teman-teman yang dah memakain Gyro 401.. saya mau nanya nih untuk Gyro401 + servo 9254 kenapa masih sulit ngelock ya.. rudder masih sedikit bergoyang sewaktu hover tetapi gyro sudah diyakini bekerja.. apakah ada settingan khusus untuk gyro ini . Jika memang ada settingan gyro 401 gimana langkah2nya?
Satu lagi.. di gyro tersebut terdapat sebuah lampu led yang hidup.. jika posisi normalnya apakah lampu itu harus hidup terus menerus atau berkelip2? Jika lampu berkelip2 mempunyai arti khusus?
Terima kasih sebelumnya..
Tanya nih soal Gyro 401 + Servo 9254
Moderator: widodo
- Ravenchan
- Gaero Public Relation
- Posts: 740
- Joined: 31 May 2007, 11:07
- Location: M-E-D-A-N
- Contact:
- Yudha
- Senior Master Sergeant
- Posts: 567
- Joined: 01 May 2007, 15:20
- Location: Medan
- Contact:
Re: Tanya nih soal Gyro 401 + Servo 9254
Ravenchan wrote:teman-teman yang dah memakain Gyro 401.. saya mau nanya nih untuk Gyro401 + servo 9254 kenapa masih sulit ngelock ya.. rudder masih sedikit bergoyang sewaktu hover tetapi gyro sudah diyakini bekerja.. apakah ada settingan khusus untuk gyro ini . Jika memang ada settingan gyro 401 gimana langkah2nya?
Satu lagi.. di gyro tersebut terdapat sebuah lampu led yang hidup.. jika posisi normalnya apakah lampu itu harus hidup terus menerus atau berkelip2? Jika lampu berkelip2 mempunyai arti khusus?
Terima kasih sebelumnya..
1. Hidupkan heli dalam keadaan avcs on, kemudian setelah lampu led berhenti berkedip matikan avcs
2. Pastikan posisi servo arm 9254 di 90 derajat
3. Tail pitch slider di posisi tengah pada shaft
4. AVCS kembali di ON dan matikan heli kemudian hidupkan lagi
5. Beres
6. Kurang lebih mohon maaf

- Yudha
- Senior Master Sergeant
- Posts: 567
- Joined: 01 May 2007, 15:20
- Location: Medan
- Contact:
- Yudha
- Senior Master Sergeant
- Posts: 567
- Joined: 01 May 2007, 15:20
- Location: Medan
- Contact:
Tambahan lagi
(baek kan aku sama dikau chan), ini ada tulisan mas budi mengenai setting gyro yang lebih lengkap lagi http://www.gaero.info/forum/viewtopic.php?t=673

- AgoesAurelz
- First Lieutenant
- Posts: 1319
- Joined: 20 Oct 2007, 19:03
- Location: Mataram-Lombok
Gyro 401 setelah initial beberapa detik harusnya lampu merah langsung "Melotot"! Kalo ,masih berkedip terus, berarti Gyro tidak dalam mode AVCS!... Coba pastikan settingan remote anda di posisi AVCS dulu.. (kalo remotenya Futaba, coba dilihat settingan Gyronya Om, harus di Mode GY:ON terus di gain persennya di set di "A" (AVCS) jangan di posisi "N" (Normal)...
- Ravenchan
- Gaero Public Relation
- Posts: 740
- Joined: 31 May 2007, 11:07
- Location: M-E-D-A-N
- Contact:
- AgoesAurelz
- First Lieutenant
- Posts: 1319
- Joined: 20 Oct 2007, 19:03
- Location: Mataram-Lombok
Ravenchan wrote:terima kasih untuk respon teman-teman..
btw. pak Augus.. tx yang dipakai adalah model Futaba 6XHS, apakah yang dimaksud itu adalah settingan Swashplate?
Saya beri penjelasan berdasarkan heli yg saya pernah punya yaitu pakai CCPM dan H1..
Settingan pada Swashlate berguna mengatur gerak 3 servo: Aileron, Elevator dan Pitch..
Sekarang tinggal dilihat type helinya, kalo type CCPM yaitu 3servo bersamaan bergerak (seperti Hirobo Shuttle, Lepton EX) pilih HR3. Kalo 3 servonya indipendent (spt Raptor Thunder Tiger) pilih mode H1.
Supaya ada gambaran saya beri contoh, misalnya settingan pada Hirobo Lepton EX saya adalah: AILERON +55%, ELEVATOR -55%, dan PITCH +50%
Nilai Gain "-" dan "+" selain menetukan besarnya sudut gerakan juga menentukan posisi arah geraknya, "+" untuk normal, dan "-" untuk reverse..
Supaya lebih mudah mengerti anda harus coba dan lihat langsung pada heli anda. Arah gerakannya bisa normal, bisa juga reverse, tergantung servo helinya. Makin besar prosentase gain sudut gerakan makin besar (biasanya untuk 3D)... Kalo untuk beginner nilai gain bisa diperkecil menjadi +/- 30% hingga 35% sehingga swasplate menjadi kecil sudut geraknya...
Kira-kira demikian om Revenchan, kalo ada yg kurang mungkin om-om yg lebih senior bisa menambahkan lagi

- AgoesAurelz
- First Lieutenant
- Posts: 1319
- Joined: 20 Oct 2007, 19:03
- Location: Mataram-Lombok
Tambahan lagi, selain settingan swashplate di remote, sebelumnya harus diperhatikan settingan manual pada Swashplate nya sendiri.. dalam posisi remote hidup, posisi swashplate harus level dan tegak lurus dengan mainmast. Dalam hal ini settingan pada pushrod sangat mempengaruhi, mudahnya dpt dilihat di buku manual, ikuti panjang-pendeknya pushrod disitu.. 

- yuda
- Airman First Class
- Posts: 88
- Joined: 12 Oct 2007, 15:02
- Location: kendal (jateng)
- Contact:
- yuda
- Airman First Class
- Posts: 88
- Joined: 12 Oct 2007, 15:02
- Location: kendal (jateng)
- Contact: