christoffel wrote:secara mekanika, struktur bulat memang lebih kuat dari struktur kotak. secara estetika, struktur bulat juga lebih manis dari struktur kotak. dari segi futuristik, struktur bulat juga tampak lebih modern dari pada struktur boxy yg terkesan jadul ... dari sudut pandang aerodinamic, struktur bulat juga lebih kecil dragnya dari struktur kotak. satu2nya kelebihan struktur kotak adalah jauh lebih mudah dan murah dalam pembuatan nya .... jadi .... ??????
Semua kelabihan ada di struktur body yang bulat ya...
yang kotak gampang kalau dibuat homemadenya...
bisa aja om ...
wing panjang, cocoknya untuk terbang lambat, kalo dibuat speed drag nya terlalu besar ...
cuman kalo dibarengin fuse yg pendek, kompensasinya luasan bidang ekor harus diperbesar, karena aspect ratio sayap yg besar membutuhkan momen fin & stab yg besar juga supaya terbangnya tetep stabil ...
hitungan nya : volume ekor yg baru harus harus tetep sama dengan volume ekor yg lama
nb :
volume ekor horisontal : (luasan stabilo + elevator) x jarak ke CG
volume ekor vertikal : (luasan fin + rudder) x jarak ke CG
flytosky wrote:sekarang kalau dibalikin gimana om? fuselage pendek, tapi wings super duper panjang ?
nah ini salah pesawat (Lancair 60) dimana sayapnya 2.05 meter, fuselage cuma 1.69 meter. Sayap lebih panjang dari Fuselage ........ terbangya......ya....cukup enak, ada winglet kecil di tip......buat apa ya? mungkin untuk supaya stabil??
christoffel wrote:bisa aja om ... wing panjang, cocoknya untuk terbang lambat, kalo dibuat speed drag nya terlalu besar ... cuman kalo dibarengin fuse yg pendek, kompensasinya luasan bidang ekor harus diperbesar, karena aspect ratio sayap yg besar membutuhkan momen fin & stab yg besar juga supaya terbangnya tetep stabil ... hitungan nya : volume ekor yg baru harus harus tetep sama dengan volume ekor yg lama
nb : volume ekor horisontal : (luasan stabilo + elevator) x jarak ke CG volume ekor vertikal : (luasan fin + rudder) x jarak ke CG
Thanks Om Christ...
Baru tahu saya...ternyata ada cara mudah menentukan "tail section", dihubungkan dengan luas stab dan fin..cuma dikalikan toh..sama itu jarak ke CG