Wind Raider wrote:Jangan ditusuk pak .. berbahaya ... Kalau udah gembung yah di buang aja . Daripada resiko .
Misalnya Anda charge lagi ; gasnya keluar lewat lubang tersebut . Gas tsb gampang terbakar .
Saya pernah buka bat lipo ; isinya seperti lembaran 2 tipis dan elektrolit memang mirip gel .
Baterai Lipo yang murmer kebanyakan specsnya meragukan . Lagipula dari mana kita tahu itu benar atau tidak ..Lipo , imho, adalah produk yang belum sempurna tapi anehnya sudah boleh beredar .
p.s:
Ada yang pernah pakai Lipo lebih dari 6 bulan gak dengan kondisi yang masih bagus ?? Kalau ada tolong kasih cara maintainnya .
Pak Wind,
Maaf sebelumnya..cara spt yg saya sampaikan, memang tidak dianjurkan..tapi bagaimanapun gas ini harus dikeluarkan..apapun caranya
Sedangkan utk membuang battery ato ga nya..kita serahkan kepada pilot masing2..kita semua sudah tau seberapa besar bahaya dan harga utk sebuah LiPo..
Yang bisa kita lakukan saat ini hanya utk merawat life time battery LiPo..
mengingat harga battery yg tidak murah juga..konsekwensi kayaknya ya..hehehehe
Design fisik pd battery LiPo ini,sangat tidak memenuhi syarat utk ukuran sebuah battery yg wajar...menurut saya pribadi..
Karena tiap cell nya tidak memiliki access utk membuang gas..sedangkan gas akan selalu dihasilkan selama battery dikonsumsi(charging dan discharging)...
Pengalaman saya selama ini, dlm menggunakan LiPo...bisa mencapai lebih dr 6 bulan...maintain tetap sama spt yg dilakukan oleh Mas Oddie, hanya dalam pemakaian,saya tidak pernah terbang dengan memakai mode idle-up dan tdk perna mengaktifkan governor mode pd ESC..saya tetap bertahan dengan mode normal...
Alasan saya:
Pada heli electric...penggunaan mode idle-up dan governor pd ESC
menuntut stabilitas power yg hampir konstan dr pitch blade negatif sampe pitch blade positif...hal ini mengakibatkan battery terkuras lebi banyak dr pd mode normal.
Lalu..setting up pd throttle curve dan pitch curve pd Tx..selalu merujuk pd buku manual heli nya...pitch selalu menjadi beban bagi motor..yg konsekwensinya mengarah pd ESC dan akhirnya ke battery..
Di sini penggunaan pitch gauge sangat berarti...sehingga kita tau seberapa besar nilai pitch pd pitch curve kita...semakin besar pitch,maka konsumsi battery akan besar juga..itu sudah rumusan..
Seperti kasus yg terjadi pd Mas Odie..saya kira wajar sajalah dengan motor Align 3550KV,lebih banyak membutuhkan power...krn saya sudah alami sendiri...kebetulan saya pake 3550KV dan 3220KV...
Pada motor 3220KV..konsumsi powernya tidak sebanyak motor 3550KV..
Terus penentuan pinion gear pd motor..ini juga menentukan..jangan sampe kita salah menentukan pinion gear yg akan mengakibatkan motor malah terbebani lebi banyak..dan mengarah ke battery lagi..
Memang,banyak pilot yg lebi suka dengan mode idle-up dan motor 3550 KV...saya sendiri jg lebi suka 3550KV...dan idle-up lebi asyik dlm flight performance..
Tapi kayaknya konsekwensinya akan tetap kembali pada itu2 juga...
Demikian dari saya..mohon maaf kalo ada yg salah..ini sekedar membagi pengalaman saja

salam,
budi