mesin langka buatan indonesia

Tentang engine , cara perawatan dan bahan bakar

Moderator: sudjai sarmo

User avatar
NF
Gaero Public Relation
Gaero Public Relation
Posts: 7145
Joined: 18 Jan 2007, 14:10
Location: semarang, jateng
Contact:

mesin langka buatan indonesia

Post by NF »

koleksi mesin buatan kak/om TJONG, surabaya.... \:D/

BOMA 150, diesel
Image

TS 35, diesel
Image
User avatar
Abi Ghiffa
Second Lieutenant
Second Lieutenant
Posts: 2494
Joined: 19 Jan 2007, 13:30
Location: Jakarta - Lombok
Contact:

Post by Abi Ghiffa »

Wah pakai Solar dunks,.. :O ??, itu pasti koleksi ya om apa masih dipakai terbang ?
Hihihi kok lebih simple kliatannya yach ?
User avatar
NF
Gaero Public Relation
Gaero Public Relation
Posts: 7145
Joined: 18 Jan 2007, 14:10
Location: semarang, jateng
Contact:

Post by NF »

kalo mau masih bisa, fuel pakenya minyak tanah(mahal en langka..hehehe)oli sae 10 dan eter
User avatar
seasickers
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 183
Joined: 23 Jan 2007, 13:50
Location: Semarang
Contact:

Post by seasickers »

Setahu saya pak, mesin ini start nya sangat susah.
mesin ini gak pakai busi(glow plug) tapi pake pengatur kompresi khas mesin diesel.
Belum lagi harga Eter nya yang ngalahin metanol, minyak tanah kalo pas langka juga he..he..he
User avatar
sudjai sarmo
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 2597
Joined: 30 Jan 2007, 04:37
Location: Banjarbaru.
Contact:

Post by sudjai sarmo »

saya tahun 1973 pernah punya mesin jenis ini mereknya YING YANG produk China (bisa kita bayangkan pada tahun sebelum itupun China sudah bisa bikin mesin pesawat modell ). Seingat saya mesin itu sangat mudah dihidupkan meskipun hanya diputar pakai jari saja,raungan mesin ini bisa memekakan telinga karena tanpa peredam suara,kekuranganya throttle fix tidak bisa diatur levelnya sampai fuelnya habis. Karena jenis diesel maka penyalaanya memakai bahan bakar yang mudah terbakar kena tekanan, disini dipakai minyak tanah, untuk menghasilkan putaran tinggi dipakai ether ( bahan cair yang biasa digunakan dirumah sakit untuk membius pasien ), sedang pelumasnya saya dulu pakai castoroil ( minyak biji Jarak ) dengan perbandingan 1:1:1. Sekarang mesin jenis ini sudah jadi barang langka.
User avatar
justinus
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 1969
Joined: 03 Apr 2007, 15:53
Location: Surabaya

Post by justinus »

Mesin TS buatan Om Tjong itulah yang pertama kali saya terbangkan pada tahun 1979. Engine yang hebat pada jamannya.

Pak Night Fox, senang bisa lihat fotonya lagi.
User avatar
NF
Gaero Public Relation
Gaero Public Relation
Posts: 7145
Joined: 18 Jan 2007, 14:10
Location: semarang, jateng
Contact:

Post by NF »

siang om justinus, emang mesin buatan om tjong menarik dan cukup bandel, kapan ya ada yang buatan lokal lagi ?dan ada ndak kabar ttg om tjong ?
User avatar
justinus
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 1969
Joined: 03 Apr 2007, 15:53
Location: Surabaya

Post by justinus »

Pak NF. Om Tjong baik2 aja di Sby. Untuk mesin Indonesia mungkin kita yang "muda" aja yang nerusin.

Saya sampai sekarang masih terbang dengan servo Futaba yang coklat. Servonya masih baik, sementara Transmitternya juga masih jalan, cuma frequensi 27 nya yang keganggu. Jadi servonya saya ganti kabel Futaba yang baru shg cocok dicolokin ke receiver yang baru.

Di Semarang ada P. Wimpy Iskandar? Dia teman saya.
User avatar
NF
Gaero Public Relation
Gaero Public Relation
Posts: 7145
Joined: 18 Jan 2007, 14:10
Location: semarang, jateng
Contact:

Post by NF »

yup, masih sering kontak kok, ntar saya sampe'in..om
Post Reply

Return to “Engine”