All Unit Weight Vs Wing Loading

Diskusi pesawat rc secara umum

Moderators: toto, Susilo

User avatar
christoffel
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1292
Joined: 04 Jan 2008, 13:42
Location: Pondok Chandra Surabaya

Re: All Unit Weight Vs Wing Loading

Post by christoffel »

hubungan antar keduanya
terlepas dari jenis pesawatnya ...

AUW adalah berat total pesawat.
Wing loading adalah berat yg harus di angkat oleh satu satuan luas sayap.
hubungan antara keduanya :
Wing Loading = AUW / luas sayap

wing loading digunakan untuk menetukan (secara kasar) stall speed. kira2 berbanding lurus.
selain wing loading, juga ada faktor airfoil, AoA dll.
Semakin besar kecepatan pesawat terhadap udara, semakin besar juga gaya angkatnya.
(jangan lupa, semakin besar juga drag nya).
kalau stall speed nya rendah, berarti pesawat bisa terbang lebih pelan, artinya drag juga lebih kecil.
Thrust utamanya digunakan untuk melawan drag (bukan untuk lift seperti pada pesawat 3D saat hoover), jadi kalau drag nya kecil, otomatis thrust yg di butuhkan untuk bisa terbang juga kecil saja.
Kelebihan thrust (setelah di kurangi untuk melawan drag) akan menghasilkan kecepatan sehingga mengakibatkan tambahan lift dan ini pada akhirnya menimbulkan climb-rate.

perbandingan serta pengaruh masing-masing terhadap tenaga yg diperlukan (thrust)

jadi, dengan asumsi semua parameter tetap sama, kalau WL berkurang maka
- stall speed berkurang
- climb-rate bertambah
kalau climb-rate nya dibuat sama, berarti kebutuhan thrust nya bisa dikurangi.

1. AUW besar + WL besar = butuh power loading besar, dan speed tinggi - pesawat liar
2. AUW besar + WL kecil = power moderat, speed normal sesuai dengan pesawat trainer
3. AUW kecil + WL kecil = power kecil, speed rendah sesuai karakter glider.

bagaimana dengan AUW kecil + WL besar ????
pesawat liar nggak langsung berhubungan dg AUW. ini lebih kepada design nya. pesawat 3D gabus AUW nya kecil WL kecil, tapi liarnya bukan main, ...
User avatar
Bodyguard
Captain
Captain
Posts: 1736
Joined: 29 Nov 2011, 18:39
Location: Tabongo-Gorontalo

Re: All Unit Weight Vs Wing Loading

Post by Bodyguard »

:tlt Nah ini nich...
buat para homemader2 yg udah beku bisa di segarkan kembali... :ide
sesuai pengalaman pribadi perhitungan perbandingan seperti ini yg harus di butuhkan lebih awal.... :mwr
kalo mengingat duluuu... :wek :shy malu2in, bikin pesawat hanya berdasarkan selera dan yg penting enak dipandang mata dan tanpa memperhatikan ukuran & sistem2 kerja yg berlaku pada pesawat.... :shy
User avatar
KBSantoso
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1444
Joined: 09 May 2010, 21:56
Location: Semarang
Contact:

Re: All Unit Weight Vs Wing Loading

Post by KBSantoso »

unding wrote:Tambahan sedikit tentang perbesaran 2 X untuk luas sayap (Wing Area), misalnya ukuran sayap asli panjang 100 cm dan lebar 20 cm maka luas sayap = 2000cm^2 (20 dm^2). Jika hendak diperbesar 2x , maka angka 2 (skala) bukanlah faktor pengali langsung, sebab luasan yg dihasilkan akan menjadi 4 X, 200 X 40 = 8000 cm^2 (80 dm^2), sebab luas adalah fungsi kuadrat maka seharusnya faktor pengali (skala) haruslah diakarkan dulu. Jadi angka 2 (skala) diakarkan 2^0.5 = 1.4142. Selanjutnya ukuran panjang dan lebar sayap (termasuk ukuran bagian2 yg lain dari pesawat yg akan diskalakan) dikali dgn angka 1.4142, panjang sayap 100 x 1.4142 = 141.42 cm dan lebar 20 x 1.4142 = 28.284 cm, luas = 141.42 X 28.284 = 4000 cm^2 (40 dm^2).
Dengan menetapkan wingloading 20 gr/dm2 maka AUW = 20 gr/dm2 x 40 dm2 = 800 gram


Hehehe, maksud saya perbesaran ini secara skala suhu Unding,....ampuuun...
Rancu juga istilah diperbesar,....sebab kalo sudah menyangkut benda 3 dimensi berarti pangkat 3 donk...
Tapi intinya maksud saya, dengan perbesaran luas sayap 2 kali (skala 1.4142), pertambahan bobot pesawat (yg merupakan volume) pasti lebih dari 1,4142 kali bobot awal, sehingga wingloading akan bertambah. :pis
User avatar
emilhp
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 738
Joined: 27 Oct 2008, 15:22
Location: Pangkalan Kerinci-Pelalawan - Riau
Contact:

Re: All Unit Weight Vs Wing Loading

Post by emilhp »

Terimakasih suhu semua . .
Pantesan suhu Roji sering memperbesar sayap satu setengah kali lebih besar setiap membuat pesawat mini nya .. dan suhu kita ini selalu menghitung dulu baru kerja.

christoffel wrote:bagaimana dengan AUW kecil + WL besar ????
pesawat liar nggak langsung berhubungan dg AUW. ini lebih kepada design nya. pesawat 3D gabus AUW nya kecil WL kecil, tapi liarnya bukan main, ...

Pesawatnya kayak apa ya suhu . ? :pyg
Maksud saya adalah Cepat .. gak boleh pelan.. dan ini masuk kategori liar sama saya yg mata dan jempol gak singkron.

Betul om BG, biasanya kita selalu tertarik dengan bentuk dan jenis pesawat, padahal belum tentu cocok untuk yg jempolnya kaku dan perangkat elektronik yg kita punya.
Nah . . sekarang kalau bikin homemade sebaiknya faktor atau variabel ini harus masuk dalam pertimbangan .. lebih baik fuyeng di awalnya tapi happy saat maiden dan pesawatnya jadi lebih awet.. tidak selalu Tek-Dung saat maiden (Tekoff - langsung Dung, gubrak. .mencium bumi)
:thx
Post Reply