flytosky wrote:OALAH. ini mah pertanyaan menjebak kalau gitu. berarti harus pake engine om. secara kalau sy pake electric, crash kaga karuan. kalau engine? sambil kentut juga bisa.
hehehe... ini kasus yg menarik.... dan sering orang lupa menganalisa.. bahkan sering dijadikan judgment bahwa kelas electric lebih rendah dari engine..
Dari cerita om Irvan Flytosky... saya bisa menganalisa sedikit...
maaf... mungkin agak menyimpang dari topik ya...
Menurut saya, kelas Engine or Electric sama aja, artinya ngga penting pesawatnya, yg penting skillnya... jadi ngga mempengaruhi naik tingkat atau tidak, seperti anggapan orang bahwa main pesawat engine berarti Naik kelas....
Sifatnya sangat relatif... kalo maen pesawat electric yg bertenaga 6 or 8cell li-po keatas juga susah loh... Bahkan lebih susah dari pesawat engine standard..
cerita dikit nih om...
Saya biasanya pake pesawat electric... begitu pindah ke pesawat engine, saya langsung pake type low wings *TWM super sport 40s, ngga pake acara tandem-tandeman, dari take off dan landing langsung mulus.. padahal saat itu angin cukup kenceng... pada saat terbang saya rasakan gerakan 3D pesawat electric bisa jauh lebih liar/lincah dari pesawat engine... cyclic juga kerasa lebih extra di electic
Believe it or not...
Temen saya yg lebih senior dan jago di pswt engine, begitu saya kasi pegang pesawat electric (waktu itu WD4) langsung nyungsep.... dia bilang electric malah lebih sulit dan unpredictable.. aneh tapi nyata kan?
... Ditinjau dari tingkat bahaya-nya juga sama-sama mengerikan..
kalo di pesawat engine kita udah sering mendengar bahayanya... tapi orang sering lupa bahwa kelas electric juga berbahaya..
misal: resiko Lipo meledux (kalo ngga yakin bahayanya coba lihat di youtube), kesamber propeller dll, sama aja riskannya dgn engine..
kalo kesamber dynamo 2 cell mungkin cuma meringis, tapi bagaimana kalo kesamber prop dynamo 6 - 8 cell li-po... bisa langsung putus deh...
om Moderator maaf....
... Balik maning ke laptop.... *balik ke topik awal... hehehe...
