Turbo pwm esc: the truth behind
Moderator: unding
- BZ123456
- Second Lieutenant
- Posts: 1177
- Joined: 26 Dec 2011, 21:46
- Location: Jak-Tim
Re: Turbo pwm esc: the truth behind
Wuiiiiii......banyak ilmu baru.....terima kasih sangat....pak moderator....boleh gak ini di sticky?
- rachmatjeny
- Captain
- Posts: 1670
- Joined: 19 Mar 2009, 21:55
- Location: Depok
- Contact:
Re: Turbo pwm esc: the truth behind
cak-opiq wrote:Jadi turbo PWMnya dimana nih....
- di signal PWM inputnya ESC, misal 50Hz kenjadi 400Hz etc?
- di PWM signal didalam ESC yg membentuk sinyal sinusoidal ke motor?
kalo petunjuk om christ cenderungnya turbo itu hanya masalah response ESC terhadap inputnya. Bolehkah dibilang manfaat turbo tetap dirasakan meskipun signal PWM input dari ESC tidak turbo?
super nubi ikutan ngoceh ah..
kayaknya hanya refrest rate nya adeh. jadi perubahan kecepatan bisa presisi
yg pernah saya ukur di osiloscope kalo hi PWM itu mengeluarkan >10 pulsa dalam 1 periodik servo (20ms), sementara pwm normal hanya 1 pulsa / 20ms.
makanny kalo keluaran hi-PWM di masukkan ke servo analog biasa, hasilnya si servo gemeteran, dan suka panas motornya.
tapi kalo dari controller tidak mengeluarkan "TURBO" ya perubahan speed si esc hanya bisa di lakukan 1 x /20ms, alias tingkat ke presisiannya standar, meski ESCnya sudah TURBO.
maap cuma numpang lewat aja, kalo salah tolong koreksi...
- christoffel
- First Lieutenant
- Posts: 1292
- Joined: 04 Jan 2008, 13:42
- Location: Pondok Chandra Surabaya
Re: Turbo pwm esc: the truth behind
turbo itu kan hanya istilah satu pabrikan saja.
intinya "respon esc yg lebih cepat". bedakan dengan respon motor nya sendiri (kalau yg ini berhubungan dengan daya yg diserap motor).
kalau PWM yg untuk ke motor BL, kan sudah tertentu timing nya, jadi nggak ada yg bisa dipercepat lagi.
frek PWM nya juga sudah tertentu, tergantung karakter induktif motornya.
beberapa hal yg bisa meningkatkan respon esc antara lain :
1. standart signal servo yg hanya 1 informasi tiap 20mS artinya selama interval 20mS ini tidak ada perintah, jadi nilai throtle yg digunakan adalah yg terakhir diterima. kalau pakai standart 400Hz, maka interval kosong perintah nya hampir 10x lipat lebih pendek, jelas aja lebih responsive (ini yg diukur om RJ diatas). ini yg kalau di gyro ada dip switch dengan tulisan DS (digital servo). perintah throtle aslinya (dari rx) mungkin tetap 20mS, tapi koreksi dari gyro bisa langsung di umpankan ke servo tanpa harus menunggu sampai 20mS dulu. hal yg sama juga berlaku pada FC MC, karena umpan balik gyro dan accelerometer nya kan ada di FC.
2. pada kasus extreem, para penggila MC malah sampai merubah format signal servo ini dari semula PWM menjadi I2C, yg mana malah lebih cepat lagi dari hanya 400Hz.
3. setelah esc bisa membaca nilai throtle, esc masih harus melalui algoritma tertentu untuk mengaplikasikan nilai ini menjadi PWM pada output 3-phase nya. algoritma yg kurang efisien akan menyebabkan tambahan delay lagi sampai perubahan nilai throtle nya bisa sampai ke motor.
jadi yg dimaksud turbo disini :
- di signal input esc (standart format dan protokol yg digunakan)
- didalam esc (efisiensi algoritma nya)
dan jelas, bukan pada output PWM 3-phase nya.
intinya "respon esc yg lebih cepat". bedakan dengan respon motor nya sendiri (kalau yg ini berhubungan dengan daya yg diserap motor).
kalau PWM yg untuk ke motor BL, kan sudah tertentu timing nya, jadi nggak ada yg bisa dipercepat lagi.
frek PWM nya juga sudah tertentu, tergantung karakter induktif motornya.
beberapa hal yg bisa meningkatkan respon esc antara lain :
1. standart signal servo yg hanya 1 informasi tiap 20mS artinya selama interval 20mS ini tidak ada perintah, jadi nilai throtle yg digunakan adalah yg terakhir diterima. kalau pakai standart 400Hz, maka interval kosong perintah nya hampir 10x lipat lebih pendek, jelas aja lebih responsive (ini yg diukur om RJ diatas). ini yg kalau di gyro ada dip switch dengan tulisan DS (digital servo). perintah throtle aslinya (dari rx) mungkin tetap 20mS, tapi koreksi dari gyro bisa langsung di umpankan ke servo tanpa harus menunggu sampai 20mS dulu. hal yg sama juga berlaku pada FC MC, karena umpan balik gyro dan accelerometer nya kan ada di FC.
2. pada kasus extreem, para penggila MC malah sampai merubah format signal servo ini dari semula PWM menjadi I2C, yg mana malah lebih cepat lagi dari hanya 400Hz.
3. setelah esc bisa membaca nilai throtle, esc masih harus melalui algoritma tertentu untuk mengaplikasikan nilai ini menjadi PWM pada output 3-phase nya. algoritma yg kurang efisien akan menyebabkan tambahan delay lagi sampai perubahan nilai throtle nya bisa sampai ke motor.
jadi yg dimaksud turbo disini :
- di signal input esc (standart format dan protokol yg digunakan)
- didalam esc (efisiensi algoritma nya)
dan jelas, bukan pada output PWM 3-phase nya.
- cak-opiq
- Airman First Class
- Posts: 93
- Joined: 19 Sep 2012, 22:28
Re: Turbo pwm esc: the truth behind
Sudah SKAK Mati nih penjelasannya.. sdh ngak ada celah untuk menjadi bias pengertian
Trims Om suhu" semuanya...

Trims Om suhu" semuanya...



- BZ123456
- Second Lieutenant
- Posts: 1177
- Joined: 26 Dec 2011, 21:46
- Location: Jak-Tim
Re: Turbo pwm esc: the truth behind
Terima kasih atas penjelasannya....jadi ngerti
- toto
- Brigadier General
- Posts: 3447
- Joined: 16 May 2007, 10:45
- Location: Cibinong
- Contact:
Re: Turbo pwm esc: the truth behind
Bener2 enggak ada rugi nya nih mentelengi thread ini jadi nambah ilmu nya buanyak buanget deh ...
....... Jadi sekarang main aeromodel dengan power electric kalau ngoprek enggak asal ngejeplak aza ....
.... ada satu permintaan nih biar diakusi nya tambah muantep dan nanti kalau copy darat bisa langsung kenal, kapan nih cak-opiq masang avatar Juga domisili dimana siapa tahu pas lewat boleh mampir jadi bisa berguru langsung sama pa'lik suhu yang satu ini. .....
..... Ma kasih sebelumnya ya pa'lik
Salam



Salam
- ekozxx
- Senior Master Sergeant
- Posts: 634
- Joined: 10 Jul 2008, 00:04
- Location: Bekasi
Re: Turbo pwm esc: the truth behind
Nongol avatarnya...Oooo om Opik adiknya RJ ya???



- BZ123456
- Second Lieutenant
- Posts: 1177
- Joined: 26 Dec 2011, 21:46
- Location: Jak-Tim
Re: Turbo pwm esc: the truth behind
Setelah dilihat fotonya ternyata mirip ya....ha ha ha ha.
@pak dhe Toto: bener pak...kemarin kita cuma ilmu denger dari forum sebelah...ternyata kendala bahasa bisa jadi mencong ke sana-kemari...kalo pake bahasa dewe jadi ngertinya lebih jelas....
@pak dhe Toto: bener pak...kemarin kita cuma ilmu denger dari forum sebelah...ternyata kendala bahasa bisa jadi mencong ke sana-kemari...kalo pake bahasa dewe jadi ngertinya lebih jelas....
- rachmatjeny
- Captain
- Posts: 1670
- Joined: 19 Mar 2009, 21:55
- Location: Depok
- Contact:
Re: Turbo pwm esc: the truth behind
ekozxx wrote:Nongol avatarnya...Oooo om Opik adiknya RJ ya???![]()
GOSIP BARU NIH...

- toto
- Brigadier General
- Posts: 3447
- Joined: 16 May 2007, 10:45
- Location: Cibinong
- Contact:
Re: Turbo pwm esc: the truth behind
Alhamdulillah avatarnya sudah terpasang jadi sekarang ngobrol nya lebih enak deh, kemarin2 bingung tenanan saya nih ada suara tapi yang bicara dimana ya ..... Nongol2 eh tahunya adik nya bang RJ, pantesan tuh bang RJ kok neranginnya bisa jelas gitu .... Eh tahu nya dibisikin sama adik nya .......
Nah karena Avatar nya sudah ada sekarang kenalan dulu ya pa'lik suhu cak-opik dari warga paguyuban SJAC-Perjuangan, kemarin2 mau kenalan binun waktu mau salaman kenalan harus ngadep kemana .....
Salam

Nah karena Avatar nya sudah ada sekarang kenalan dulu ya pa'lik suhu cak-opik dari warga paguyuban SJAC-Perjuangan, kemarin2 mau kenalan binun waktu mau salaman kenalan harus ngadep kemana .....

Salam