Pengaruh Bentuk Fuselage Terhadap Performa Pesawat

Teori dan pembahasan aerodinamika

Moderator: NGL

User avatar
Syafik
Major General
Major General
Posts: 4026
Joined: 22 Jan 2007, 13:24
Location: Gresik - Surabaya
Contact:

Post by Syafik »

christoffel wrote:secara mekanika, struktur bulat memang lebih kuat dari struktur kotak.
secara estetika, struktur bulat juga lebih manis dari struktur kotak.
dari segi futuristik, struktur bulat juga tampak lebih modern dari pada struktur boxy yg terkesan jadul ...
dari sudut pandang aerodinamic, struktur bulat juga lebih kecil dragnya dari struktur kotak.
satu2nya kelebihan struktur kotak adalah jauh lebih mudah dan murah dalam pembuatan nya ....
jadi .... ??????

Semua kelabihan ada di struktur body yang bulat ya...
yang kotak gampang kalau dibuat homemadenya... :D
User avatar
flytosky
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 583
Joined: 14 Apr 2007, 17:02
Location: Nanga Pinoh
Contact:

Post by flytosky »

sekarang kalau dibalikin gimana om? fuselage pendek, tapi wings super duper panjang ?
User avatar
christoffel
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1292
Joined: 04 Jan 2008, 13:42
Location: Pondok Chandra Surabaya

Post by christoffel »

bisa aja om ...
wing panjang, cocoknya untuk terbang lambat, kalo dibuat speed drag nya terlalu besar ...
cuman kalo dibarengin fuse yg pendek, kompensasinya luasan bidang ekor harus diperbesar, karena aspect ratio sayap yg besar membutuhkan momen fin & stab yg besar juga supaya terbangnya tetep stabil ...
hitungan nya : volume ekor yg baru harus harus tetep sama dengan volume ekor yg lama

nb :
volume ekor horisontal : (luasan stabilo + elevator) x jarak ke CG
volume ekor vertikal : (luasan fin + rudder) x jarak ke CG
User avatar
Budi
Colonel
Colonel
Posts: 2626
Joined: 09 Jul 2008, 13:39
Location: JAKARTA

Post by Budi »

flytosky wrote:sekarang kalau dibalikin gimana om? fuselage pendek, tapi wings super duper panjang ?


nah ini salah pesawat (Lancair 60) dimana sayapnya 2.05 meter, fuselage cuma 1.69 meter. Sayap lebih panjang dari Fuselage ........ terbangya......ya....cukup enak, ada winglet kecil di tip......buat apa ya? mungkin untuk supaya stabil??
Image
Image

Image
User avatar
joko
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 785
Joined: 24 Jan 2007, 12:52
Location: Depok

Post by joko »

christoffel wrote:bisa aja om ...
wing panjang, cocoknya untuk terbang lambat, kalo dibuat speed drag nya terlalu besar ...
cuman kalo dibarengin fuse yg pendek, kompensasinya luasan bidang ekor harus diperbesar, karena aspect ratio sayap yg besar membutuhkan momen fin & stab yg besar juga supaya terbangnya tetep stabil ...
hitungan nya : volume ekor yg baru harus harus tetep sama dengan volume ekor yg lama

nb :
volume ekor horisontal : (luasan stabilo + elevator) x jarak ke CG
volume ekor vertikal : (luasan fin + rudder) x jarak ke CG


Thanks Om Christ...
Baru tahu saya...ternyata ada cara mudah menentukan "tail section", dihubungkan dengan luas stab dan fin..cuma dikalikan toh..sama itu jarak ke CG
Post Reply