Pesawat Kedua..

Diskusi pesawat rc secara umum

Moderators: toto, Susilo

User avatar
toto
Colonel
Colonel
Posts: 6656
Joined: 16 May 2007, 10:45
Location: Cibinong
Contact:

Re: Pesawat Kedua..

Post by toto »

Klinci wrote:Thanks relpy-nya..
Bukannya Wilga dan ArtTech Cessna mirip2 dengan WD ya? Foam, high wing trainer.. Tapi saya lom tau juga sih.. Lom pernah terbangin soalnya..

Sebetulnya saya sempat berpikir saya mau cari pesawat low wing trainer balsa gitu.. tapi nggak tau juga pesawat apa yang memenuhi kriteria itu..

Menurut teman2, low wing trainer seperti itu akan terlalu sulit nggak ya?

Thanks


Helo om Klinci, ini sekedar sharing sebagai info bahwa tidak semua pesawat high wing kategori trainer, kalaupun masuk kategori trainer dia pasti tidak se 'foregiving' WD.

Contohnya adalah CESSNA 182, coba saja di flare waktu approach mo landing dijamin pesawat akan mengalami TIP STALL alias melintir dan siapin deh tuh araldite untuk repair, tapi kalo WILGA menurut saya sangat mirip dengan WD cuman kalo hard landing kembali siapin tuh araldite untuk repair pinggangnya yang sangat mudah patah.

Ini cuman saran untuk menuju ke advance trainer gunakanlah CESSNA yang sangat bagus untuk melatih 'throttle management' guna untuk menghindari kondisi TIP STALL tapi kalo mo bertahap boleh juga tuh WILGA yang relatif bisa di FLARE mirip WD yang selanjutnya untuk melatih lebih halus take off dan landing mengingat WILGA landing gearnya TAIL DRAGGER maka waktu take off kalo kontrol elevatornya kurang pas resikonya pesawat sujud berbuntut biasanya propeller patah dan kalo landingnya tidak smooth beresiko pinggangnya patah

Tapi mohon kiranya penjelasan diatas jangan menjadikan urung niatannya untuk ganti pesawat, semuanya baik mulai WD pasti ada resikonya soal besar kecilnya itu merupakan hal yang sangat relatif dimana tujuannya kan kita untuk belajar, la wong yang sudah master aja masih bisa mengalami hal tersebut yang saya tuliskan diatas tapi karena lebih karena eksperimen yang overlimit biasanya dan ini sih umum deh suatu saat saya pun kadang2 pengen neko2 karena kan sifatnya challenging bukannya untuk unjuk kebolehan loh.

Nah sekarang tinggal pilihan anda, semuanya yang disebutkan oleh om Fly2Sky dan om Bima bagus2 tuh dan scale juga patut dicoba usulan om Sulistyo yang memiliki tantangan dan kepuasan yang lebih dimana kalo crash kan bahan repairnya sudah tersedia dirumah malah jadinya mulus lagi enggak belepotan dengan lem yang buntutnya menambah berat pesawat.

Selamat merenung dan apabila ada hal2 yang tidak pas atau salah mohon dimaafkan serta tidak lupa kepada para senior dan suhu saya mohon koreksinya.
Last edited by toto on 16 Dec 2008, 12:31, edited 1 time in total.
User avatar
Syafik
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 7946
Joined: 22 Jan 2007, 13:24
Location: Gresik - Surabaya
Contact:

Re: Pesawat Kedua..

Post by Syafik »

Sulistiyo wrote:kalo menurut saya... setelah ngerasain enaknya pswt bikinan pabrik.... sudah saatnya ngerasain enaknya pswt bikinan sendiri...
So...pswt ke2 adalah pswt yang bikinan sendiri ataw homemade karena modal dasar sudah ada yaitu:

- Main Wing WD yang sangat melegenda
- servo wd
- ESC (syukur2 dah BL)
- motor (syukur2 dah BL)
- battery
- TX & RX

Cari model yang high wing... bedain rasanya nerbangin pswt pabrikan dgn bikinan sendiri...
pasti tak terkatakan....

Saran yang mantap... bikin sendiri pasti kepuasannya tiada tara kalau bisa terbang enak
User avatar
kula
Second Lieutenant
Second Lieutenant
Posts: 2245
Joined: 17 Jan 2007, 19:06
Location: Cirebon kota udang yg dah gak ada udang nya

Re: Pesawat Kedua..

Post by kula »

toto wrote:Helo om Klinci, ini sekedar sharing sebagai info bahwa tidak semua pesawat high wing kategori trainer, kalaupun masuk kategori trainer dia pasti tidak se 'foregiving' WD.

Contohnya adalah CESSNA 182, coba saja di flare waktu approach mo landing dijamin pesawat akan mengalami TIP STALL alias melintir dan siapin deh tuh araldite untuk repair, tapi kalo WILGA menurut saya sangat mirip dengan WD cuman kalo hard landing kembali siapin tuh araldite untuk repair pinggangnya yang sangat mudah patah.

Ini cuman saran untuk menuju ke advance trainer gunakanlah CESSNA yang sangat bagus untuk melatih 'throttle management' guna untuk menghindari kondisi TIP STALL tapi kalo mo bertahap boleh juga tuh WILGA yang relatif bisa di FLARE mirip WD yang selanjutnya untuk melatih lebih halus take off dan landing mengingat WILGA landing gearnya TAIL DRAGGER maka waktu take off kalo kontrol elevatornya kurang pas resikonya pesawat sujud berbuntut biasanya propeller patah dan kalo landingnya tidak smooth beresiko pinggangnya patah

Tapi mohon kiranya penjelasan diatas jangan menjadikan urung niatannya untuk ganti pesawat, semuanya baik mulai WD pasti ada resikonya soal besar kecilnya itu merupakan hal yang sangat relatif dimana tujuannya kan kita untuk belajar, la wong yang sudah master aja masih bisa mengalami hal tersebut yang saya tuliskan diatas tapi karena lebih karena eksperimen yang overlimit biasanya dan ini sih umum deh suatu saat saya pun kadang2 pengen neko2 karena kan sifatnya challenging bukannya untuk unjuk kebolehan loh.

Nah sekarang tinggal pilihan anda, semuanya yang disebutkan oleh om Fly2Sky dan om Bima bagus2 tuh dan scale juga patut dicoba usulan om Sulistyo yang memiliki tantangan dan kepuasan yang lebih dimana kalo crash kan bahan repairnya sudah tersedia dirumah malah jadinya mulus lagi enggak belepotan dengan lem yang buntutnya menambah berat pesawat.

Selamat merenung dan apabila ada hal2 yang tidak pas atau salah mohon dimaafkan serta tidak lupa kepada para senior dan suhu saya mohon koreksinya.


mohon maaf, numpang tanya..arti nya FLARE itu apa ya ? thx
User avatar
toto
Colonel
Colonel
Posts: 6656
Joined: 16 May 2007, 10:45
Location: Cibinong
Contact:

Re: Pesawat Kedua..

Post by toto »

halo om Kula, Flare tuh kalo enggak salah ya pesawat bisa tetep ngapung dan stabil dengan mengandalkan speed awal yg dimiliki sebelum kondisi throttle di tutup jadinya pesawat masuk dalam kondisi glide dengan momentum akselerasinya didapat dari proses didepan, gitu deh kira2

para suhu mana neh tolong bantuin dong jelasin sekalian koreksi dan mohon maaf kalo ada kesalahan
User avatar
flytosky
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 1791
Joined: 14 Apr 2007, 17:02
Location: Nanga Pinoh
Contact:

Re: Pesawat Kedua..

Post by flytosky »

flare itu...bayangkan kondisi pesawat sedang melayang turun dengan tenaga seminim mungkin dari props. sewaktu hendak menyentuh landasan, hidung pesawat ditarik naik perlahan dan throttle di tutup. nah proses menarik hidung pesawat dan menutup throttle inilah yang sering disebut flare.

Cessna setahu saya bukan kategori trainer deh. Cessna memang gampang tip stall. solusi lain untuk mengurangi tip stall (tip stall = pesawat kehilangan gaya angkat dan melintir kesalah sisi), waktu landing gunakanlah flaps.

untuk pilot lulusan WD, memang kurang paham akan gejala tips stall karena WD yang luar biasa glide rationya. tapi ini bisa dilatih koq. pesawat dibawa terbang tinggi, kemudian throttle ditutup perlahan lahan, sambil nose dinaikkan (elevator up) agar pesawat tidak kehilangan ketinggian. kalau pesawat tersebut dirasa masih memiliki kecepatan, tapi sudah mulai jatuh bebas seperti batu (nose tidak lagi mendongak keatas, tapi jatuh ga karuan ke bawah), berarti disitulah stall speed nya (stall speed = kecepatan terendah dimana kecepatan itu tidak lagi mampu mengangkat pesawat tersebut).

kalau sudah hafal dengan stall speednya, nah dijamin landing bisa mulus koq.
bukan bermaksud menggurui, hanya ingin sharing ajah...silahkan dikoreksi kalau ada yang salah.
User avatar
AgoesAurelz
Major
Major
Posts: 3576
Joined: 20 Oct 2007, 19:03
Location: Mataram-Lombok

Re: Pesawat Kedua..

Post by AgoesAurelz »

Klinci wrote:Hi semua,

Saat ini saya nerbangin WD4 sebagai pesawat pertama saya.. tapi kyknya udah mulai agak bosen ni..

Saya pengen nerbangin pesawat elektrik yang terbangnya lebih lurus, n mayan kalem kalo kena angin sepoi2, selain itu bisa lebih banyak dibuat belajar manuver2..

Kira2 yang tepat pesawat apa ya? Mohon info, saran, n masukannya ya..

FYI, rasanya saya nggak mampu untuk "memelihara" terlalu banyak pesawat..jadi, kalo "lompatan" skill-nya agak jauh sedikit sih masih bisa diusahakan deh..

Thanks ya..


Mau pilih pesawat kedua setelah WD?? tapi masih mau yg bisa diajak kalem? hmm.... :-k :-k
Yang paling kalem dan paling enak yg pernah saya coba adalah Wilga 2000 buatan SAPAC...
Terbangnya jelas lebih kalem dan enak dari WD4, Cesnna 182, or 206, TL2000, TB20..
Tapi jangan salah kalo menganggap Wilga cuman bisa lenggak-lengok gemulai saja...
Wilga 2000 dengan sedikit modifikasi terbangnya bisa gesit sekali... rasanya ngga kalah gesit dgn pesawat low wing...
Di Lombok saya sering terbang pake Wilga 2000 dan "dog fight" dengan pesawat electric lainnya...
Saya udah setahun pakai Wilga 2000, frekuensi terbang seminggu rata-rata 2 kali, sampai saat ini tidak sekalipun saya mengalami tip and spin stall pake pesawat ini. Singkat kata pesawat ini enak banget... diajak kalem nurut, diajak liar juga manggut...
Kalo bisa dibilang ini pesawat "kerja" saya deh, selain asik buat aerobatic, saya juga punya cukup banyak koleksi video udara dengan pesawat ini.
User avatar
setyo antarikso
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 536
Joined: 01 Apr 2008, 12:33
Location: Jakarta Timur
Contact:

Re: Pesawat Kedua..

Post by setyo antarikso »

pesawat kedua menurut saya
1. Kl nyari yang santai, cari high wing trainer engine 46 aja
banyak pilihan

2. kl demen grusak grusuk, ambil supesport 30 pake 46

Mau dapet semuanya, bisa santai, ngebut, ama sekali2 hover???

boxfly
User avatar
flytosky
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 1791
Joined: 14 Apr 2007, 17:02
Location: Nanga Pinoh
Contact:

Re: Pesawat Kedua..

Post by flytosky »

jadi intinya, kembali ke selera masing masing om. hehehe
User avatar
Klinci
Airman
Airman
Posts: 40
Joined: 14 Jan 2008, 20:51
Location: Jakarta Barat
Contact:

Re: Pesawat Kedua..

Post by Klinci »

Hi semua..
Thanks banget buat semua masukan n infonya..

Mm..ternyata nggak boleh cepet2 nih naek kelasnya hehe..
Pesawat yang saya kira setara WD macam Wilga n Cessna ternyata banyak tantangannya juga ya..
Untung tanya2 dulu.. tadinya saya sempet pengen langsung hajar beli TWM Groovy elektrik..haha..

Nanti saya pertimbangin lagi deh..mau pilih yang mana.. termasuk kemungkinan bikin sendiri..

Sebetulnya sebelum beli WD, saya udah bikin sendiri, wingspan 1m ada dihedral pake coro n fuse batang alum.. tapi karena radionya waktu itu glitching berat, begitu airborne 2 meteran langsung hardroll ke kiri.. kita kirain tip stall n salah desain padahal..radionya bikin kesel..

Teman2..kalo ada info n masukan lagi, boleh diinfokan ya.. untuk memperkaya pengetahuan sekalian share pengalaman..hehe

Thanks
User avatar
toto
Colonel
Colonel
Posts: 6656
Joined: 16 May 2007, 10:45
Location: Cibinong
Contact:

Re: Pesawat Kedua..

Post by toto »

setyo antarikso wrote:pesawat kedua menurut saya
1. Kl nyari yang santai, cari high wing trainer engine 46 aja
banyak pilihan

2. kl demen grusak grusuk, ambil supesport 30 pake 46

Mau dapet semuanya, bisa santai, ngebut, ama sekali2 hover???

boxfly


Kompor dengan api berwarna biru ..................... lebih nikmat dipasangkan juga dengan WCII9Z ..... renyah deh ..... :lol: :lol: :lol:
Post Reply

Return to “RC Airplane : General”