangkan Parts ini meskipun perlu waktu. Karena memang tidak punya Engine kelas 46 maka meskipun performanya jelek tetapi masih saya pakai terbang dengan Katana V2 46 dengan Fuel pakai Nittro 15% Propeller 1060 APC panas pada kepala silinder mencapai 160 derajat Celsius. Meskipun nggak mampu Hover 3D tetapi lumayan masih bisa Hand Lounch. Mudahan Partsnya lekas datang agar bisa Hover lagi.
Post Reply

Return to “Engine”