
.
slalu menjadi penonton setia klo suhu iwan lagi bikin2 pesawat....

.
baru tahu sy, klo ternyata balsa gampang ditekuk2 gitu,. ehehe... mklum katrok...

Moderator: oyon
iwan21 wrote:ariebudi wrote:
suhu..bolehkah ditampilken gambar detail bodynya..terutama bagian dalemnya...
sekalian nanya suhu..itungan luas dan jarak inlet dan outlet duct biar dapet thurst maksimal gimana ya...
![]()
![]()
detail body cuman lembaran kiri kanan dikasih beberapa former aja, terus tutup deh atas bawah, amplas/alusin deh setelah ketutup semua, potong kanopi utk tempat batere, simpel kok
kalo udah dipasang outlet duct justru static thrust turun om, yg didapet adalah eflux ( contoh gampangnya kalo kita nyiram pohon pake selang tanpa keran, nah kalo selang gak diapa2in kan airnya banyak tapi aliran gak jauh, itu analogi thrust, nah supaya jauh biasanya ujung selang kita pencet sekecil mungkin supaya liran air jadi kecil dan jangkauannya jauh, nah itu analogi thrust turun tapi eflux naik)
Untuk luasan , patokannya :
1. inlet duct luasnya 100 % FSA, FSA = Fan Swept area alias luas permukaan fan depan
2. utk outlet antara 80 sampe 85% FSA
sedang jarak fan ke permukaan depan (panjang inlet duct) dan kebelakang ( panjang outlet duct) saya masih cari2 ( trial n error aja) yg penting gak terlau jauh dan panjang supaya loss pressure minimal ( umumnya sih saya patokan panjangnya maksimal 2 x diameter EDF, walau kadang2 outlet bisa jadi panjang)
selain itu jangan dilupa permukaan duct, baik inlet maupun outlet harus licin gak ada hambatan, kalo ada hambatan akan menyebabkan turbulensi yg akan menurunkan static thrust
begitu om sepanjang yg saya baca dan praktekin selama ini
sebagai bahan bacaan, ini ada diskusi menarik dari RCG mengenai EDF duct, silahkan dibaca2 om :
http://www.rcgroups.com/forums/showthread.php?t=945836
ariebudi wrote:wah apa yang terjadi suhu..kok bisa langsung melintir gitu...
sudahkah ada laporan investigasi dr knkt...
ariebudi wrote:mungkin solderanya kurang nempel...