Tanya nih soal Gyro 401 + Servo 9254

Tentang radio , servo , gyro dan rangkaian elektronik

Moderator: widodo

User avatar
Ravenchan
Gaero Public Relation
Gaero Public Relation
Posts: 740
Joined: 31 May 2007, 11:07
Location: M-E-D-A-N
Contact:

Tanya nih soal Gyro 401 + Servo 9254

Post by Ravenchan »

teman-teman yang dah memakain Gyro 401.. saya mau nanya nih untuk Gyro401 + servo 9254 kenapa masih sulit ngelock ya.. rudder masih sedikit bergoyang sewaktu hover tetapi gyro sudah diyakini bekerja.. apakah ada settingan khusus untuk gyro ini . Jika memang ada settingan gyro 401 gimana langkah2nya?
Satu lagi.. di gyro tersebut terdapat sebuah lampu led yang hidup.. jika posisi normalnya apakah lampu itu harus hidup terus menerus atau berkelip2? Jika lampu berkelip2 mempunyai arti khusus?

Terima kasih sebelumnya..
User avatar
Yudha
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 567
Joined: 01 May 2007, 15:20
Location: Medan
Contact:

Re: Tanya nih soal Gyro 401 + Servo 9254

Post by Yudha »

Ravenchan wrote:teman-teman yang dah memakain Gyro 401.. saya mau nanya nih untuk Gyro401 + servo 9254 kenapa masih sulit ngelock ya.. rudder masih sedikit bergoyang sewaktu hover tetapi gyro sudah diyakini bekerja.. apakah ada settingan khusus untuk gyro ini . Jika memang ada settingan gyro 401 gimana langkah2nya?
Satu lagi.. di gyro tersebut terdapat sebuah lampu led yang hidup.. jika posisi normalnya apakah lampu itu harus hidup terus menerus atau berkelip2? Jika lampu berkelip2 mempunyai arti khusus?

Terima kasih sebelumnya..

1. Hidupkan heli dalam keadaan avcs on, kemudian setelah lampu led berhenti berkedip matikan avcs
2. Pastikan posisi servo arm 9254 di 90 derajat
3. Tail pitch slider di posisi tengah pada shaft
4. AVCS kembali di ON dan matikan heli kemudian hidupkan lagi
5. Beres
6. Kurang lebih mohon maaf :D
User avatar
Yudha
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 567
Joined: 01 May 2007, 15:20
Location: Medan
Contact:

Post by Yudha »

Tambahan, lampu led yang terus berkedip artinya gyro masih inisialisasi, harusnya berkedip beberapakali kemudian diem( aneh ya bahasanya :D) kalo masih berkedip juga itu artinya gyro belom ngelock
User avatar
Yudha
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 567
Joined: 01 May 2007, 15:20
Location: Medan
Contact:

Post by Yudha »

Tambahan lagi :D (baek kan aku sama dikau chan), ini ada tulisan mas budi mengenai setting gyro yang lebih lengkap lagi http://www.gaero.info/forum/viewtopic.php?t=673
User avatar
AgoesAurelz
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1319
Joined: 20 Oct 2007, 19:03
Location: Mataram-Lombok

Post by AgoesAurelz »

Gyro 401 setelah initial beberapa detik harusnya lampu merah langsung "Melotot"! Kalo ,masih berkedip terus, berarti Gyro tidak dalam mode AVCS!... Coba pastikan settingan remote anda di posisi AVCS dulu.. (kalo remotenya Futaba, coba dilihat settingan Gyronya Om, harus di Mode GY:ON terus di gain persennya di set di "A" (AVCS) jangan di posisi "N" (Normal)...
User avatar
Ravenchan
Gaero Public Relation
Gaero Public Relation
Posts: 740
Joined: 31 May 2007, 11:07
Location: M-E-D-A-N
Contact:

Post by Ravenchan »

terima kasih untuk respon teman-teman..
btw. pak Augus.. tx yang dipakai adalah model Futaba 6XHS, apakah yang dimaksud itu adalah settingan Swashplate?
User avatar
AgoesAurelz
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1319
Joined: 20 Oct 2007, 19:03
Location: Mataram-Lombok

Post by AgoesAurelz »

Ravenchan wrote:terima kasih untuk respon teman-teman..
btw. pak Augus.. tx yang dipakai adalah model Futaba 6XHS, apakah yang dimaksud itu adalah settingan Swashplate?


Saya beri penjelasan berdasarkan heli yg saya pernah punya yaitu pakai CCPM dan H1..
Settingan pada Swashlate berguna mengatur gerak 3 servo: Aileron, Elevator dan Pitch..
Sekarang tinggal dilihat type helinya, kalo type CCPM yaitu 3servo bersamaan bergerak (seperti Hirobo Shuttle, Lepton EX) pilih HR3. Kalo 3 servonya indipendent (spt Raptor Thunder Tiger) pilih mode H1.
Supaya ada gambaran saya beri contoh, misalnya settingan pada Hirobo Lepton EX saya adalah: AILERON +55%, ELEVATOR -55%, dan PITCH +50%
Nilai Gain "-" dan "+" selain menetukan besarnya sudut gerakan juga menentukan posisi arah geraknya, "+" untuk normal, dan "-" untuk reverse..
Supaya lebih mudah mengerti anda harus coba dan lihat langsung pada heli anda. Arah gerakannya bisa normal, bisa juga reverse, tergantung servo helinya. Makin besar prosentase gain sudut gerakan makin besar (biasanya untuk 3D)... Kalo untuk beginner nilai gain bisa diperkecil menjadi +/- 30% hingga 35% sehingga swasplate menjadi kecil sudut geraknya...
Kira-kira demikian om Revenchan, kalo ada yg kurang mungkin om-om yg lebih senior bisa menambahkan lagi :)
User avatar
AgoesAurelz
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1319
Joined: 20 Oct 2007, 19:03
Location: Mataram-Lombok

Post by AgoesAurelz »

Tambahan lagi, selain settingan swashplate di remote, sebelumnya harus diperhatikan settingan manual pada Swashplate nya sendiri.. dalam posisi remote hidup, posisi swashplate harus level dan tegak lurus dengan mainmast. Dalam hal ini settingan pada pushrod sangat mempengaruhi, mudahnya dpt dilihat di buku manual, ikuti panjang-pendeknya pushrod disitu.. :)
User avatar
yuda
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 88
Joined: 12 Oct 2007, 15:02
Location: kendal (jateng)
Contact:

Post by yuda »

Jawaban yg komplit :D ..

pa' chan gy nya dah ok?.. Pake 401 enak, instalasi&setingan simpel..
User avatar
yuda
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 88
Joined: 12 Oct 2007, 15:02
Location: kendal (jateng)
Contact:

Post by yuda »

Kalo pake TX JR gy gain yg warna koneng &cuman 1kabel doang itu dicolokin ke Aux2 jangan di GEAR, kalo ke GEAR dijamin kaga'bakalan bisa bener deh :lol:
Post Reply