minta pendapat soal mesin GMS 50 dan 61

Tentang engine , cara perawatan dan bahan bakar

Moderator: sudjai sarmo

User avatar
flytosky
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 1791
Joined: 14 Apr 2007, 17:02
Location: Nanga Pinoh
Contact:

minta pendapat soal mesin GMS 50 dan 61

Post by flytosky »

teman teman yang pernah pake dan udah pengalaman dengan engine, mohon masukannya dong...

gimana sih karakteristik, keuntungan dan kelemahan dari mesin GMS 47 dan GMS 61? output power apakah bisa menyamai OS 46 dan 61?

thanks

notes : sekedar tambahan
GMS 47
Displacement (cc) : 7.72
Bore (mm) : 22.4
Stroke (mm) : 19.6
Output (PS or BHP/rpm) : 1.47/15,000
Practical Range (rpm) : 2,000-16,000
Weight (g) : 475

GMS 61
Displacement (cc) : 9.97
Bore (mm) : 23.8
Stroke (mm) : 22.4
Output (PS or BHP/rpm) : 2/15,000
Practical Range (rpm) : 2,000-13,000
Weight (g) : 550 w/o muffler
User avatar
justinus
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 1969
Joined: 03 Apr 2007, 15:53
Location: Surabaya

Post by justinus »

Yang pasti, GMS bukan tandingan OS.
User avatar
sudjai sarmo
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 2597
Joined: 30 Jan 2007, 04:37
Location: Banjarbaru.
Contact:

Post by sudjai sarmo »

Mesin merek apaun kalau digunakan sesuai prosedur pabrik pembuatnya akan memberikan unjuk kerja yang seperti kita kehendaki. Tidak mungkin pabrik membuat mesin asal2an yang pada akhirnya nanti pasti akan ditinggalkan oleh customernya. Kadang2 user hanya kenal mereknya saja, apalagi yang sudah fanatik pada satu merek tertentu pasti akan mati2an membela merek tersebut. Engine merek apapun tetap harus melalui prosedur breakin sebelum kita operasikan, setidak2nya memerlukan 5jam idle dengan bahan bakar non nitro sudah memadai. Engine OS pun kalau prosedur breakin tidak kita lakukan pasti unjuk kerjanya jelek.
Kita beli engine kan untuk unjuk kerjanya. Yang mahal tentunya bukan yang terbaik tetapi yang terbaik tentunya memang mahal.
User avatar
Ary
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 1107
Joined: 16 Feb 2007, 21:10
Location: Bali

Post by Ary »

Setuju pak Sud'jai....begitulah pengalaman sy juga....Break in penting skl..menentukan unjuk kerja mesin apapun ..
Untuk penggunaan harian, trainer...sport model ...GMS pasti sudah mencukupi..
Paling tidak dalam masalah harga, OS tdk ada apa apanya dibandingkan GMS.. O:)
User avatar
flytosky
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 1791
Joined: 14 Apr 2007, 17:02
Location: Nanga Pinoh
Contact:

Post by flytosky »

jadi? pantas dicoba, atau sebaiknya kalo emang kepepet aja? ada temen yang menyarankan pake itu GMS aja, tapi ada juga yang menyarankan pake OS dengan alasan investasi jangka panjang.

bagaimana dengan performa head to head antara GMS 47 dengan OS 46 dan GMS 61 dengan OS 60? apakah seimbang atau GMS keteteran?
User avatar
sudjai sarmo
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 2597
Joined: 30 Jan 2007, 04:37
Location: Banjarbaru.
Contact:

Post by sudjai sarmo »

Saya pakai GMS sudah 3 tahun kok masih thok cher powernya masih oke banget, saya juga punya OS 46 yang baru 2 tahun tapi tenaganya sudah loyo. Merek bukan jaminan.
User avatar
justinus
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 1969
Joined: 03 Apr 2007, 15:53
Location: Surabaya

Post by justinus »

Terbangnya sudah bisa apa? Dan mau terbang apa? Memang merk tdk perlu diadu. Sesuaikan dengan kemampuan kita saja. Kalau belum kompetisi memang belum kelihatan, kalau sekedar fun saja.
User avatar
beta_james
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 1796
Joined: 03 Apr 2007, 00:31
Location: Jakarta

Post by beta_james »

Saya dapat masukan ddari temen di cibubur klo mesin GMS cukup baik hanya pada saat breakin yang betul2x diperhatikan, klo bisa pada saat breakin masuk di idle aja dan dibuat sereach mungkin dan dilakukan sebanyak 4 tangki, setelah itu baru di tangki kelima dibuat full power tapi sereach mungkin, dan saya lihat selama ini pada saat menghidupkannya tidak susah, oh ya bahan bakarnya yang 0% nitro ya, selamat mencoba
User avatar
flytosky
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 1791
Joined: 14 Apr 2007, 17:02
Location: Nanga Pinoh
Contact:

Post by flytosky »

waduh...proses break in, bisa ga kita minta bantuan lhs tempat kita membeli? bukan kenapa, sy single fighter disini, tiada kawan tiada lawan. (halaaah).
User avatar
justinus
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 1969
Joined: 03 Apr 2007, 15:53
Location: Surabaya

Post by justinus »

Memang perlu cari lawan dan kawan. Proses breaking in memang proses yang paling menentukan umur mesin. Biar OS kalau break in nya salah juga loyo.
Post Reply

Return to “Engine”