Komunitas Nanga Pinoh

Moderators: flytosky, Kesong

Post Reply
User avatar
flytosky
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 583
Joined: 14 Apr 2007, 17:02
Location: Nanga Pinoh
Contact:

Komunitas Nanga Pinoh

Post by flytosky »

Nanga Pinoh , Sabtu 12 Mei 2007 : Terbang bersama para napi

sejak hari senin kemarin, pak Asua dari Pontianak datang ke pinoh untuk training berapa orang yang membeli pesawat engine. yang beli adalah Windy, Ajun, Zulkarnaen.

training hari pertama, 2unit pesawat TWM Sky Raider Mach 1 46 (tapi dipasangin engine 52) dan 1 unit Pesawat TWM World Models 40 dengan engine 46. mereka semua rata rata terbang setelah maiden take off dinaekin sama Asua. hari pertama ga ada yang terlalu istimewa sih, secara terbangnya masih biasa aja dan masih takut takut.

hari kedua pagi, Windy mencoba take off. tapi begitu take off, dia panik dan pesawatnya langsung nyungsep lagi. pesawatnya patah 2. sedangkan pesawat si Ajun, crash menabrak atap rumah kosong yang berakibat patah props dan fuselage patah dua. pesawat pak Zulkarnaen masih aman karena dia belum berani take off dan landing.

sorenya, pesawat Windy, Ajun dan Zulkarnaen sudah dibenarkan kembali dan siap terbang. pak Kapolres turut serta main. beliau bawa TWM Rambler sama Trainer low wing yang saya ga tau namanya. tuh airport pinoh ampe dikasi police line gara gara terlalu rame yang mau nonton. pak Agus (kapolres) mulai duluan dengan TWM Ramblernya. ga tau kenapa, begitu full throttle, dia langsung naekin elevator, hasilnya tuh pesawat membumbung naik tinggi, ga lama kemudian lost control....n pesawatnya langsung terhempas dengan patah bagian nose. untung engine ga rusak.hari ini juga semua terbang diatas, belom ada yang berani take off secara terlalu rame tuh lapangan. ohya, pak Asua juga bawa Artech Sukhoi ducted fan. sayangnya tuh pesawat pas terbang habis batt, jadi crash landing dengan nose patah. pak asua kemudian main heli engine yang juga akhirnya crash karena terlalu banyak orang yang antusias bertanya sama dia sampai sampai dia susah konsentrasi.

hari ketiga pagi. Ajun belajar take off. tapi pesawatnya suka belok sendiri ke kiri. hasilnya dia ga berani belajar take off hari itu. windy kembali mencoba landing....dan crash lagi. patah lagi. sedangkan pak Zulkarnaen, terlalu nekad dan kurang perhitungan, begitu take off, dia panik, hasilnya tuh pesawat nyungsep dengan nose tertancap kedalam tanah kira kira 30cm. ga bisa dicabut begitu aja. walhasil pagi itu jadi pada panen 'ubi terbang' :)

sorenya, bokap gw juga beli tuh pesawat, tapi kebanyakan gw yang maen. sore hari ketiga pada malas maen. jadi ya dilanjutkan di hari keempat.

hari kelima pagi, gw bawa WD modif dengan motor Brushless. begitu take off, tuh pesawat jadi sombong, ga mau turun turun. :) akhirnya dipaksa turun dengan elevator down dan cut throttle. seru juga ngeliat tuh WD terbang tinggi gitu, ampe susah ngeliatnya. puas nerbangin WD, gw isi fuel pesawat TWM Sky Raider Mach 1 warna kuning gw, break in sambil melototin temen temen maen. pas mau maiden flight, tuh pesawat ga mau nyala. ternyata businya putus. ganti busi, coba running engine...mati sendiri. pas diperiksa, businya putus lagi. wah katro. akhiran ganti busi lagi....maiden flight Pak asua yang naekin. gw melototin aja. trus begitu udah stabil, dia langsung kasi ke saya n pergi. harusnya dia tetap disamping gw, tapi dia ngeliat gw bisa maen WD, jadi dia cuek aja. ternyata trainer ini sangat stabil. WD aja kalah stabil, tapi lebih seru terbang WD justru karena keliaran WD :). males terbang lama lama, saya coba landing. final approach pertama gagal, go-round dan line up for 2nd attempt. cut throttle, pesawat glide dengan pelan....dan touch down agak bouncing dan tuh pesawat berhenti setelah menyentuh rumput. kalau ga salah, hari ini ga ada yang crash. sorenya ga bisa terbang karena hujan lebat

hari ini, sabtu 12 Mei. pagi pagi udah pada di airport pinoh. Pak Agus, Pak Zulkarnaen, Windy dan Ajun. hari ini korban berjatuhan. Zulkarnaen Crash. katanya lost control. kemudian menyusul WD saya yang lost Control juga. waktu saya pergi memungut tuh WD, si Ajun mencoba landing, namun dia ragu ragu dan akhirnya crash dengan keras ditengah runway yang berujung patah knalpot engine, fuselage hancur berantakan. kemudian saya dan windy main sama sama, pas saya membelakangi windy, dia mencoba landing. ajun sedang membereskan pesawat dia yagn jatuh disamping kiri saya. mama dan adik saya dibelakang kiri saya. tiba tiba saya denger teriakan mama saya, saya cepat cepat menunduk, ajun langsung loncat. ternyata pesawat windy crash disamping kiri saya. untung saya ga lari ke kiri, saya diam ditempat dan menunduk. akhirnya ketawa semua untuk menghilangkan shock. saya begitu liat windy crash, langsung buru buru turunin tuh pesawat gara gara jantungan ngeliat tuh pesawa jadi slonong boy disamping saya.

pak Agus malah ketawa dan ngajakin saya combat. ya udah terbang lagi. gile dikejar dia terus. hahahaha...seru juga. akhirnya jadi pulang lebih awal gara gara udah pada crash. ditambah lagi Sukhoi Asua juga crash gara gara kejauhan.

maaf tanpa foto ya. ga ada cam. :)

Notes : NAPI = Nanga Pinoh
User avatar
Wind Raider
FOUNDER
FOUNDER
Posts: 2314
Joined: 16 Jan 2007, 17:04
Location: Cirebon
Contact:

Post by Wind Raider »

Ehemm ..... nyang baru beli pesawat baruuuu .....
Salam buat pak Asua , Windy , Ajun , Zulkarnaen , dkk
Kalo perlu ajak gabung di sini .... Keluarin semua jurus tebar pesona yang kau miliki , Van ( lagian utk apa punya warnet kalo gak dimanfaatin ? )
Salam juga buat pak Munzir di Ptk

Latihan di rc simulator banyak membantu mengurangi crash ..
( Pasang di kompie , kalo perlu sewaain $$ / jam ... )


p.s :
Setelah membaca postingan Anda , saya hanya bisa mengingatkan :
SAFETY FIRST !!!!!
User avatar
flytosky
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 583
Joined: 14 Apr 2007, 17:02
Location: Nanga Pinoh
Contact:

Post by flytosky »

hahaha...kalau ditanya, saya paling inget apa kalau ngeliat atau mendengar nama pak WR, saya pasti selalu inget dengan 'SAFETY FIRST!" :)
User avatar
Wind Raider
FOUNDER
FOUNDER
Posts: 2314
Joined: 16 Jan 2007, 17:04
Location: Cirebon
Contact:

Post by Wind Raider »

Hati2 dalam ber-aeromodelling . Jangan sampai gara gara kecerobohan satu dua orang membuat hobby ini dijauhi orang .
Mohon perhatian juga untuk para instruktur agar selalu mengingatkan trainee mengenai keamanan .
Mohon pengurus FASIDA di daerah turut aktif membina dan memperhatikan masalah 'safety' .
Masalah Safety adalah tanggungjawab kita bersama .
Fun is ok but safety is priority
User avatar
wa2n
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 341
Joined: 17 Feb 2007, 13:23
Location: Banjarbaru (KalSel)
Contact:

Post by wa2n »

@ om Flytosky, salam kenal dari Banjarbaru, kl ngeliat ceritanya para pilot pke metode "learning by doing" tp metode ini jadi high cost Om, kl ada waktu dan kesempatan mendingan pake simulator ex.Reflex, jd kl crash tinggal enter lg, sayang donk pesawatnya sampai ancur2an bgtu. tp semuanya terserah Anda...he..he...ky iklan aja nih jadinya. dan sebelum terbang jangan lupa pre flight check untuk keselamatan kita semua....salaaammmm.
User avatar
flytosky
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 583
Joined: 14 Apr 2007, 17:02
Location: Nanga Pinoh
Contact:

Post by flytosky »

kalo saya pribadi ga terlalu masalah dengan terbangnya. saya justru masalah pas di ground gara gara rudder pake gimbal sebelah kiri (kebiasaan maen WD yang rudder di kanan). kalau mereka sih, sudah dibilang pake simulator, pada keras kepala. ya sudah biarin aja. hehehe.

ini pesawat saya yang crash kemarin. nose nancep ditanah, engine penuh tanah, props patah
Image

dudukan main wing yang rada ancur. fuselage sebelah kanan remuk, tapi sebelah kiri ga rusak
Image

Image
sore ini akan diperbaiki, mudah mudahan besok pagi udah bisa terbang

pesawat punya ajun yang kemarin terhempas keras, sudah berhasil diperbaiki. total 3 hari dia kerja buat benerin tuh pesawat, habis lebih dari 15 buah lem super glue (lem CA habis stock, jadi pake superglue). rencananya besok pagi mau terbang lagi. mudah mudahan ga crash lagi [-o<
User avatar
wa2n
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 341
Joined: 17 Feb 2007, 13:23
Location: Banjarbaru (KalSel)
Contact:

Post by wa2n »

Kl kita di Banjarbaru repair pesawat pke lem Araldite, selain hrgnya terjangkau jg handal Om, propeler jg pake merk Bolly aja, lbh kuat dan lentur jd gak gampang patah ex.apc. selamat terbang kembali rekan2 pilot Nanga Pinoh. Don't forget preflight check and have a nice flight. Ok.Tq.
User avatar
flytosky
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 583
Joined: 14 Apr 2007, 17:02
Location: Nanga Pinoh
Contact:

Post by flytosky »

Pinoh 20 Mei 2007

pagi ini saya dan ajun mencoba terbang lagi. pesawat saya udah diperbaiki, bahkan pesawat milik ajun yang kemarin hancur berantakan sampai udah divonis mati, berhasil disambung kembali. satu satunya masalah dengan pesawat ajun ada pada sayapnya. dibagian atasnya terlalu melengkung dibagian sayap kiri. ya, saya udah ga yakin dia bakal terbang dengan 'pesawat-wi'. test flight pertama pesawat saya. secara ga ada kerusakan parah, jadi ya rasanya ga bakal ada masalah. take off sampai ketinggian yang aman trus bank kiri (kebiasaan nih gw, jarang bank ke kanan), coba barrell roll, loop, sampai manuver acak adut, semuanya ga ada masalah. pesawat kemudian landing dengan aman, pas touch down, ada orang dengan cueknya nyelonong didepan jalur landing. :smt067 :smt068 :smt097 untung pesawat udah touchdown dan udah pelan. jadi aman. (pak Darwin pasti bakal tereak 'Safety First!' \:D/)

terus, coba take off dengan pesawat ajun berhubung dia belum bisa take off dan landing. begitu take off, pesawat langsung tail heavy dan bank ke kiri terus. setengah mati ngendaliinnya ](*,) akhiran turunin pesawatnya dengan landing di rerumputan setelah cut throttle. ganti pakai sayap saya, pesawatnya terbang dengan stabil.

maen bentaran doank, berhubung udah jam 8, jadi pulang deh. main boleh aja, tapi bisnis tetap no. 1, bukan begitu saudara saudara? \:D/
Post Reply